Membangun self awareness dan empati melalui metode pembelajaran program penyuluhan tertib berlalu lintas bagi remaja di Satlantas Polres Jember / Raisa Cahya Faradina Fani - Repositori Universitas Negeri Malang

Membangun self awareness dan empati melalui metode pembelajaran program penyuluhan tertib berlalu lintas bagi remaja di Satlantas Polres Jember / Raisa Cahya Faradina Fani

Fani, Raisa Cahya Faradina (2017) Membangun self awareness dan empati melalui metode pembelajaran program penyuluhan tertib berlalu lintas bagi remaja di Satlantas Polres Jember / Raisa Cahya Faradina Fani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fani Raisa Cahya Faradina. 2017. Studi Kasus tentang Program Penyuluhan dalam Membangun Self Awareness dan Empati Pada Remaja Agar Tertib Berlalu Lintas. Tesis Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Endang Sri Redjeki M.S (II) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty M.Pd. Kata Kunci Sefl Awareness Empati Metode Pembelajaran dalam Penyuluhan Penyuluhan merupakan salah satu program pendidikan luar sekolah dalam rangka menyelesaikan permasalahan yang ada lewat penyebaran informasi. Program penyuluhan tertib berlalu lintas ini bertujuan untuk mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Metode pembelajaran dalam program penyuluhan merupakan salah satu aspek penting penunjang keberhasilan tujuan diadakannya program. Melihat hal tersebut maka diperlukan studi pendalaman mengenai metode pembelajaran dalam program penyuluhan untuk remaja dalam rangka membangun self awareness dan empati guna tertib berlalu lintas. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui dan mendeskripikan secara mendalam tentang membangun self awareness dan empati pada remaja akan pentingnya tertib berlalu lintas di jalan raya lewat metode pembelajaran pada program penyuluhan tertib berlalu lintas yang dilakukan oleh Satlantas Polres Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian berupa paparan mengenai metode pembelajaran dalam program penyuluhan dalam rangka membangun self awareness dan empati pada remaja agar tertib berlalu lintas. Informan pada penelitian ini adalah penyuluh yaitu pihak Satlantas bagian Dikyasa Polres Jember dan peserta penyuluhan yaitu siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan Kabupaten Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia yaitu peneliti sendiri. Analisis data menggunakan analisis interaktif dan berlangsung secara kontinyu sampai menemukan data jenuh. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi yaitu triangulasi sumber. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kesadaran diri dan empati yang dibangun lewat metode ceramah demonstrasi dan tanya jawab pada program penyuluhan. Siswa dan siswi mulai tertib dalam berkendara ke sekolah khususnya dalam hal penggunaan safety riding seperti helm keselamatan. Adapun saran untuk pihak penyuluh dan sekolah adalah lebih memaksimalkan pengontrolan ketertiban berkendara terhadap siswa setelah mengikuti penyuluhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57870

Actions (login required)

View Item View Item