Pengembangan model pembelajaran transformatif untuk program pembinaan karang taruna / Fuad Hasan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran transformatif untuk program pembinaan karang taruna / Fuad Hasan

Hasan, Fuad (2015) Pengembangan model pembelajaran transformatif untuk program pembinaan karang taruna / Fuad Hasan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hasan Fuad. 2015.Pengembangan Model PembelajaranTransformatifuntuk Program PembinaanKarangTaruna. Tesis. Program StudiPendidikanLuarSekolah PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. DjauziMoedzakir M. A. (II) Dr.UmiDayati M. Pd. Kata kunci pembelajarantransformatif karangtaruna pendidikanluarsekolah Karang Taruna merupakan organisasi kepemudaan yang cukup tua. Dalam perkembangannya Karang Taruna mengalami 3 fase yaitu fase pembentukan fase kejayaan dan saat ini sedang berada pada fase kefakuman. Fakumnya Karang Tarunaterjadi karena permasalahan permasalahan mindset pengurus dan anggotanya dan permasalahan pembinaan. Permasalahanmindset yang dimaksud adalah mindset pesimistis (harus dibantu pemerintah sulit melakukan kerjasama dengan pemerintah dan tidak menguntungkan). Permasalahan pembinaan adalah pembinaan cenderung bersifat seremonial. Tujuandaripenelitiandanpengembanganiniadalahmembuat model pembelajarantransformatifuntuk program pembinaanKarangTaruna.Penelitianinimenggunakan model penelitiandanpengembangan yang dikembangkanolehBorg Gall (1979).Modelpembelajaran yang dibuat mengacu pada model pengembangan yang dibuat oleh Joyce Weil (1996) yang menggunakankomponen sintaksis sistemsosial prinsipreaksi sistempendukung dandampakinstruksionaldanpengiring. Hasil pengembangan model pembelajaran transformatif ini adalah (1) model pembelajaran transformatif ini dikemas dalam bentuk model pembelajaran dan panduan implementasi. (2) model pembelajaran dan panduan implementasi yang dihasilkan berisikan komponen sintaksis sistem sosial prinsip reaksi sistem pendukung dan dampak. (3) hasilvalidasiahli bidang studi Pendidikan Luar Sekolah ahli model pembelajaran dan pengguna menunjukkanbahwamodel pembelajaran dan panduan implementasi yang dihasilkan adalah valid. Saran pemanfaatan model ini adalah (1) memahami model dan panduan implementasi secara utuh (2) mempersiapkan alat dan media yang dibutuhkan (3) mengetahui situasi dan kondisi tempat pembelajaran yang akan digunakan (4)konsisten dalam melaksanakan setiap tahapan pembelajaran (5) berfokus pada tujuan dan (6) mengevaluasi secara rutin. Saran desiminasinya adalah (1) dilakukan uji coba pada divisi Karang Tarunalainnya (2) dilakukan uji coba pada skala yang lebih luas dan (3) dibuat dengan bahasa yang lebih sederhana. Saran pengembangan lanjutannya adalah (1) Dikembangkan contoh permasalahan yang memuat setiap aspek permasalahan organisasi dan juga divisiKarang Taruna (2) Dilakukan uji coba pada Karang Taruna dengan sasaran yang lebih variatif dan (3) Dikembangkan/dimodivikasi berdasarkan konteks lokal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57845

Actions (login required)

View Item View Item