Pengembangan model pembelajaran transformatif pada program pendampingan anak jalanan / Habib Prastyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran transformatif pada program pendampingan anak jalanan / Habib Prastyo

Prastyo, Habib (2014) Pengembangan model pembelajaran transformatif pada program pendampingan anak jalanan / Habib Prastyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prastyo Habib. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Transformatif Pada Program Pendampingan Anak Jalanan. Tesis Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. M. Djauzi Moedzakir. MA (II) Dr. Ach. Rasyad M.Pd. Kata kunci pembelajaran transformatif pendampingan anak jalanan pendidikan luar sekolah. Pengembangan model pembelajaran transformatif pada pendampingan anak jalanan merupakan upaya untuk mempermudah proses pendampingan anak jalanan yang dilaksanakan oleh pendamping. Namun pendampingan anak jalanan yang sudah menjalankan proses pembelajaran transformatif belum fokus dan terarah dan untuk itulah perlu mengembangkan model pembelajaran dan panduan implementasi yang sesuai dengan karakteristik dan kondisi anak jalanan itu sendiri. Model pembelajaran transformatif ini dikembangkan berdasarkan kajian hasil penelitian tentang forstering transformative learning diintergrasikan kelompok model the personal family dari Joyce dan Weil (2003) yang dianggap sesuai untuk pendampingan anak jalanan. Pengembangan model yang dikembangkan dihasilkan pula panduan implementasi yang dapat digunakan oleh pendamping. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan model dengan tahap penelitian (1) melakukan analisis produk yang dikembangkan (2) mengembangkan draft awal (3) validasi ahli bidang PLS dan ahli model pembelajaran dan revisi (4) validasi oleh pengguna dan revisi (5) produk akhir. Subyek coba adalah pendamping anak jalanan. Uji coba dilakukan untuk melihat tingkat validitas produk. Uji produk dilakukan sekali oleh ahli bidang PLS dan ahli model pembelajaran (2) uji lapangan berupa validasi pengguna untuk memberikan penilaian terhadap model dan panduan implementasi pembelajaran transformatif. Langkah prosedural uji coba produk meliputi (1) desain uji coba (2) subyek coba (3) jenis data (4) teknik pengumpulan data dan instrumen serta (5) teknik analisis data. Data tersebut selanjutnya dianalisis bila data kuantitatif secara statistik dan data kualitatif secara deskriptif kualitatif. Model pembelajaran dan panduan implementasi pembelajaran transformatif pada program pendampingan anak jalanan menggunakan lima komponen yaitu (1) sintaksis (2) sistem sosial (3) prinsip reaksi (4) sistem pendukung serta (5) dampak instruksional dan pengiring. Langkah-langkah pembelajaran transformatif yang digunakan pada proses pendampingan anak jalanan yang terdiri dari 5 fase kegiatan hasil pengembangan di lapangan yaitu (1) fase pendekatan (2) fase penentuan masalah (3) fase pengembangan refleksi kritis (4) fase penetapan dan pelaksanaan tindakan dan (5) fase evaluasi. Hasil pengembangan model ini berdasarkan tanggapan ahli bidang PLS sebesar 97 5% dengan interpretasi layak digunakan dan ahli model pembelajaran menyatakan media ini sudah layak dengan jumlah tanggapan sebesar 90%. Tanggapan dari 20 pendamping anak jalanan selaku pengguna dengan jumlah tanggapan cukup valid sebesar 199 tanggapan dan jumlah tanggapan yang menyatakan layak sebanyak 161 jawaban sehingga disimpulkan model memiliki kualifikasi dan interpretasi layak. Saran pemanfaatan model pembelajaran yang dilengkapi panduan implementasi bagi pendamping anak jalanan masih terdapat kekurangan. Sehingga dalam pemanfaatannya para pendamping harus menyesuaikan secara kondisional di lapangan sesuai karakteristik anak jalanan diwilayahnya terutama pada cara pendekatan ke lingkungan mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57837

Actions (login required)

View Item View Item