Membangun well-being terapis solus per aqua (studi kasus pembelajaran pembentukan karakter vokasional terapis SPA di OASE) / Yuliastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Membangun well-being terapis solus per aqua (studi kasus pembelajaran pembentukan karakter vokasional terapis SPA di OASE) / Yuliastuti

Yuliastuti (2017) Membangun well-being terapis solus per aqua (studi kasus pembelajaran pembentukan karakter vokasional terapis SPA di OASE) / Yuliastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuliastuti. 2017. Membangun Well-Being Terapis Solus Per Aqua (Studi Kasus Pembelajaran Pembentukan Karakter Vokasional Terapis SPA di OASE). Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hardika M. Pd (II) Dr. Umi Dayati M. Pd Kata Kunci well-being terapis SPA Menjadi sebuah tuntutan bagi seorang terapis SPA dalam pelayanannya agar klien dapat merasakan kenyamanan baik dari segi pikiran perasaan (jiwa) maupun tubuh. Maka untuk dapat melakukan itu semua maka seorang terapis SPA harus terlebih dahulu dalam kondisi well-being atau perasaan bahagia dan nyaman dalam melakukan pekerjaan pelayanan perawatan. Berdasarkan paparan tersebut dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui bagaimana membangun well-being terapis SPA. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan studi kasus pendekatan ini dipilih karena peneliti ingin memperoleh gambaran tentang pembelajaran dari materi body mind and soul yang dilakukan instruktur pada peserta didik atau calon terapis program terapis SPA di OASE. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan tehnik purposive sampling Subyek utama dalam penelitian ini adalah instruktur OASE sedangkan sebagai informan pendukung yaitu peserta didik program terapis SPA OASE yang telah mengikuti pembelajaran minimal 70% dari materi pembelajaran alumni yang bekerja sebagai terapis SPA. pengelola OASE pemilik dan pimpinan SPA center dan klien SPA center. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Tahap analisis menggunakan triangulasi sumber dengan tahapan (1) mengajukan berbagai macam variasi pertanyaan (2) mengeceknya dengan berbagai sumber data (3) memanfaatkan berbagai metode agar pengecekan kepercayaan data dapat dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk membangun well-being terapis SPA melalui aspek body mind and soul yang dilakukan instruktur kepada peserta didik adalah melalui aspek body yang terdiri dari materi (1) human anatomy (2) cells metabolism body system theory (3) hygiene sanitation (4) housekeeping (5) bacteriology (6) body massage (7) body treatment (8) facial treatment (9) hair dan scalp treatment (10) manicure dan padicure (11) reflexology dan (12) cosmetology dari aspek mind terdiri dari materi (1) aromatherapy (2) melihat dirinya sendiri (3) tindakan berjaga-jaga (4) berpikir positif (5) penerimaan diri untuk masa depan sedangkan dari aspek soul terdiri dari materi (1) relationship (2) senang terhadap dirinya sendiri (3) nyaman dengan orang lain dan (4) mampu menerima keadaan. Ketiga aspek tersebut juga didukung oleh upaya motivasi yang dibangun oleh terapis sendiri (self) dalam rangka menyeimbangkan ketiga aspek atau dimensi body mind and soul tersebut. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa materi pembelajaran dari aspek body mind and soul mampu membangun well-being terapis SPA yang didukung dengan upaya upaya memotivasi diri sendiri (self) dalam rangka untuk menyeimbangkan ke 3 dimensi body mind and soul tersebut. Saran dari penelitian ini diperuntukkan kepada (1) lembaga pendidikan formal dan nonformal yang menyelenggarakan program sejenis (2) instruktur program terapis SPA dan program yang sejenis (3) calon terapis program SPA dan program yang sejenis (4) dunia kerja dan dunia industri SPA yang berkepentingan merekrut terapis SPA. ABSTRACT Yuliastuti. 2017. Establish Well-Being Therapist Solus Per Aqua (Case Study of Vocational Therapist s Formation of the SPA s Therapist in OASE). Thesis. Study Program of Outside School Education Postgraduate State University of Malang. Advisor (I) Dr. Hardika M. Pd (II) Dr. Umi Dayati M. Pd. Keyword well-being therapist SPA Become a demand for a SPA therapist in his service so that client can feel comfort both in terms of mind feeling (soul) and body. So to be able to do it all then a SPA therapist must first be in a condition of well-being or feeling happy and comfortable in doing the work of care services. Based on the exposure a study was conducted to find out how to build a well-being SPA therapist. This research was conducted with case study approach this approach was chosen because the researcher wanted to get a picture about the learning of body mind and soul material that instructors do on the students or therapeutic candidate of SPA therapist program in OASE. Determination of informant in this research using purposive sampling technique The main subject in this research is OASE instructor while as supporting informant that is student of SPA OASE therapeutic program who have followed lesson of 70% from learning material alumny who work as SPA therapist. Manager of OASE owner and head of SPA center and SPA center client. Data collection methods used were interviews observation and documentation. Stage analysis using source triangulation with stages (1) raises a variety of questions (2) checks with various data sources (3) utilizes various methods for checking data confidence. The results showed that to build the well-being of SPA therapist through the body mind and soul aspect of the instructor to the learners is through body aspect consisting of (1) human anatomy (2) cells metabolism body system theory (3) hygiene sanitation (4) housekeeping (5) bacteriology (6) body massage (7) body treatment (8) facial treatment (9) hair and scalp treatment (10) manicure and padicure (11) reflexology and (12) cosmetology from the aspect of the mind consists of matter (1) aromatherapy (2) self-looking (3) precautionary action (4) positive thinking (5) self- front while the soul aspect consists of the material (1) relationship (2) happy with himself (3) comfortable with others and (4) able to accept the situation. These three aspects are also supported by motivational efforts built by the therapist himself (self) in order to balance the three aspects or dimensions of body mind and soul. The conclusion of this study is that the learning materials from the body mind and soul aspects are able to build well-being SPA therapists supported by self-motivation efforts in order to balance the 3 dimensions of body mind and soul. Suggestions from this study are addressed to (1) formal and non-formal education institutions that organize similar programs (2) SPA therapist program instructors and similar programs (3) therapist candidates for SPA programs and similar programs (4) the world of work and SPA industry world interested in recruiting SPA therapists.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57871

Actions (login required)

View Item View Item