Strategi belajar berbahasa Jerman pebelajar bahasa Jerman dalam komunikasi lisan di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Khoridatul Anisah - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi belajar berbahasa Jerman pebelajar bahasa Jerman dalam komunikasi lisan di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Khoridatul Anisah

Khoridatul Anisah (2009) Strategi belajar berbahasa Jerman pebelajar bahasa Jerman dalam komunikasi lisan di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang / Khoridatul Anisah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam usahanya untuk dapat berkomunikasi secara efektif dan sukses dalam bahasa asing pebelajar seringkali dihadapkan pada masalah bagaimana mengekspresikan dirinya dalam bahasa yang dipelajarinya secara komunikatif. Pebelajar biasanya akan berusaha menggunakan berbagai strategi belajar berbahasa untuk mengefektifkan pesan yang hendak disampaikan. Strategi belajar berbahasa yang mereka gunakan berupa strategi penghindaran maupun strategi pencapaian. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut. (1) Bagaimanakah bentuk strategi belajar berbahasa Jerman yang digunakan pebelajar bahasa Jerman dalam komunikasi lisan di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (2) Bagaimanakah fungsi strategi belajar berbahasa Jerman yang digunakan pebelajar bahasa Jerman dalam komunikasi lisan di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (3) Mengapa pebelajar bahasa Jerman di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang menggunakan strategi belajar berbahasa Jerman dalam komunikasi lisan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk strategi belajar berbahasa Jerman yang digunakan pebelajar bahasa Jerman dalam komunikasi lisan di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (2) fungsi strategi belajar berbahasa Jerman yang digunakan pebelajar bahasa Jerman dalam komunikasi lisan di Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dan (3) alasan pebelajar bahasa Jerman menggunakan strategi belajar berbahasa Jerman dalam komunikasi lisan. Strategi belajar berbahasa klasifikasi dari Tarone (1983) digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data penelitian berupa catatan lapangan dan rekaman bentuk strategi belajar berbahasa dalam komunikasi lisan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri dengan alat bantu pedoman pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini mencakup pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penyimpulan/verifikasi. Adapun sumber data penelitian ini adalah pebelajar bahasa Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang semester delapan yang mengambil matakuliah freier Vortrag (bicara bebas) dalam tahun akademik 1995/1996.. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh temuan berupa bentuk fungsi dan alasan. Pertama bentuk strategi belajar berbahasa klasifikasi Tarone yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (1) strategi penghindaran (2) pemutusan pesan (3) perkiraan (4) pembentukan kata-kata baru (5) sirkumlokusi yang terdiri dari (a) rekonstruksi kalimat (b) penggunaan contoh (c) penggunaan sinonim dan (d) penggunaan kata penjelas (6) pergantian bahasa (7) penerjemahan harfiah dan (8) permintaan bantuan yang meliputi (a) permintaan bantuan secara langsung dan (b) permintaan bantuan secara tidak langsung. Kedua empat fungsi strategi belajar berbahasa yang ditemukan dalam penelitian ini adalah (1) fungsi penghindaran (2) fungsi penjelas (3) fungsi peminjaman bentuk lain dan (4) fungsi permintaan bantuan. Ketiga dari berbagai alasan yang dikemukakan pebelajar dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya pebelajar menggunakan suatu strategi belajar berbahasa karena (1) kesulitan menemukan kosakata yang tepat (2) kesulitan menemukan bentuk tatabahasa yang tepat dan (3) kesulitan karena terbatasnya waktu berbicara akibat pergantian giliran peserta diskusi yang berlangsung dengan cepat. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada (1) pengajar bahasa Jerman untuk lebih membantu mengembangkan penguasaan kosakata dan struktur pebelajar serta mengajarkan ekspresi-ekspresi tentang bagaimana harus menjelaskan sesuatu dengan cara lain bila menghadapi masalah komunikasi akibat keterbatasan pengetahuan bahasa (2) pebelajar seharusnya lebih konsentrasi pada butir-butir tata-bahasa yang masih belum dikuasai dengan baik yaitu penggunaan Konjungtionen Personalpronomen dalam bentuk dativ dan akkusativ dan lain-lain (3) peneliti lain diharapkan untuk melakukan penelitian di bidang penggunaan strategi belajar berbahasa dengan memperluas ruang lingkup baik yang menyangkut subjek penelitian maupun berbagai bentuk strategi belajar berbahasa dengan mempertimbangkan berbagai variabel lain yang berpengaruh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57904

Actions (login required)

View Item View Item