Proses pembelajaran informal Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (studi kasus di Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Malang) / Novita Puspa Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pembelajaran informal Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (studi kasus di Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Malang) / Novita Puspa Sari

Sari, Novita Puspa (2014) Proses pembelajaran informal Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (studi kasus di Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Malang) / Novita Puspa Sari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sari Novita Puspa. 2014. Proses Pembelajaran Informal Warga binaan pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan (Studi Kasus di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang). Tesis. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. M. Saleh Marzuki M. Ed (II) Dr. Ach. Rasyad M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Informal Warga Binaan Pemasyarakatan Penelitian studi kasus ini dilatarbelakangi oleh perilaku warga binaan pemasyarakatan di lembaga pemasyarakatan yang terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan seperti masih adanya kasus-kasus warga binaan pemasyarakatan yang keluar masuk (residivis) lembaga pemasyarakatan dengan melakukan tindakan kriminal lagi. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana warga binaan pemasyarakatan itu belajar secara informal di dalam lembaga pemasyarakatan klas IA Lowokwaru Malang. Fokus penelitian ini ialah bagaimana proses pembelajaran informal yang dialami WBP di lembaga pemasyarakatan klas I Malang. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Kasus yang diteliti adalah proses pembelajaran informal warga binaan pemasyarakatan di lembaga pemasyarakatan Lowokwaru kota Malang. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada beberapa informan sesuai dengan fokus penelitian. Untuk mengecek keabsahan pernyataan informan dilakukan wawancara observasi dan dokumentasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran informal di lembaga pemasyarakatan Lowokwaru Malang dilakukan melalui pengaturan lingkungan kedisiplinan pergaulan sehari-hari dan pembiasaan. Melalui lingkungan mereka belajar dengan baliho slogan warga binaan pemasyarakatan dan petugas pemasyarakatan hasil belajarnya berupa perubahan tingkah laku segi kerohanian kedisiplinan dan sopan santun. Disamping itu ada segi negatif berupa adanya konflik kecil akibat adanya over capacity (2) Melalui kedisiplinan mereka belajar dengan peraturan-peraturan yang dibuat oleh pengelola sehingga hasil belajarnya yaitu WBP belajarmenaati peraturan-peraturan dan merasakan adanya penyesalan telah melanggar peraturan Namun masih ada pelanggaran seperti membawa HP dan utang piutang (3) Melalui pergaulan mereka belajar dengan interaksi antar sesama WBP dan petugas pemasyarakatan. Hasil belajarnya yaitu pendalaman agama bisa memilih mana yang baik dan buruk serta lebih berhati-hati dan bisa membawa diri . Namun terdapat pada hasil belajar yang negatif yaitu pengetahuan baru tentang bentuk kriminalitas ilmu membuka segala kunci (4) Melalui pembiasaan WBP belajar terbiasa mengajak temannya untuk solat di masjid sikap memberikan nasehat mengajak WBP lain untuk membaca Al Quran. Hasil belajarnya berupa pendalaman agama mencari ilmu-ilmu yang bermanfaat untuk digunakan setelah keluar dari lapas.Namun masih ada yang mengulangi perbuatan kriminal jika dalam keadaan terdesak. Saran Penelitian ini adalah (1) Sebaiknya pengelola meminta kepada Pemerintah untuk memperluas hunian agar kapasitas tidak melebihi batas dan agar tidak berdesakkan serta lebih memperlakukan WBP dengan manusiawi (2) Sebaiknya petugas pemasyarakatan lebih ketat dalam proses penjagaan sehingga tidak kecolongan ketika ada WBP yang membawa HP saat masuk kedalam kamar dan proses kunjungan diawasi agar HP tidak diselundupkan (3) lebih sering memberikan informasi nasehat-nasehat tentang resiko ilmu gendam yang sudah banyak ditangkap oleh petugas kepolisian dan disamping itu diberikan pengertian tentang perbuatan yang dilakukan tersebut adalah dosa (4) dapat memberikan motivasi dengan berbagai cara agar niatan untuk mengulangi perbuatan kriminalitas lagi itu tidak terjadi dan membangkitkan rasa percaya diri serta harga diri WBP agar faktor-faktor yang membuat WBP mengulangi perbuatannya lagi dapat dihindari.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57839

Actions (login required)

View Item View Item