Model diamond dan panduan pembelajaran transformatif untuk program pembinaan karang taruna (Penelitian pengembangan di Kelurahan Dinoyo Kota Malang) / Yunita Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Model diamond dan panduan pembelajaran transformatif untuk program pembinaan karang taruna (Penelitian pengembangan di Kelurahan Dinoyo Kota Malang) / Yunita Anggraeni

Anggraeni, Yunita (2016) Model diamond dan panduan pembelajaran transformatif untuk program pembinaan karang taruna (Penelitian pengembangan di Kelurahan Dinoyo Kota Malang) / Yunita Anggraeni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni Yunita. 2016. ModelSolusi dan Panduan Pembelajaran untuk Program Pembinaan Karang Taruna. Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sanapiah Faisal (II) Dr. Endang Sri Redjeki M.S Kata kunci Model diamond panduan pembelajarantransfoermatif karang taruna Karang Taruna merupakan organisasi kepemudaan yang cukup tua. Dalam perkembangannya Karang Taruna mengalami 3 fase yaitu fase pembentukan fase kejayaan dan saat ini sedang berada pada fase kefakuman. Fakumnya Karang Taruna terjadi karena permasalahan mindset yaitukegiatankarangtarunatidakbermanfaatdanmembuangwaktu.Permasalahan pembinaan adalah pembinaan cenderung bersifat insidentalketikaperingatanharibesarnasionalataukeagamaan. Diperlukansolusiuntukmengatasimasalahtersebut. Pembelajarantransformatif PedagogiSosial danAndragogimerupakankajianteoripembelajaran yang sangatrelevanuntukmenghasilkansebuah model solusi. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah membuat model pembelajaran transformatif untuk program pembinaan Karang Taruna. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Borg Gall (1979). Model pembelajaran yang dibuat mengacu pada Model Diamondyang dikembangkanolehEichsteller Holthoff.yang meliputi Sejahtera danBahagia (Well-Being Happiness) Hubungan yang baik (Relationship) BelajarHolistik (Holistic Learning) Pemberdayaan (Empowerment) yang akanmenghasilkanpengalaman yang positif. Hasil penelitiandanpengembangan model pembelajaran transformatif ini adalah (1) model solusipembelajaran transformatif efektif di ujicobakan di karangtarunaKelurahanDinoyo.Terbuktidenganadanyaterbentuknya program yang berjalanyaitubimbinganbelajarkeliling kegiataninimemberikandampakpadapartisipankarangtarunauntukberkilaudanbermanfaatbagidirinyauntukmemberikanpengalamanpositif bagiorganisasinyabahwakarangtarunamerupakanwadah yang cocokuntukmengembangkandiri (2) model pembelajaran dan panduan implementasi yang dihasilkan berisikan kisi-kisipadapanduanumum. Saran pemanfaatan model solusidanpanduanini adalah(1) Pembina diharapkanmengikutidanmembacapetunjuk yang adadalampanduanimplementasidenganseksama (2) Merancangkegiatanberdasarkankeadaanorganisasisehinggaakanefektif (3) Membacabuku-bukuatausumberbelajar lain Saran desiminasinya adalah (1) Produkpengembangan model solusidanpanduanpembelajarantransformatifuntuk program pembinaankarangtarunadalampenyebaranprodukpengembanganharustetapmemperhatikandanmemperhitungkankeadaanorganisasikarangtarunasehinggapenyebaranproduktidaksia-sia (2) Dilakukan terlebih dahulu uji lapangan pada skala yang lebih luas lagi (3) Dikembangkan model dan panduan implementasi pembelajaran transformatif disertai dengan contoh permasalahan (4) Lebih menggunakan pilihan bahasa dan pilihan kata yang jelas dan mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57856

Actions (login required)

View Item View Item