Purnamawati, Frimha (2014) Pengembangan model pembelajaran transformatif pada program parenting education di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Kota Malang / Frimha Purnamawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Purnamawati Frimha. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Transformatif Pada Program Parenting Education Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Kota Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Djauzi Moedzakir M.A. (II) Dr. Endang Sri Redjeki M.S. Kata kunci Model Pembelajaran Pembelajaran Transformatif Parenting Education Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah model pembelajaran transformatif tervalidasi dalam setting pendidikan nonformal pada program parenting education yang dapat dimanfaatkan oleh lembaga penyelenggara pendidikan anak usia dini ataupun masyarakat dalam merubah frame of reference orang tua agar pendidikan anak usia dini menjadi lebih baik Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan model dengan tahap penelitian (1) Penelitian Pendahuluan (2) Perencanaan dan Pengembangan Produk (3) validasi ahli dan revisi (4) uji validasi pengguna dan revisi (5) Pelaporan. Subyek Coba adalah Pendidik dan Pengelola di Gugus PAUD II Kecamatan Lowokwaru. Uji coba dilakukan untuk melihat tingkat validitas produk. Uji produk dilakukan sekali oleh ahli bidang PLS dan ahli model pembelajaran dan uji lapangan berupa validasi pengguna untuk memberikan penilaian terhadap model dan panduan implementasi pembelajaran transformatif. Langkah prosedural uji coba produk meliputi (1) desain uji coba (2) subyek coba (3) jenis data (4) teknik pengumpulan data dan instrumen serta (5) teknik analisis data. Data-data tersebut selanjutnya dianalisis bila data kuantitatif secara tabel presentase dan data kualitatif secara model narasi bermakna. Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran transformatif pada program parenting education menggunakan lima komponen yaitu (1) sintaksis (2) sistem sosial (3) prinsip reaksi (4) sistem pendukung serta (5) dampak instruksional dan pengiring. Langkah-langkah pembelajaran transformatif yang digunakan pada proses parenting education terdiri dari 4 langkah kegiatan hasil pengembangan di lapangan yaitu (1) langkah penentuan masalah (2) langkah Pengembangan refleksi kritis (3) langkah penetapan dan pelaksanaan tindakan dan (4) langkah pendampingan sehingga didapatkan hasil pengembangan model pembelajaran dan panduan implementasi tervalidasi ahli dan pengguna hal ini dapat diketahui berdasarkan tanggapan ahli bidang PLS dan ahli model pembelajaran menyatakan bahwa model pembelajaran ini sudah valid dan hasil tanggapan dari 30 pendidik dan pengelola di Gugus PAUD II Kecamatan Lowokwaru dapat disimpulkan bahwa model dan panduan implementasi pembelajaran transformatif pada program parenting education memiliki kualifikasi dan interpretasi valid dengan revisi kecil. Berdasarkan hasil tersebut maka model pembelajaran ini didesain sebagai panduan pendidik dan pengelola lembaga PAUD dalam merubah kerangka acuan berfikir (frame of reference) dari orang tua tersebut sehingga keberhasilan pencapaian tujuan itu berasal dari perubahan dirinya sendiri dan fungsi pendidik sebagai fasilitator dan konselor adalah membantu menuju proses perubahan bagi orang tua anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57838 |
Actions (login required)
View Item |