Afifah, Dewi Izzatu (2018) Pengembangan media boneka busa hati berbasis permainan di PAUD / Dewi Izzatu Afifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Afifah Dewi Izzatu 2018. Pengembangan Media Boneka Busa Hati Berbasis Permainan di PAUD. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Sa dun Akbar M.Pd. (2) Dr. M. Ramli M.A. Kata kunci media pembelajaran boneka permainan PAUD Penelitian ini bertujuan menghasilkan media boneka busa hati yang didesain untuk memecahkan permasalahan yang ada di TK Muslimat NU I TK Putra Harapan dan TK Nafilah. Secara umum permasalahan yang ada di ketiga TK tersebut adalah kurang terpenuhi media pembelajaran berbasis permainan yang sesuai dengan prinsip pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode reserach development (R D) melalui teknik four-D (4D) yaitu define (pendefinisian) design (perancangan) develop (pengembangan) dan dessimenate (penyebaran) (Thiagarajan 1974). Hasil perolehan data dari rangkaian kegiatan uji coba ini dijadikan sebagai bahan revisi untuk menetapkan tingkat kevalidan kepraktisan keefektifan dan kemenarikan produk sehingga produk yang dihasilkan benar-benar teruji secara empiris. Kevalidan diperoleh dari hasil data pada lembar validasi diisi oleh ahli materi dan ahli media. Ahli materi dan ahli media secara akademik minimal berpendidikan Strata III. Selain ahli materi dan ahli media pengembangan ini melibatkan 3 guru di TK Muslimat NU I yaitu kepala sekolah menjadi ahli pengguna mengisi angket respon guru untuk melihat tingkat kepraktisan guru pendamping A1 mengisi lembar observasi anak untuk melihat tingkat kemenarikan dan guru kelas A1 mengisi lembar observasi anak untuk melihat tingkat keefektifan. Keefektifan media dilakukan di TK Muslimat NU I dengan teknik pengolahan data secara quasy eksperimen yaitu uji coba kelompok kecil pada kelompok A1 melibatkan 20 siswa dan uji coba lapangan melibatkan 40 siswa yaitu 20 siswa pada kelompok A1 sebagai kelas eksperimen (dengan boneka busa hati) dan 20 siswa pada kelompok A2 dijadikan kelas kontrol (tanpa boneka busa hati). Kevalidan boneka busa hati diperoleh dari hasil validasi ahli bidang materi dan media pembelajaran memperoleh kriteria sangat valid sehingga memenuhi syarat kelayakan media untuk digunakan pada tahap selanjutnya. Kepraktisan media boneka busa hati dinilai oleh pengguna/guru memperoleh kriteria sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kemenarikan boneka busa dinilai oleh observer memperoleh kriteria sangat menarik sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Keefektifan boneka busa hati menunjukkan hasil dan tujuan belajar yang lebih besar dibangingkan dengan pembelajaran tanpa boneka busa hati. Boneka busa hati memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar anak hal ini disebabkan karena boneka busa hati disajikan dalam bentuk permainan yang beragam sehingga membuat anak lebih termotivasi dan secara otomatis akan memberikan kebermaknaan pembelajaran. Saran pengembangan dan penelitian ini yaitu boneka busa hati sangat penting diterapkan oleh guru untuk pembelajaran berbasis permainan di PAUD boneka busa hati dapat dijadikan referensi pengadaan media yang efisien disekolah dan menjadi referensi pengembangan media pada skala yang lebih luas bagi mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jun 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |