Program pemberdayaan perempuan (studi fenomenologi pengalaman keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kecamatan Turen Kabupaten Malang) / Gary Budhi Putranto

Putranto, Gary Budhi (2017) Program pemberdayaan perempuan (studi fenomenologi pengalaman keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan Kecamatan Turen Kabupaten Malang) / Gary Budhi Putranto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putranto, Gary Budhi, 2017. PROGRAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN (Studi Fenomenologi Pengalaman Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan Kecamatan Turen Kabupaten Malang). Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1). Dr. Ach. Rasyad, M.Pd., (2). Dr. Endang Sri Redjeki, M.S. Kata Kunci: Pengalaman, Pemberdayaan Perempuan, KPM PKH Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui 1) bagaimana pengalaman program pemberdayaan perempuan bagi partisipan yaitu Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) Kecamatan Turen Kabupaten Malang; 2) bagaimana partisipan memaknai adanya program dan mengapa program pemberdayaan perempuan ini begitu berarti bagi partisipan. Oleh karena itu cara partisipan memaknai program pemberdayaan perempuan ini dapat dilihat dari tindakan-tindakan yang dilakukan partipan melalui proses kegiatan pemberdayaan berdasarkan pada tujuan yang diinginkan, sebab pengalaman, dan harapan mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan beberapa partisipan sesuai dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, teknik observasi, studi dokumen dan dokumentasi sehingga peneliti mendapatkan data yang relevan. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, metode, serta perpanjangan keikutsertaan. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana pengalaman partisipan dalam memaknai program pemberdaayan perempuan KPM PKH Kecamatan Turen Kabupaten Malang dengan didapatkannya 6 (enam) Tema utama yaitu, 1) gambaran awal keikutsertaan sebagai peserta program pemberdayaan; 2) sumber dukungan dalam program pemberdayaan; 3) program-program pemberdayaan; 4) proses kegiatan program pemberdayaan; 5) perubahan yang dialami dengan adanya program pemberdayaan; dan 6) harapan akan keberlanjutan program pemberdayaan. Berbasis temuan penelitian disarankan, dalam setiap penyelengaraan program pemberdayaan mayarakat khususnya pemberdayaan perempuan bahwa, 1) pada tahapan siklus pemberdayaan, mengembangkan sebuah kesadaran awal bahwa mereka dapat melakukan tindakan untuk meningkatkan kehidupannya memegang peranan penting dalam memulai suatu program; 2) proses pemberdayaan yang partisipatif, pendekatan pembelajaran yang andragogis dan kompetensi pendamping yang mumpuni menentukan keberhasilan program pemberdayaan; 3) program pemberdayaan haruslah menimbulkan perubahan mendasar bagi penerima program baik perubahan pola pikir, sikap atau keterampilannya dalam upaya meningkatkan kualitas hidup penerima program.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57875

Actions (login required)

View Item View Item