Hubungan antara konsep diri dan proses pembelajaran terhadap jiwa kewirausahaan warga belajar pada keaksaraan usaha mandiri se-Kecamatan Turen / Riza Ernalinawati Ika Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara konsep diri dan proses pembelajaran terhadap jiwa kewirausahaan warga belajar pada keaksaraan usaha mandiri se-Kecamatan Turen / Riza Ernalinawati Ika Wahyuni

Wahyuni, Riza Ernalinawati Ika (2018) Hubungan antara konsep diri dan proses pembelajaran terhadap jiwa kewirausahaan warga belajar pada keaksaraan usaha mandiri se-Kecamatan Turen / Riza Ernalinawati Ika Wahyuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Ernalinawati Ika Wahyuni R . 2018. Hubungan Antara Konsep Diri Dan Proses Pembelajaran Terhadap Jiwa Kewirausahaan Warga Belajar Pada Keaksaraan Usaha Mandiri Se Kecamatan Turen. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hardika M.Pd (2) Dr. Sri Wahyuni S.Pd M.Pd. Kata Kunci konsep diri proses pembelajaran dan jiwa kewirausahaan Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui (1) hubungan konsep diri terhadap jiwa kewirausahaan (2) hubungan proses pembelajaran terhadap jiwa kewirausahaa (3) hubungan konsep diri dan proses pembelajaran terhadap jiwa kewirausahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan data diambil dengan menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakanregresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara (1) konsep diri dan jiwa kewirausaan (2) proses pembelajaran dan jiwa kewirausahaan (3) konsep diri dan proses pembelajaran terhadap jiwa kewirausahaan.Populasi penelitian ini adalah warga belajar keaksaraan usaha mandiri se kecamatan turen yang berjumlah 1606 warga belajar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik randam sampling Dengan jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 320 orang. Prosedur hubungan konsep diri dan proses pembelajaran terhadap jiwa kewirausahaan untuk keabsahan data di peroleh dari tahap penelitian dan mengumpulkan informasi tahap pengumpulan data tahap pengisian angket tahap uji linieritas tahap uji normalitas tahap uji heteroskesdasitas tahap uji autokorelasi tahap uji multikolinearitas tahap uji koefisien korelasi parsial dan tahap uji persial berganda. Hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri terhadap jiwa kewirausahaan keaksaraan usaha mandiri sebesar 0 811 (2) Tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara proses pembelajaran terhadap jiwa kewirausahaan keaksaraan usahan mandiri sebesar -0 085 dan (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri proses pembelajaran terhadap jiwa kewirausahann dengan rxy sebesar 92 102 dengan taraf kepercayaan 95% dan nilai df Regression sebesar 2 dan df Residual sebesar 317 maka nilai Ftabel sebesar 1 203. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai F hitung (92 102) Ftabel (1 203). Hasil tersebut menunjukan bahwa secara variabel Konsep diri (X1) dan Proses pembelajaran ( X2) bersama-sama berpengaruh terhadap Jiwa kewiraushaan (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan (1) Warga belajar atau peserta didik program keaksaraan usaha mandiri setelah selesai mengikuti kegiatan diharapkan mampu mengaplikasikan hasil pembelajaran yang telah tutor berikan (2) Bagi lembaga Masyarakat Desa atau Kantor Desa diharapkan dapat memberikan pendampingan dan menambah variasi keterampilan yang sederhana namun mampu berdampak besar (3) Bagi penelitian yang berminat untuk penelitian tentang program keaksaraan usaha mandiri diharapkan menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji lebih tentang pendidikan nonformal

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57887

Actions (login required)

View Item View Item