Model solusi dan panduan pembelajaran transformatif untuk program pendampingan anak jalanan / Tiara Rahmania Martharini - Repositori Universitas Negeri Malang

Model solusi dan panduan pembelajaran transformatif untuk program pendampingan anak jalanan / Tiara Rahmania Martharini

Martharini, Tiara Rahmania (2016) Model solusi dan panduan pembelajaran transformatif untuk program pendampingan anak jalanan / Tiara Rahmania Martharini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahmania M Tiara. 2016. Model Solusi dan Buku Panduan Pembelajaran Transformatif untuk Program Pendampingan Anak Jalanan. Tesis. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ach. Rasyad M.Pd. (II) Dr. M. Djauzi Moedzakir M.A Kata kunci Pendidikan Luar Sekolah Pendidikan Informal Pembelajaran Transformatif Anak Jalanan. Di Indonesia banyak ditemukan anak jalanan yang telah mengikuti program pendampingan tetapi tetap kembali ke jalanan. Menurut Wahyuni (2009 174) pendampingan anak jalanan akan memperoleh keberhasilan apabila mampu mengubah dan menyentuh mindset anak jalanan disamping mementingkan hal yang bersifat hard skill . Sehingga konsekuensi pendampingan yang ideal adalah memiliki konsep perubahan keyakinan atau pembelajaran yang transformatif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk yang layak digunakan berupa model solusi dan buku panduan pelaksanaan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran transformatif untuk program pendampingan anak jalanan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan tahap (1) Penelitian pendahuluan (2) Perencanaan dan pengembangan produk (3) Validasi ahli dan revisi (4) Validasi pengguna lapangan terbatas dan revisi (5)Validasi pengguna lapangan luas dan revisi (6) Pelaporan. Validasi produk dilakukan oleh masing-masing dua orang ahli bidang PLS dan ahli media pembelajaran sementaravalidasipengguna lapangan dilakukan oleh dua kelompok pengguna. Kelompok pertama adalah pendamping dari Sanggar Alang-Alang Surabaya. Kelompok kedua adalah pendamping dari komunitas Save Street Child Malang. Hasil dari penelitian ini adalah buku panduan pembelajaran yang didalamnya memuat model solusi dan panduan pelaksanaan pembelajaran transformatif untuk program pendampingan anak jalanan. Pada model solusiberdasarkan permasalahan dan dianalisis sesuai kebutuhan daya dukung landasan konseptual dan landasan prosedural. Semua landasan pengembangan buku dan penjelasan tentang pembelajaran transformatif untuk pengembangan anak jalanan dijelaskan secara praktis pada bab 1 2 dan 3. Bab 4 adalah panduan pelaksanaan yang bisa dilaksanakan langsung di lapangan.Hasil pengembangan buku panduan ini berdasarkan tanggapan dari ahli bidang PLS masing-masing sebesar 75% dengan interpretasi cukup layak digunakan dan ahli media pembelajaran menyatakan media ini cukup layak dengan jumlah tanggapan sebesar 89 28% dan 64 28%. Tanggapan dari10 pengguna terbatas dan 20 pengguna luas adalahbuku panduanini memiliki kualifikasi dan interpretasi cukup valid dengan revisi kecil sehingga layak digunakan. Buku panduan dalam penelitian ini diproduksi untuk pendamping sehingga efektivitas buku panduan terhadap anak jalanan tidak diteliti. Disarankan untuk dilakukan penelitian terkait efektivitas buku panduan yang digunakan pendamping kepada anak jalanan serta penelitian tindakan masalah anak jalanan dengan menggunakan buku panduan ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57852

Actions (login required)

View Item View Item