Peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas X SMAN 5 Banda Aceh dengan menggunakan media kartun GAM Cantoi Serambi Indonesia / oleh Muhammad - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas X SMAN 5 Banda Aceh dengan menggunakan media kartun GAM Cantoi Serambi Indonesia / oleh Muhammad

Muhammad (2009) Peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas X SMAN 5 Banda Aceh dengan menggunakan media kartun GAM Cantoi Serambi Indonesia / oleh Muhammad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menulis narasi sebagai salah satu keterampilan berbahasa yang harus dipela-jari oleh siswa SMA sebagaimana tercantum dalam kurikulum 2004. Menulis narasi adalah kegiatan menuangkan ide pikiran perasaan dan kepekaan emosi siswa yang berkembang dari gagasan yang kreatif. Pada kenyataannya siswa kelas X SMAN 5 Banda Aceh belum mampu menulis narasi. Setelah dilakukan observasi ke dalam ke-las pada saat proses pembelajaran berlangsung diketahui faktor-faktor ketidakberha-silan siswa menulis narasi yaitu (1) pembelajaran menulis narasi menekankan pada produk bukan pada proses (2) guru tidak menggunakan media apapun dalam pembe-lajaran menulis (3) metode pembelajaran yang digunakan guru cenderung monoton (tidak bervariasi) (4) sumber belajar kurang menarik minat siswa sehingga kegiatan belajar berlangsung seadanya (5) siswa belum dibimbing secara optimal dalam pem-belajaran menulis dan (6) kurang adanya kerjasama antara siswa dengan siswa mau-pun siswa dengan guru sehingga pembelajaran menulis narasi menjadi kegiatan yang membosankan. Berdasarkan kondisi tersebut dirancang penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media kartun Gam Cantoi Serambi Indonesia sebagai upaya mening-katkan kemampuan siswa dalam menulis narasi. Sejalan dengan prosedur penelitian tindakan kelas oleh Kemmis dan Taggart penelitian peningkatan kemampuan menu-lis narasi siswa dengan menggunakan media kartun Gam Cantoi ini dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMAN 5 Banda Aceh. Subjek pene-litian ini adalah siswa kelas X SMAN 5 Banda Aceh yang berjumlah delapan orang. Data penelitian ini bewujud data verbal dan nonverbal yang bersumber dari tindakan dan hasil pembelajaran. Data diperoleh dari pengamatan awal observasi wawancara refleksi dan karangan siswa. Peneliti sebagai instrumen kunci merupa-kan perencana tindakan pengumpul data penafsir data dan pelapor hasil penelitian. Instrumen pendamping yang digunakan sebagai penunjang kegiatan penelitian ini meliputi (1) lembar observasi (2) lembar refleksi (3) lembar wawancara dan (4) lembar evaluasi. Prosedur penelitian ini meliputi (1) tahap persiapan penelitian yang berupa studi pendahuluan (2) tahap pelaksanaan penelitian meliputi empat subtahap yakni perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi tindakan dan refleksi tindakan (3) analisis data dilakukan berdasarkan tahapan analisis kualitatif model mengalir Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahapan yakni tahap reduksi data tahap penyajian data dan tahap penarikan simpulan. Pembelajaran menulis narasi dengan media kartun Gam Cantoi dalam peneli-tian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam tiga pertemuan yang masing-masing difokuskan pada satu tahap pembelajaran. Pertemuan pertama difokuskan pada tahap pramenulis dengan kegiatan memilih kartun menentukan tema dan judul sesuai dengan kartun menyusun kerangka karangan dan menata kem-bali kerangka menjadi urutan yang logis. Pertemuan kedua difokuskan pada tahap menulis dengan kegiatan mengembangkan kerangka menjadi draf narasi. Pertemuan ketiga difokuskan pada tahap pascamenulis dengan kegiatan merevisi dan mengedit draf secara silang menulis kembali narasi berdasarkan hasil revisi editing balikan dari sesama teman pengedit dan guru. Kegiatan akhir dari pembelajaran narasi yaitu me-nukarkan karangan final siswa dengan karangan siswa dari kelompok lain memu-blikasikan dengan cara membacakan secara bergiliran di depan kelas mengomentari hasil karangan final dan memajangnya di majalah dinding kelas/sekolah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh temuan sebagai berikut. Pertama pembelajaran menulis narasi dengan media kartun Gam Cantoi pada tahap pramenulis berhasil dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Keberhasilan ini dicapai melalui kegiatan pembim-bingan dan pengarahan jika siswa mengalami kendala dalam kegiatan pramenulis. Media kartun Gam Cantoi dapat menimbulkan suasana yang menyenangkan dalam pembelajaran sehingga pembelajaran menulis dapat tercapai lebih maksimal. Siswa diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengembangkan kreativitasnya dalam memi-lih kartun menentukan tema dan judul menyusun kerangka karangan mengembang-kan kerangka menjadi draf lalu merevisi mengedit dan memublikasikannya sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman mereka Kedua pembelajaran menulis narasi pada tahap menulis berlangsung dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Tindakan yang dilakukan guru pada awal pembelajaran adalah melakukan apersepsi dan penjelasan tentang cara mengem-bangkan kerangka menjadi draf. Guru juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan curah pendapat terhadap kegiatan penulisan. Pada tahap ini siswa berhasil melakukan kegiatan penulisan dengan memperhatikan unsur-unsur pemben-tuk narasi (tema tokoh alur latar) sebagaimana yang tercantum pada kerangka narasi yang telah disusun pada tahap pramenulis. Ketiga pembelajaran menulis narasi pada tahap pascamenulis berjalan dengan baik dan lancar dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Kegiatan perevisian peng-editan dan pemublikasian dilakukan siswa dengan cara koreksi silang baik dengan teman dalam satu kelompok maupun dari kelompok lain. Penulisan kembali narasi berdasarkan revisi dan pengeditan siswa lain dan masukan dari guru. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan kepada guru untuk mengguna-kan media kartun sebagai media pembelajaran menulis narasi. Penggunaan media kartun Gam Cantoi membantu guru dalam memberikan bimbingan dan dapat merang-sang kreativitas siswa dalam menulis narasi. Siswa dapat mengembangkan ide pikir-an dan gagasannya sesuai dengan minat pengetahuan dan pengalaman yang dimilik-inya. Dalam melakukan penilaian guru hendaknya melakukan penilaian proses dan penilaian produk agar penilaian yang dilakukan menyeluruh dan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57901

Actions (login required)

View Item View Item