Model solusi dan panduan pembelajaran transformatif untuk program parenting education (penelitian pengembangan di Gugus PAUD II Lowokwaru dan Gugus VI Klojen Kabupaten Malang) / Rona Fitriakristiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Model solusi dan panduan pembelajaran transformatif untuk program parenting education (penelitian pengembangan di Gugus PAUD II Lowokwaru dan Gugus VI Klojen Kabupaten Malang) / Rona Fitriakristiani

Fitriakristiani, Rona (2016) Model solusi dan panduan pembelajaran transformatif untuk program parenting education (penelitian pengembangan di Gugus PAUD II Lowokwaru dan Gugus VI Klojen Kabupaten Malang) / Rona Fitriakristiani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriaristiani Rona. 2016. Model Solusi dan Buku Panduan Pembelajaran Transformatif untuk Program Parenting Education. Tesis. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Muhadjir Effendy M.Si. (II) Dr. Sanafiah Faisal Kata kunci Model Solusi Pembelajaran Transformatif Parenting Education. Parenting education merupakan kegiatan yang penting untuk mendukung pengasuhan anak di dalam lingkungan keluarga namun saat ini banyak sekali orangtua yang memiliki mindset bahwa program parenting education merupakan program yang tidak penting untuk dihadiri. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah model solusi dan panduan pembelajaran yang layak digunakan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran transformatif untuk program parenting education. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan model dengan tahap penelitian (1)penelitian pendahuluan (2) perencanaan dan Pengembangan Produk (3)validasi ahli dan revisi (4)uji validasi pengguna lapangan terbatas dan revisi (5)uji lapangan luas dan revisi (6)pelaporan. Uji lapangan terbatas adalah Pendidik dan Pengelola di Gugus PAUD II Kecamatan Lowokwaru dan Uji lapangan luas adalah Pendidik dan Pengelola di Gugus PAUD VI Kecamatan Klojen. Uji coba lapangan terbatas dan luas dilakukan untuk melihat tingkat validitas dan keefektifan produk. Uji produk dilaksanakan sekali oleh ahli bidang PLS dan ahli media dan uji lapangan berupa validasi pengguna dan beberapa kali uji coba produk untuk memberikan penilaian terhadap model solusi dan panduan pembelajaran transformatif. Hasil dari penelitian ini adalah model solusi dan panduan pembelajaran transformatif untuk program parenting education dengan menggunakan model PPA (Participatory Parenting Appraisal) yang berpusat pada partisipan berbasis masalah penggalian permasalahan hingga keakarnya pelibatan proses saling berbagi pembelajaran berdasarkan kebutuhan dan pengalaman serta pendidik berperan sebagai fasilitator. Kegiatan dalam model PPA yaitu (1) diskusi kelompok kecil (2)diskusi kelompok besar (3)konsultasi individual. Hasil pengembangan model PPA berdasarkan tanggapan dari ahli bidang Pendidikan Luar Sekolah masing-masing sebesar 75% dengan interpretasi cukup layak digunakan sedangkan ahli media pembelajaran sebesar 82 1% denga interpretasi efektif digunakan sedangkan salah satu ahli media memberikan sebesar 67 9% yakni dapat diinterpretasikan cukup efektif digunakan. Sedangkan perolehan prosentase dari pendidik dan orangtua masing-masing sebesar 79 8% dan 83 33% yang dapat dikategorikan bahwa model efektif digunakan. Hasil ujicoba lapangan menggambarkan bahwa orangtua mulai menyadari kesalahannya serta mindset mereka mulai berubah dalam menilai program parenting education orangtua juga mulai menyadadari bahwa dalam memberikan pengasuhan anak mereka perlu mengikuti kegiatan parenting yang dilaksanakan di lembaga pendidikan anak usia dini. Saran pemanfaatan dari model solusi dan panduan pembelajaran tersebut diharapkan pendidik benar-benar memahami perannya sebagai fasilitator dalam pelaksanaan kegiatan parenting education sehingga akan tercapai tujuan yang diharapkan dari pelaksanaan model.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57853

Actions (login required)

View Item View Item