Zumroh, Lies (2018) Efektivitas diklat dasar dalam meningkatkan kompetensi guru PAUD di Kabupaten malang / Lies Zumroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Lies Zumroh 2018. Efektifitas Diklat Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru PAUD Di Kabupaten Malang. Tesis Pascasarjana Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Prof.Dr. Supriyono M.Pd. Pembimbing (2) Dr. Rosyid Al-Atok M.H Kata kunci Diklat Dasar Kemampuan Mengajar Guru PAUD Kabupaten Malang Pendidik PAUD adalah sosok yang memiliki peran penting dan akan sangat berpengaruh bagi perkembangan juga kehidupan anak selanjutnya (Mulyasa 2014 45). pendidik PAUD dituntut untuk memenuhi standar kualifikasi tertentu seperti kualifikasi akademi berupa memiliki sertifikat pelatihan pendidikan PAUD yang terakreditasi bagi lulusan SMA atau sederajat atau memiliki ijazah D-II atau S-I PG PAUD (Suyadi dkk 2013 164) dari perguruan tinggi terakreditasi. Kualifikasi lain adalah kualifikasi pribadi yang mencakup kemampuan pendidik untuk menjadi panutan bagi anak kualifikasi profesional yang mencakup pemahaman terhadap tahap-tahap perkembangan anak kualifikasi pedagogik mencakup kemampuan menyusun program pembelajaran yang menyenangkan dan efektif sesuai kebutuhan anak dan kualifikasi sosial yang menuntu pendidik untuk bisa berkomunikasi dan beradaptasi secara efektif dengan anak dan wali murid. Sayangnya hingga saat ini masih banyak tenaga pendidik PAUD yang belum memenuhi standar kualifikasi yang telah disebutkan di atas. Mayoritas tenaga pendidik ini adalah lulusan SMA atau sederajat yang belum berpengalaman dan tidak memahami tahap-tahap perkembangan anak sehingga mereka tidak bisa memenuhi peran-peran yang harus mereka mainkan sebagai pendidik.penelitian ini bertujuan untuk dapat menyusun gambaran kompetensi pendidik PAUD saat ini baik yang sudah atapun yang belum mengikuti kemampuan mengajar diksar di Kabupaten Malang. Didaktik metodik dapat kita jabarkan dalam bentuk empat kemampuan dasar yang sudah diatur dalam ketentuan Permendiknas RI No. 137 tahun 2013 tentang standar kemampuan mengajar guru. Pendidik PAUD peserta diklat dasar di Kabupaten Malang yang akan kami teliti telah kami sesuaikan dengan syara-syarat mengikuti diklat dasar ini yaitu setiap pendidik PAUD yang berpendidikan terakhir dibawah strata 1 (S1) mengingat mayoritas pendidik PAUD adalah lususan SMP sederajat dan SMA sederajat atau yang sudah berpendidikan Diploma 1 Diploma 2 Strata 1 namun bukan di bidang pendidikan anak usia dini. Diklat Dasar adalah tahap pertama dari serangkaian diklat berjenjang yang diadakan oleh Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) untuk meningkatkan kemampuan tenaga pendidik PAUD. Penelitian ini akan dilakukan sesuai dengan aturan pelaksanaa diklat dasar pendidik PAUD yaitu Sesi tatap muka biasanya dilakanakan selama 48 jam pelajaran dengan hitungan satu jam pelaran adalah 45 menit dilakukan secara rutin selama 5 hari dan untuk tugas mandiri sebagai tindak lanjut dilakukan dengan mengumpulkan hasil PTK di lembaga peserta diklat mengabdi selama 25 hari efektif. Untuk tingkat dasar Program Diklat Berjenjang Tingkat Dasar ditujukan untuk mempersiapkan pendidik sebagai pengasuh dengan kemampuan minimal sasaran dalam program Diklat Berjenjang Tingkat Dasar ini adalah para pendidik PAUD yang masih memiliki standar kualifikasi pendidikan minimal yaitu para pendidik PAUD yang berpendidikan SMA/SMK atau sederajat yang tidak relevan dengan bidang pendidikan anak usia dini (Eva Riza 90 2014). Lokasi penelitian ini ada di Kabupaten Malang. Meskipun terkenal sebagai salah satu kota yang memiliki banyak perguruan tinggi kabupaten ini tidak terlepas dari masalah rendahnya kemampuan mengajar pendidik PAUD. Di kabupaten ini terdapat lembaga PAUD sebanyak 300. Dengan total jumlah pendidik 2269 baik yang telah mengikuti diksar ataupun belum. Metode sampling yang digunakan untuk penelitian ini adalah random sampling. Untuk penelitian ini kami meilih 4 Kecamatan yang kamo anggap sebagai daerah 3T (terdepan terluar dan tertinggal) dalam hal pendidikan di antara daerah lain yang mendapat bantuan penyelenggaraan diklat dasar pendidik PAUD di lingkungan Kabupaten Malang dan 1 Kecamatan non 3T sebagai pembanding bagi ketiga Kecamatan lainnya. Keempat Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Kasembon Ngantang Tirtoyudo dan Bululawang. Tehnik pengumpulan data yang akan peneliti lakukan adalah teknik kuesioner dengan bantuan instrumen penelitian berupa angket. Teknik analisis data akan dilakuakn dengan menggunakan perhitungan statistik. Jenis uji-t yang akan kami gunakan disini rumus untuk kasus paired samples (sample berpasangan). Berdasarkan hasil analisis mengguna uji-t paired sample peneliti menyimpulkan mengenai kemampuan mengajar peserta diklat dasar tenaga pendidik anak usia dini di Kabupaten Malang adalah diklat ini diikuti oleh peserta dengan tingkat kemampuan yang sangat heterogen juga sesuai dengan pendidikan terakhir usia masa kerja dan lingkunganya. Untuk darerah 3t kemampuan peserta masih belum sebaik kemampuan peserta non 3t. Secara umum pelaksanaan diklat dasar tenaga pendidik anak usia dini di Kabupaten Malang berhasil meningkatkan kemampuan mengajar pesertanya meskipun ada beberapa peserta yang tidak mengalami peningkatan bahkan sebaliknya mengalami penurunan skor post test. Sedangkan kesimpulan yang didapat oleh peneliti dari penelitin ini dalam hal kesertaan peserta diklat di Kabupaten Malang sangat heterogen jika dilihat dari 3 aspek yaitu usia pendidikan terakhir dan masa kerja pesertanya. Dari segi ketepatan dalam menentukan sasaran pesertanya pelaksanaan diklat dasar di Kabupaten Malang sudah sangat baik yaitu dengan menyertakan seluruh pendidik anak usia dini yang masih belum memenuhi kualifikasi akademik atau yang hany berpendidikan terakhir SMP sederajat atau SMP sederajat tanpa membedakan usia dan masa kerjanya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57879 |
Actions (login required)
View Item |