Koordinasi Program Pendidikan Nonformal (PNF) dalam pembangunan desa (studi kasus di Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang) / Eky Roziana Nugrahawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Koordinasi Program Pendidikan Nonformal (PNF) dalam pembangunan desa (studi kasus di Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang) / Eky Roziana Nugrahawati

Nugrahawati, Eky Roziana (2014) Koordinasi Program Pendidikan Nonformal (PNF) dalam pembangunan desa (studi kasus di Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang) / Eky Roziana Nugrahawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nugrahawati Eky Roziana. 2014. Koordinasi Program Pendidikan Nonformal (PNF) dalam Pembangunan Desa (Studi Kasus di Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang). Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. H. M. Saleh Marzuki M.Ed. (II) Dr. Hardika M.Pd. Keywords koordinasi program pendidikan nonformal pembangunan desa 12288 12288 12288 12288 Pembangunan merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah bangsa Pembangunan nasional adalah upaya berkesinambungan untuk meningkatkan seluruh aspek kehidupan masyarakat bangsa dan negara sesuai dengan Undang-undang Dasar 1945. Untuk mewujudkannya diperlukan pendidikan baik pendidikan informal formal dan nonformal. Banyak program pendidikan nonformal yang digulirkan baik pemerintah dan swasta yang ditujukan masyarakat. Agar tidak terjadi tumpang tindih program lebih efektif dan efisien maka diperlukan koordinasi demi tercapainya tujuan program. Dalam pelaksanaan pembangunan di desa sangat dibutuhkan suatu koordinasi baik dari intern (dalam organisasi) maupun ekstern (kepala desa dinas serta swasta) organisasi. Oleh sebab itu di sini penelitian ingin meneliti tentang koordinasi program pendidikan nonformal (PNF) dalam pembangunan desa studi kasus di Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Kasus yang diteliti adalah pelaksanaan koordinasi program pendidikan nonformal di Desa Karangduren Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan (1) Kegiatan PNF yang melibatkan masyarakat Desa Karangduren tersebar dalam berbagai ormas (2) Permasalahan yang terjadi dalam koordinasi kegiatan PNF di Desa Karangduren antara lain komunikasi keterbukaan saling informasi dan ketidakmampuan desa dalam mencari akses informasi dan pendanaan mulai dari perencanaan kerja sama saling informasi pengaturan evaluasi dan pelaporan (3) Peran Kepala Desa adalah sebagai koordinator dan fasilitator dalam penyelenggaraan kegiatan PNF. 12288 12288 12288 12288 Koordinasi dalam pendidikan nonformal di desa masih kurang baik. Hal ini ditunjukkan dengan (1) perencanaan yang terpisah-pisah (2) kurangnya kerjasama antar instansi ataupun organisasi (3) komunikasi antar ormas tidak terjalin (4) permasalahan dalam pengaturan waktu tenaga dan biaya (5) tidak adanya evaluasi serta (6) pelaporan tidak teradministrasi dengan baik. Dengan demikian diperlukan pengaturan kegiatan PNF di desa sesuai kebutuhan masyarakat yang nyata dan saat ini. Koordinasi perlu dilakukan dalam internal penyelenggara maupun dengan lembaga eksternal baik instansi pemerintah maupun NGO atau stakeholder lainnya. Kepala Desa harus memiliki kemampuan manajemen dalam menyelenggarakan kegiatan PNF.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57843

Actions (login required)

View Item View Item