Analisis penyebab drop out peserta blockgrant lembaga kursus dan pelatihan (studi kasus pada Program Tata Busana di LKP Modes Al-Amin Kabupaten Blitar) / Andrianingsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penyebab drop out peserta blockgrant lembaga kursus dan pelatihan (studi kasus pada Program Tata Busana di LKP Modes Al-Amin Kabupaten Blitar) / Andrianingsih

Andrianingsih (2017) Analisis penyebab drop out peserta blockgrant lembaga kursus dan pelatihan (studi kasus pada Program Tata Busana di LKP Modes Al-Amin Kabupaten Blitar) / Andrianingsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andrianingsih. 2017. Analisis Penyebab Drop Out Peserta Blockgrant Lembaga Kursus dan Pelatihan (Studi Kasus pada Program Tata Busana di LKP Modes Al-Amin Kabupaten Blitar). Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hardika M.Pd (II) Dr. Umi Dayati M.Pd Kata kunci drop out blockgrant lembaga kursus dan pelatihan Blockgrant merupakan dana bantuan pendidikan bagi peserta didik yang kurang mampu sebagai dana pembelajaran. Namun meskipun biaya pembelajaran sudah ditanggung oleh pemerintah masih banyak peserta didik yang kursus yang melakukan drop out sebelum melaksanakan ujian kompetensi akhir. Hal ini menarik untuk dikaji mengenai penyebab atau alasan drop outnya peserta didik tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan faktor penyebab drop out peserta didik penerima dana blockgrant dalam mengikuti pembelajaran di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) pada program tata busana di Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bermaksud untuk menggali dan mengkaji masalah apa yang ada dalam fokus penelitian dan menganalisis faktor penyebab dari drop out peserta didik di lembaga kursus dan pelatihan. Subjek utama dari penelitian ini adalah peserta didik yang telah mengundurkan diri dari proses pembelajaran sebelum ujian kompetensi akhir dilakukan dan informan pendukungnya adalah pengelola dan instruktur yang ada pada LKP Modes Al-Amin. Meode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Tahap analisis data dengan menggunakan tahapan (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan data dilakukan dengan teknik pengamatan yang tekun dan triangulasi. Hasil dari penelitian dianalisis berdasarkan faktor penyebab peserta didik program blockgrant drop out dilihat dari (1) faktor internal yang dikarenakan motivasi peserta didik yang rendah konflik sesama kesibukan biaya sakit menikah melahirkan diterima kerja minat uji kompetensi dan pemahaman uji kompetensi yang rendah (2) faktor eksternal yang dikarenakan pengurangan dana oleh dinas rendahnya kompetensi instruktur proses seleksi peserta didik masa tunggu rekrutmen instruktur metode jarak tempat kursus yang jauh rendahnya kedisiplinan dan perhatian instruktur waktu yang singkat dengan materi yang padat sarana prasarana cuaca dan penempatan kerja yang tidak sesuai. Saran dari hasil penelitian ini bahwa penanganan drop out peserta blockgrant harus diiringi lingkungan dimana peserta didik tinggal antara lain keluarga dan masyarakat. Pemerintah sebagai pengambil kebijakan juga berperan penting untuk mengupayakan bagaimana agar drop out dapat dikurangi bahkan dihilangkan sebab jika hanya satu lembaga saja yang menangani drop out maka sulit mendapatkan tujuan atau yang diharapkan. ABSTRACT Andrianingsih. 2017. Analysis the Cause Drop Out at Course and Training Institute of Blockgrant Participants (Case Study at Dress Fashion Program in Al-Amin Modes Course and Training in Blitar). Thesis. Department of Non Formal Education Post Graduate of State University of Malang. Counselor (I) Dr. Hardika M.Pd (II) Dr. Umi Dayati M.Pd Keywords drop out blockgrant Course and Training Institute Blockgrant is an educational aid fund for underprivileged learners as a learning fund. But even though the cost of learning has already been borne by the government there are still many learners whose courses are dropping out before executing the final competency exam. It is interesting to examine the causes or reasons for the drop out of these learners. The purpose of this study is to explain the factors that cause drop out of the beneficiaries of the blockgrant participant in following the learning at the Course and Training Institute (LKP) in the clothing program in Blitar regency. This research uses qualitative method with case study approach that intends to explore and examine what problems exist in the focus of research and analyze the causal factors of drop out of learners in the institute of course and training. The main subjects of this study are students who have resigned from the learning process before the final competency exams are conducted and the supporting informants are the managers and instructors in LKP Modes Al-Amin. Measure of data collection used is interview observation and documentation. Phase data analysis by using stages (1) data reduction (2) data presentation and (3) drawing conclusions. While checking the data is done by observation techniques are diligent and triangulation. The results of the study were analyzed based on the factors causing the students of the blockgrant program to drop out. They were (1) internal factors caused by low motivation of students fellow conflict occupation cost illness marriage childbirth work acceptance And a low understanding of competency test (2) external factors due to funding reduction by the service low competence of instructor selection process of learners waiting period instructor recruitment method remote course distance low discipline and instructor attention time Which is short with dense material facilities infrastructure weather and unsuitable work placement. Suggestion from result of this research that handling drop out of blockgrant participant must be accompanied by environment where learners live among others family and society. Government as a policy maker also plays an important role to seek how to drop out can be reduced and even eliminated because if only one agency that handles drop out it is difficult to get the goal or expected.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57872

Actions (login required)

View Item View Item