Interaksi tiga pilar dasar Pendidikan Anak Usia Dini (studi kasus pada Kelompok Bermain Aisyiyah 07 Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik) / Ummu Saadah - Repositori Universitas Negeri Malang

Interaksi tiga pilar dasar Pendidikan Anak Usia Dini (studi kasus pada Kelompok Bermain Aisyiyah 07 Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik) / Ummu Saadah

Saadah, Ummu (2018) Interaksi tiga pilar dasar Pendidikan Anak Usia Dini (studi kasus pada Kelompok Bermain Aisyiyah 07 Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik) / Ummu Saadah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Saadah Ummu. 2018. Interaksi Tiga Pilar Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Kelompok Bermain Aisyiyah 07 Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik). Tesis. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Ach. Rasyad M.Pd (2) Dr. Sri Wahyuni S.Pd M.Pd. Kata Kunci interaksi tiga pilar dasar pendidikan PAUD Kunci keberlangsungan suatu lembaga PAUD salah satunya adalah bagaimana lembaga tersebut memberikan kualitas layanan. Kerjasama yang dilakukan lembaga atau sekolah untuk meningkatkan layanan pendidikan sesuai dengan tiga pilar dasar pendidikan yang saling bersinergi terdiri dari orangtua sekolah dan masyarakat (komite sekolah). Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui bentuk interaksi tiga pilar dasar pendidikan anak usia dini (2) mengetahui bagaimana peran tiga pilar dasar pendidikan anak usia dini (3) untuk mengetahui kendala dan pendukung interaksi tiga pilar dasar pendidikan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan melalui metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian Interaksi tiga pilar pendidikan anak usia dini di PAUD Aisyiyah 07 Balongpanggang Kabupaten Gresik. Dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder Sumber data primer melalui wawancara dan kegiatan obserfasi dan sumber data sekunder melalui melalui kegiatan dokumentasi terkait dengan penelitian. Subjek penelitian ini adalah pendidik Kepala sekolah anggota komite sekolah dan orangtua wali murid. Teknik pengumpulan data antara lain Observasi wawancara dan studi dokumentasi. Untuk uji keabsahan data melalui data collection data reduction data display dan coulusions drawing and verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk interaksi yang terjadi antara tiga pilar dasar pendidikan anak usia dini yaitu melalui komunikasi langsung dan melalui media. Bentuk interaksi tiga pilar dasar pendidikan anak usia dini adalah (1) interaksi searah (2) interaksi dialogis (3) interaksi demokratis. Peran interaksi tiga pilar dasar pendidikan anak usia dini meliputi (1) peran keluarga (2) peran sekolah dan peran komite sekolah. Faktor pendukung interaksi sekolah orang tua dan komite sekolah dalam penanaman kedisiplinan siswa adalah kerjasama kemitraan (sinergitas) asah asih asuh gotong royong saling menghargai melengkapi dan memperkuat. Untuk faktor penghambat dari orang tua seperti pendidikan dan pekerjaan orang tua kesibukan kurangnya pemahaman orang tua sikap apatis serta iuran dalam kegiatan sekolah. Saran penelitian ini (1) bagi orangtua diharapkan menjadi komunitas yang peduli pada pendidikan (2) bagi sekolah kerjasama dengan komite sekolah orangtua hendaknya dijalin dengan baik (3) bagi komite sekolah selain penggalang pendanaan komite harus menjalankan program komite sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah atas dasar keadilan demokratis angkuntabel transparan dan jelas peran dan fungsinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57880

Actions (login required)

View Item View Item