Proses pembelajaran keterampilan usaha dan dampak terhadap warga belajar pada program keaksaraan usaha mandiri di pusat kegiatan belajar masyarakat (studi kasus di PKBM Sabilul Falah Bangil Pasuruan) / Tarich Yuandana - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pembelajaran keterampilan usaha dan dampak terhadap warga belajar pada program keaksaraan usaha mandiri di pusat kegiatan belajar masyarakat (studi kasus di PKBM Sabilul Falah Bangil Pasuruan) / Tarich Yuandana

Yuandana, Tarich (2015) Proses pembelajaran keterampilan usaha dan dampak terhadap warga belajar pada program keaksaraan usaha mandiri di pusat kegiatan belajar masyarakat (studi kasus di PKBM Sabilul Falah Bangil Pasuruan) / Tarich Yuandana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuandana Tarich. 2015. Proses Pembelajaran Ketrampilan Usaha dan Dampak Terhadap Warga Belajar Pada Program Keaksaraan Usaha Mandiri di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Studi Kasus di PKBM Sabilul Falah Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan). Tesis. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs M. Saleh Marzuki M.Ed (II) Dr. Endang Sri Redjeki M.S. Kata Kunci Pembelajaran Ketrampilan Usaha Keaksaraan Usaha Mandiri PKBM Penelitian studi kasus ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan pembelajaran keaksaraan usaha mandiri ditinjau dari sudut pandang antusiasme warga belajar dan manfaat materi pembelajaran bagi peserta sehingga menimbulkan pertanyaan oleh peneliti dalam kaitannya antara keaksaraan usaha mandiri dengan ketrampilan usaha. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana peserta belajar ketrampilan usaha dan dampak apa yang diperoleh pada program keaksaraan usaha mandiri di PKBM Sabilul Falah. Atas dasar permasalahan tersebut maka fokus penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran ketrampilan usaha pada program keaksaraan usaha mandiri (KUM) di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sabilul Falah Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan yang beralamatkan di Jl Sili no.05 Desa Manaruwi. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Kasus yang diteliti adalah proses pembelajaran ketrampilan usaha pada program KUM di PKBM Sabilul Falah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi untuk mengamati proses pembelajaran teknik wawancara kepada beberapa informan sesuai dengan fokus penelitian dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ketrampilan usaha pada program keaksaraan usaha mandiri di PKBM Sabilul Falah Bangil Pasuruan dilaksanakan melalui pembelajaran membuat kue pembelajaran membuat hantaran pembelajaran membuat accessories dan pengetahuan TOGA selama proses pembelajaran ditemukan (1) Dalam penentuan materi pembelajaran warga belajar tidak menentukan sendiri melainkan ditawari tutor mengenai macam-macam ketrampilan yang akan dilatihkan hal ini tidak masalah karena warga belajar mengalami kesulitan dalam menentukan materi pembelajaran. (2) Pembelajaran ketrampilan membuat kue tidak dapat memberikan dampak yang maksimal karena terkendala peralatan yang dibutuhkan sehingga hasil belajar kurang maksimal dari proses pembelajaran yang seperti ini terlihat bahwa dampak kurang bermakna untuk berwirausaha membuat kue. (3)Dalam pembelajaran membuat hantaran warga belajar senang antusias dan memperoleh kepuasan batin ketika hasilnya dapat ditunjukkan pada warga belajar yang lain tetapi hasil belajar tidak membantu warga belajar menambah penghasilan melainkan hanya sampai pada membantu tetangga dan kerabat sebab proses pembelajaran tidak mendorong warga belajar berinisiatif. (4) Ketrampilan membuat accesories bross lebih diberi dorongan untuk berkreasi dalam pembuatan karena faktor tutor yang merupakan tokoh masyarakat setempat sehingga lebih akrab namun pembelajaran ketrampilan membuat bross hanya sebatas meningkatkan ketrampilan secara pribadi bukan menambah penghasilan. (5) Pembelajaran TOGA berlangsung hanya sampai pada pembelajaran informatif tidak sampai pada praktek dan pemanfaatan pekarangan atau polibek sehingga dampak tidak terlihat nyata. (6) Dampak pembelajaran untuk semua ketrampilan yang diajarkan belum sampai pada kemampuan warga belajar merintis usaha secara mandiri maupun berkelompok karena pembelajaran hanya sampai pada output dan hasil belajar tidak sampai pada outcome sehingga belum berdampak terhadap peningkatan perekonomian warga belajar. Berdasarkan hasil kesimpulan yang ada maka disarankan agar Sebaiknya tutor lebih memotivasi warga belajar supaya tertarik dan mencoba membuat usaha secara mandiri dari bekal ketrampilannya. Selain itu juga PKBM Sabilul Falah sebaiknya melakukan pendampingan usai pembelajaran dan membantu upaya pemasaran serta mendorong warga belajar berwirausaha agar warga belajar lebih termotivasi untuk membuat usaha dan menjual hasil ketrampilannya. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57846

Actions (login required)

View Item View Item