Perspektif self directed learning pada program kesetaraan Paket C (studi kasus kemandirian belajar di PKBM Mentari Wagir Malang) / Soetrisno - Repositori Universitas Negeri Malang

Perspektif self directed learning pada program kesetaraan Paket C (studi kasus kemandirian belajar di PKBM Mentari Wagir Malang) / Soetrisno

Soetrisno (2018) Perspektif self directed learning pada program kesetaraan Paket C (studi kasus kemandirian belajar di PKBM Mentari Wagir Malang) / Soetrisno. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii ABSTRAK Soetrisno. 2018. Perspektif Self Directed Learning Pada Prgram Kesetaraan Paket C (Studi Kasus Kemandirian Belajar Di PKBM Mentari Wagir Malang). Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Ach. Rasyad M.Pd (2) Dr. Hardika M.Pd Kata Kunci Self Directed Learning Program Kesetaraan Paket C PKBM Mentari PKBM Mentari merupakan tempat kegiatan belajar masyarakat yang sesuai dengan minat dan kebutuhan warga belajar dan menerapkan Self Directed Learning pada proses pembelajaran. Penggunaan perspektif Self Directed Learning pada Program Kesetaraan Paket C membantu warga belajar untuk menentukan tujuan hingga evaluasi belajarnya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui proses pembelajaran program kesetaraan paket C dalam perspektif Self Directed Learning di PKBM Mentari. (2) untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan dalam memotivasi warga belajar program kesetaraan paket C dalam Self Directed Learning di PKBM Mentari Penelitian dilakukan pada tutor dan warga belajar program kesetaraan paket C PKBM Mentari dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif untuk mendapatkan data yang dibutuhkan maka peneliti menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul diproses dengan teknik analisis triangulasi data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Proses pembelajaran pada program kesetaraan paket C PKBM Mentari menggunakan model Self Directed Learning. (2) Proses pembelajaran pada program kesetaraan paket C PKBM Mentari menggunakan metode ceramah tanya jawab diskusi dan kerja kelompok. (3) Proses pembelajaran pada program kesetaraan paket C PKBM Mentari menggunakan pendekatan andragogy dan pengendalian komunikasi sosial. (4) Proses pembelajaran pada program kesetaraan paket C PKBM Mentari dimulai dengan warga belajar dianggap sebagai teman tutor memahami permasalahan warga belajar sehingga mampu memberikan motivasi. Saran yang diberikan peneliti (1) kepada tutor sebaiknya dilakukan penguatan motivasi dalam pembelajaran serta mempererat hubungan antara tutor dengan warga belajar. (2) kepada warga belajar sebaiknya lebih bersifat terbuka dan percaya diri agar mempermudah dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57883

Actions (login required)

View Item View Item