Zellawati, Firda Permata Dwike (2017) Peningkatan perkembangan sosial emoisional melalui penerapan metode bermain peran pada anak musia 4-5 yahun di PAUD Anugrah Kota Blitar / Firda Permata Dwike Zellawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Zellawati Firda Permata Dwike. 2017. Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional Melalui Penerapan Metode Bermain Peran Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Anugrah Kota Blitar. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Lilik Bintartik M.Pd.(II) Suminah S.Pd M. Pd. Kata Kunci perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun Hasil observasi dan wawancara di PAUD Anugrah Kota Blitar. Ditemukan bahwa perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di Paud anugrah mengalami kesulitan yaitu anak belum bisa bersosialisasi dengan temannya. Kegiatan pembelajaran pada waktu itu yaitu guru mengajak anak bermain peran jual beli di halaman sekolah. Anak malah asik bermain sendiri dan kurang tertarik dengan kegiatan yang diberikan oleh guru. Maka dari itu guru ingin meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. Ketuntasan anak dalam bermain peran hanya mencapai 25% atau 3 anak saja sedangkan 75% atau 9 anak lainnya mengalami kesulitan dalam bermain peran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK ). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi wawancara teknik catatan lapangan dokumentasi dan instrumen penilaian. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak di PAUD Anugrah Kota Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas guru anak dan perkembangan sosial emosional anak. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari kurang sekali (40%) cukup (60%) menjadi sangat baik (100%) karena guru sudah melaksanakan semua langkah-langkah dengan baik. Untuk aktivitas anak mengalami peningkatan dari. kurang sekali (40%) cukup (60%) menjadi sangat baik (100%) Sementara itu ketuntasan perkembangan sosial emosional anak melalui metode bermain peran bertahap dari pengetahuan anak tentang bentu geometri mengalami peningkatan secara bertahap dari rata-rata kurang (54%) kurang (58%) cukup (62 %) baik (72%) hingga sangat baik (81%). Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru dalam menerapkan metode bermain peran sangat baik diikuti aktivitas anak bermain menggunakan metode bermain peran dengan sangat baik pula dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak melalui penerapan metode bermain peran pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Anugrah Kota Blitar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk guru menerapkan metode bermain peran dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak. ABSTRACT Zellawati Firda Permata Dwike. 2017. Improvement of Social Emotional Development Through Application Role Play Method in Children 4-5 Year in Paud Anugrah Blitar City. Thesis Prodi S1 Education Teacher Early Childhood Education Department of Primary and Preschool Education Faculty of Education State University of Malang. Counselor (I) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. (II) Suminah S.Pd M. Pd. Keywords emotional social development children aged 4-5 years Result of observation and interview in PAUD Anugrah Kota Blitar. It was found that the emotional social development of 4-5 year olds at Paud grace had difficulties that is the children could not socialize with their friends. Learning activities at that time namely teachers invite children to play the role of buying and selling in the school yard. Children are cool to play alone and less interested in activities provided by teachers. Therefore teachers want to improve the emotional social development of children. Completeness of children in role play only reached 25% or 3 children only while 75% or 9 other children have difficulty in playing the role. This study used a qualitative approach type Class Action Research (PTK). The study was conducted in 2 cycles each cycle consisting of planning action implementation observation and reflection. Data collection techniques using observation techniques interviews field note techniques documentation and assessment instruments. The purpose of this research is to improve the emotional social development of children in PAUD Anugrah Blitar City. The results show that the application of role-playing method can increase the activity of teachers children and emotional social development of children. Teacher activity has increased from less once (40%) enough (60%) to very good (100%) because the teacher has done all the steps well. For a child s activity has increased from. (100%) Meanwhile the completeness of children s emotional social development through the gradual role-playing method of children s knowledge of bentu geometry has increased gradually from average less (54% ) Less (58%) enough (62%) good (72%) to very good (81%). The results of this study can be concluded that the activity of teachers in applying the role play method is very good followed by children play activities using the role play method very well also can improve the emotional social development of children through the application of role playing methods in children aged 4-5 years in PAUD Anugrah Blitar City. Based on the results of the study suggested for teachers to apply role playing methods in improving children s emotional social development
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57896 |
Actions (login required)
View Item |