Sekolah minggu sebagai pendidikan alternatif penanaman karakter (studi kasus Gereja Betlehem Oesapa Barat Kupang Nusa Tenggara Timur) / Rebeka Filda Hawali - Repositori Universitas Negeri Malang

Sekolah minggu sebagai pendidikan alternatif penanaman karakter (studi kasus Gereja Betlehem Oesapa Barat Kupang Nusa Tenggara Timur) / Rebeka Filda Hawali

Hawali, Rebeka Filda (2016) Sekolah minggu sebagai pendidikan alternatif penanaman karakter (studi kasus Gereja Betlehem Oesapa Barat Kupang Nusa Tenggara Timur) / Rebeka Filda Hawali. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hawali Rebeka 2016. SekolahMingguSebagaiPendidikanAlternatifPenanamanKrakter (StudiKasus di GerejaBetlehemOesapa Barat Kupang Nusa Tenggara Timur). Tesis Program StudiPendidikanLuarSekolah. PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. H.M. Saleh Marzuki M.Ed. (II) Dr. UmiDayati M.Pd Kata Kunci sekolahminggu pendidikankarakter. UU No 20 tahun 2003 tentangsistempendidikannasional menyatakanadanyatigajalurpendidikanyaknipendidikan formal informal dan non formal. Sekolahminggutermasukdalampendidikan non formal yang dikhususkanterhadappendidikankeagamaan. Sekolahminggudikhususkanbagianak-anak Kristen denganrentanusia 1-15 tahun berdasarkanpadaAlkitab denganmengikutisemua yang diteladankanolehYesusKristussebagaiTuhandanJuruslamat. Akan tetapianak-anak yang mengikutisekolahminggutidakmenunjukkankarakterseperti yang tertulisdalamAlkitabyaitupenuhkasih lemahlembut sabar pemaaf dan lain sebagainya. Berdasarkanmasalahtersebut yang menjadifokusdalampenelitianiniialahbagaimanasekolahminggusebagaipendidikanalternatifpenanamankarakter menanamkankarakterpadaanakdanremajagereja. Metode yang di gunakanuntukmencarijawabandarimasalahtersebutyaknimetodeobservasi wawancaradanstudidokumentasi. Sedangkancarapengecekankeabsahan data dilakukandengantekniktriangulasi. Adapuntriangulasi yang digunakanadalahtriangulasisumber triangulasiwaktudantriangulasimetode. Hasil yang diperolehdaripengumpulan data yaitupenanamankarakterpadaanakdanremajadilakukandengancara keteladanan ceramah diskusidanpembiasaan. Keteladananbelumberjalandenganbaik halinikarenamasihadapengajar yang belummengetahuisecarabaiktentangtugasdantanggungjawabnyasebagaiseorangpengajar sehinggamasihadapengajar yang bersikapsesuaikeinginannyasendiridanbukansesuaiapa yang tertulisdalamAlkitab. Begitupunjugadenganpenanamankaraktermelaluiceramah. masihadaanak yang merasabosanketikapengajarhanyaterusberceritaselama proses belajarhinggaakhir. Sedangkanpenanamanmelaluipembiasaandandiskusidianggapberjalancukupbaikkarenaanakmerasasenangketikadiajakberdiskusi sertapadacarapembiasaananak-anakterusmenunjukkanperkembangan. Berdasarkanhasil yang diperoleh saran yang dapatdiberikanyaitupengajardapatterusmengasahkemampuannyadalammelaksanakankegiatanpembelajarandenganterusmembacadanmerenungkanfirmanTuhan mengikutiberbagaipelatihanataupun seminar yang dilakukanolehgerejamaupunlembagalainnya. Sedangkanuntukpihakgereja agar merekrutpengajartidakberdasarkankerelaanmelayani tetapijugasesuaidenganstandar yang adadalamAlkitab.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57859

Actions (login required)

View Item View Item