Implementasi model pembinaan pramuka penggalang (Studi kasus pada Gudep Berprestasi Di Kwartir Cabang Kabupaten Malang / Risa Durrotun Nailiyah <BR> - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model pembinaan pramuka penggalang (Studi kasus pada Gudep Berprestasi Di Kwartir Cabang Kabupaten Malang / Risa Durrotun Nailiyah <BR>

Nailiyah, Risa Durrotun (2017) Implementasi model pembinaan pramuka penggalang (Studi kasus pada Gudep Berprestasi Di Kwartir Cabang Kabupaten Malang / Risa Durrotun Nailiyah <BR>. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nailiyah Risa Durrotun 2017. Implementasi Model Pembinaan Pramuka Penggalang (Studi Kasus Pada Gudep Berprestasi Di Kwartir Cabang Kabupaten Malang). Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Umi Dayati M.Pd (2) Dr. Ellyn Sugeng Desyanty M. Pd. Kata Kunci Gerakan Pramuka Model Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Metode Kepramukaan Pendidikan dipandang sebagai proses belajar sepanjang hayat. Pendidikan merupakan upaya manusia untuk mengubah dirinya atau orang lain berlangsung selama ia hidup. Pendidikan hendaknya lebih dari sekedar masalah akademik keterampilan dan mata pelajaran secara konvensional melainkan harus mencakup berbagai kecakapan yang diperlukan untuk menjadi manusia yang lebih baik. Salah satu bentuk pendidikan yang sangat berperan dalam membentuk karakter peserta didik adalah melalui pendidikan pramuka. Kegiatan pembelajaran yang baik didukung oleh penerapan model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang meneliti secara mendalam tentang implementasi model pembinaan pramuka penggalang berprestasi pada Gudep berprestasi di Kwarcab Kabupaten Malang. Menentukan sumber data dengan purposive yaitu peneliti menentukan sendiri informan-informan yang dijadikan sebagai sumber data. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan observasi terbuka wawancara yang dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur dimana peneliti melakukan wawancara sesuai dengan kondisi saat wawancara dan tetap terpaku pada topik teknik dokumentasi dengan mengumpulkan berbagai dokumen yang ada meliputi program kegiatan daftar pembina dan anggota serta materi yang disampaikan dalam pembelajaran pramuka. Analisis data menggunakan analisis data interaktif yaitu peneliti melakukan pengumpulan data kemudian melakukan reduksi data display data setelah itu data diverifikasi atau dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pramuka penggalang pada kedua Gudep tersebut dilaksanakan dengan model pelaksanaan kegiatan pramuka yang meliputi model blok (diterapkan dalam bentuk kegiatan persami) model aktualisasi (diterapkan dalam bentuk kegiatan latihan rutin dan latihan khusus) dan model reguler (diterapkan dalam kegiatan pencapaian SKU dan SKK untuk anggota regu inti). Kegiatan tersebut dilakukan dengan metode kepramukaan yang diterapkan ada 8. Pedoman pelaksanaan kegiatan pramuka disemua Gudep sama namun tidak semua Gudep dapat mencetak regu yang berprestasi. Salah satu penyebabnya yaitu karena penerapan model yang tidak sesuai. Saran bagi Kwartir Cabang kabupaten Malang yaitu agar meningkatkan kompetensi pembina pramuka penggalang di Kwartir Cabang Kabupaten Malang sehingga penerapan pendidikan pramuka wajib dalam K13 dapat tercapai. Saran bagi jurusan PLS agar meningkatkan kompetensi lulusan PLS dalam merancang program pembelajaran nonformal khususnya pada kegiatan pendidikan pramuka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57866

Actions (login required)

View Item View Item