Model pendampingan untuk perubahan mindset sadar pendidikan di kalangan keluarga miskin (studi pengembangan di program keluarga harapan Kabupaten Malang) / Kukuh Miroso Raharjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pendampingan untuk perubahan mindset sadar pendidikan di kalangan keluarga miskin (studi pengembangan di program keluarga harapan Kabupaten Malang) / Kukuh Miroso Raharjo

Raharjo, Kukuh Miroso (2015) Model pendampingan untuk perubahan mindset sadar pendidikan di kalangan keluarga miskin (studi pengembangan di program keluarga harapan Kabupaten Malang) / Kukuh Miroso Raharjo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Raharjo Kukuh Miroso. 2015. Model Pendampingan untuk Perubahan Mindset Sadar Pendidikan di Kalangan Keluarga Miskin di Program Keluarga Harapan Kabupaten Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hardika M.Pd. (II) Dr. Umi Dayati M.Pd. Kata kunci Model Pendampingan Sadar Pendidikan Keluarga Miskin Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pendampingan yang tervalidasi dalam setting pendidikan nonformal. Dapat dimanfaatkan oleh program pendampingan ataupun aktivis pemberdayaan masyarakat serta program yang sejenis untuk perubahan mindset sadar pendidikan bagi keluarga miskin. Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan tujuan menyusun model pendampingan melalui tahap (1) Penelitian Pendahuluan (2) Perencanaan dan Pengembangan Produk (3)Validasi Ahli dan Revisi (4) Uji Validasi Pengguna dan Revisi (5) Pelaporan. Subjek uji coba adalah pendamping Program Keluarga Harapan di Kabupaten Malang. Uji coba dilakukan untuk melihat tingkat validitas produk. Uji Validasi Produk dilakukan oleh ahli model pembelajaran dan ahli bidang PLS setelah itu dilaksanakan uji model kepada pengguna untuk memberikan penilaian terhadap model dan panduan pendampingan keluarga miskin untuk sadar pendidikan. Langkah prosedural uji coba produk terdiri dari 5 komponen yakni (1) desain uji coba (2) subjek coba (3) jenis data (4) teknik pengumpulan data dan instrumen serta (5) teknik analisis data. Data tersebut selanjutnya dengan prosentase dan menggunakan tabel kemudian di intepretasikan secara narasi bermakna. Hasil penelitian ini menghasilkan model pendampingan untuk perubahan mindset sadar pendidikan di kalangan keluarga miskin menggunakan lima komponen yaitu (1) sintaksis (2) sistem sosial (3) prinsip reaksi (4) sistem pendukung serta (5) dampak instruksional dan pengiring. Langkah-langkah pendampingan yang dilaksanakan terdiri dari 5 langkah kegiatan yaitu (1) pendekatan (2) penentuan masalah (3) pengembangan refleksi kritis (4) penetapan dan pelaksanaan tindakan dan (5) evaluasi. Hasil pengembangan model pendampingan dan panduan implementasi tervalidasi oleh ahli dan pengguna hal ini dapat diketahui berdasarkan tanggapan ahli model pembelajaran dan ahli bidang PLS menyatakan bahwa model pendampingan ini sangat valid dengan memperoleh hasil prosentase sebesar 85 5%. Hasil uji coba model pendampingan pada 14 pendamping Program Keluarga Harapan dapat disimpulkan memiliki kualifikasi dan interpretasi sangat valid. Berdasarkan hasil tersebut model dan panduan pendampingan ini di desain sebagai acuan bertindak pendamping dan aktivis pemberdayaan masyarakat sebagai bagian untuk memberikan fasilitasi kepada keluarga miskin untuk sadar pendidikan. Saran pemanfaatan model pendampingan masih terdapat kekurangan. Sehingga dalam penggunaan dan pemanfaatannya perlu diciptakan pola dan komponen yang lebih variatif dan komunikatif. Penggunaan bahasa lebih sederhana dan perlu juga dikembangkan media pembelajaran untuk lebih mempermudah tugas pendamping dalam implementasi dilapangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57849

Actions (login required)

View Item View Item