Listyaningrum, R. Anggia (2015) Transfer of learning pada pendidikan informal / R. Anggia Listyaningrum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Listyaningrum R. Anggia. 2015. Transfer of LearningpadaPendidikan Informal (StudiKasusPewarisanKearifanLokalPijatBayiSecaraTurunTemurun di KecamatanBendoKabupatenMagetan).Tesis. Program StudiPendidikanLuarSekolah Program PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Supriyono M.Pd (2) Dr. Hardika M.Pd. Kata Kunci Transfer of Learning Pendidikan Informal KearifanLokal. Keterampilanpijatbayitradisionalmerupakansalahsatucontohkearifanlokaldalamlingkupkeluargayang sudahmulailangkakeberadaannya.Karenamasihbanyakmasyarakat yang membutuhkanjasadariketerampilanini makasangatpentinguntukdilestarikan.Untukmengetahuicarapelestariannya perluditemukanbagaimanatransfer of learningdalampendidikan informal yang dilakukankeluargapemijatbayipadapenerusnya.Olehkarenaitupenelitimemfokuskanpenelitianpada bagaimanatransfer of learningdalampendidikan informal padakasuspewarisankearifanlokalpijatbayisecaraturuntemurun . Pendekatanpenelitian yang digunakanadalahpendekatankualitatifdenganjeniskualitatifstudikasus.Teknikpenggalian data yang digunakandalampenelitianiniadalahwawancaradanobservasi.Analisis data yang digunakanadalahanalisistemadenganmenggunakanlangkahreduksi data display data danpenarikankesimpulan.Hasilanalisismenunjukkanbahwaterdapat 4 tahapandalampewarisanketerampilanpijatbayitradisional yaitutahap (1) nginthil (identifikasi) (2) njajal (praktek di bawahpengawasan (3) nerusno (praktekmandiri) (3) ngembangno (mengembangkan). Penelitianinimenunjukkanbahwaterdapatsuatu proses belajar yang bersifat informal padapewarisanketerampilanpijatbayitradisionalsecaraturuntemurun yang dijalaniolehgenerasipeneruspemijatbayi yang direkrutberdasarkanhubungankeluarga. Proses belajardalampewarisanketerampilanpijatbayitradisionaldilakukanmelaluipendidikan informal dalamkeluargadenganpentahapan-pentahapan. Transfer of learningpadapentahapannyaada yang terjadidengankesengajaansalahsatupihakbaikleluhur yang mewariskanketerampilanmaupundaripihakgenerasipenerus selainitujugaada yang terjaditanpakesengajaandarikeduapihakataubiasadisebutdenganbatic/ insidental.Komponenpembelajarannyatidakterstrukturnamuntersiratdalampentahapannya. Saran penelitianiniadalah (1) pengembangpraktek PLS hendaknyamemberikanintervensiterhadappendidikan informal padaketerampilanpijatbayidenganmemberikanmotivasipada para pemijatbayi agar merubahpolarekruitmenpeneruspemijatbayi yaitutidakhanyapadagenerasibiologisnamunjugapadagenerasisecara social. (2) sumberbelajar (pemijatbayi) hendaknyamulaimengidentifikasiketurunanataukerabatnya yang dapatdiwarisiketerampilanpijatbayi yang dimilikinya agar keterampilaninitidakpunah danuntukwargabelajarpijatbayiselainmempersiapkandirinyadenganmemenuhikriteriaawalsebagaipemijatbayi dapatjugamelakukanprosedursepertihasiltemuanini yang dimulaidari proses nginthil danseterusnya. (3) penelitilanjut yang inginmengembangkanpenelitiansejenishendaknyamemperbanyakdanmempertajampenentuansubjekpenelitianuntukmemperkaya data sebagaiperbandingantemuan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57848 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |