Model solusi dan panduan pembelajaran transformatif untuk program kursus bahasa Inggris / Basri - Repositori Universitas Negeri Malang

Model solusi dan panduan pembelajaran transformatif untuk program kursus bahasa Inggris / Basri

Basri (2016) Model solusi dan panduan pembelajaran transformatif untuk program kursus bahasa Inggris / Basri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Basri. 2016. Model Solusi dan Panduan Pembelajaran Transformatif Untuk Program Kursus Bahasa Inggris. Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Djauzi Moezakir M.A Pembimbing (2) Dr. Zulkarnain Nasution M.Pd. M.Si Kata kunci Model solusi panduan pembelajaran pembelajaran transformatif kursus bahasa Inggris Kursus bahasa Inggris merupakan sebuah lembaga pendidikan non formal yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan belajar masyarakat akan bahasa Inggris bahkan diyakini mampu mentransform kesulitan mereka dalam mempercepat dan menuntaskan penguasaan bahasa Inggris mereka. Kenyataan menunjukkan bahwa masih banyak lembaga yang kurang mampu merealisasikan harapan tersebut. Sehingga penelitian ini diharapkan mampu mengatasi permalasahan dan merealisasikan harapan masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengembangakan buku panduan pembelajaran transformatif untuk program kursus bahasa Inggris guna meningkatkan kemampuannya memenuhi harapan masyarakat tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Pertama dilakukan pendalaman kembali permasalahan kursus Bahasa Inggris dan best practice kursus terkait pengembangan draft panduan pembelajaran transformatif untuk kursus bahasa Inggris kemudian validasi ahli media pembelajaran dan ahli bidang PLS revisi validasi pihak pengguna di lapangan dan revisi akhir. Penyajian data menggunakan teknik analisis data statistic kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan pembelajaran transformatif untuk program kursus bahasa Inggris ini cukup valid dan dapat digunakan. Hal ini ditunjukkan dari hasil validasi ahli media pembelajaran dengan ahli bidang PLS dengan kualifikasi cukup valid dan tidak perlu direvisi dan dari pihak pengguna dengan persentase 82 77% termasuk kategori kualifikasi valid dan tidak perlu direvisi) Berdasarkan temuan tersebut peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk menguji-cobakan model solusi yang ditawarkan bahkan mengembangkan model solusi lain yang lebih efektif dan serta mengembangkan panduannya sesuai karakteristik lokal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57851

Actions (login required)

View Item View Item