Nadir, Khoirul (2014) Pengembangan model pembelajaran transformatif pada program kursus bahasa Inggris (studi pengembangan di lembaga kursus Indocita Malang ) / Khoirul Nadir. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nadir Khoirul. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Transformatif pada Program Kursus Bahasa Inggris (Studi Pengembangan di Lembaga Kursus Indocita Malang). Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Djauzi Moedzakir MA. (II) Dr. Endang Sri Rejeki M.S. Kata kunci model pembelajaran transformatif kursus bahasa inggris. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model pembelajaran transformatif pada setting pendidikan non-formal untuk kursus Bahasa Inggris. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan model sebagai tindak lanjut dari penelitian sebelumnya yang difokuskan pada pengembangan prosedur. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran transformatif adalah pembelajaran yang menghendaki terjadinya suatu perubahan mendasar pada diri peserta didik. Pembelajaran ini terarah ke perubahan frame of reference tertentu (persepsi asumsi minat sikap prasangka keyakinan dan lain-lain) yang dimiliki peserta didik dan menjadi sumber kesulitan stagnasi atau dilemma dalam menghadapi suatu masalah. Untuk tercapainya perubahan tersebut diperlukan bantuan orang lain dalam hal ini pendidik. Dengan perubahan frame of reference peserta didik diharapkan bisa terlepas dari stagnasi menyadari kekeliruannya dan selanjutnya mampu mengatasi kendala hidup yang dialaminya selama ini. 12288 12288 12288 12288 Model pembelajaran transformatif ini dikembangkan berdasarkan model-model pembelajaran yang dikembangkan oleh Joyce dan Weil (1996) karena model ini dikembangkan yang digunakan tidak hanya berbasis lingkungan sekolah melainkan juga setting luar sekolah. Terdapat 5 komponen yaitu (1) sintaksis (2) sistem sosial (3) prinsip reaksi (4) sistem pendukung serta (5) dampak (instruksional dan pengiring). Dari dampak yang ditimbulkan yang lebih tepat untuk dijadikan sebagai hasil pembelajaran transformatif adalah hasil pembelajaran yang tergolong dampak pengiring. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran Bahasa Inggris dapat dibedakan menjadi 3 bentuk kegiatan yaitu (1) English for Kids (2) English for Students dan (3) English for Adults. English for Kids adalah pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa PAUD dan SD. English for Students adalah pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa SMP dan SMA. Sedangkan English for Adults adalah pembelajaran Bahasa Inggris untuk mahasiswa profesional dan umum. Adapun contoh untuk mengimplementasikan model dilakukan program English Camp/Dormitory dimana peserta didik dikarantina di asrama dalam kurun waktu tertentu. Berdasarkan hasil uji coba ahli media pembelajaran dinyatakan bahwa model dan panduan implementasi pembelajaran transformatif pada program kursus Bahasa Inggris tersebut dalam kualifikasi valid dengan nilai kualifikasi 90%. Penilaian dari ahli isi/materi juga dinyatakan kualifikasi valid dengan nilai kualifikasi 97 5%. Dan 25 pengguna dari model ini juga menilai dengan kualifikasi valid dengan nilai kualifikasi rata-rata 92 39%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57841 |
Actions (login required)
View Item |