Upaya pembinaan tutor untuk meningkatkan kompetensi dan komitmen kerja tutor pendidikan kesetaraan paket C (studi kasus di PKBM Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi) / Faiz Firdausy - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya pembinaan tutor untuk meningkatkan kompetensi dan komitmen kerja tutor pendidikan kesetaraan paket C (studi kasus di PKBM Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi) / Faiz Firdausy

Firdausy, Faiz (2013) Upaya pembinaan tutor untuk meningkatkan kompetensi dan komitmen kerja tutor pendidikan kesetaraan paket C (studi kasus di PKBM Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi) / Faiz Firdausy. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Firdausy Faiz. 2013. Upaya Pembinaan Tutor untuk Meningkatkan Kompetensi dan Komitmen Kerja Tutor Pendidikan Kesetaraan Paket C (Studi Kasus di PKBM Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi). Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Supriyono M.Pd (II) Dr. Endang Sri Redjeki M.S. Kata kunci pembinaan tutor kompetensi tutor komitmen kerja tutor pendidikan kesetaraan paket C. Pembinaan tenaga kependidikan untuk meningkatkan kompetensi dan komitmen kerja merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh setiap lembaga pembina. Saat ini belum ada upaya pembinaan yang maksimal untuk peningkatan kompetensi dan komitmen kerja tutor pendidikan kesetaraan paket C dikarenakan tugas pokok dan fungsi tutor kurang strategis untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang diterapkan oleh pengelola pendidikan kesetaraan paket C dalam membina tutor untuk meningkatkan kompetensi pedagogi dan andragogi sosial dan profesional. Tujuan penelitian berikutnya adalah mendeskripsikan penerapan upaya membina tutor untuk meningkatkan komitmen kerja dan pemberian penghargaan terhadap tutor pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama dalam penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi partisipan dan dokumentasi. Dalam menganalisis data digunakan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan penelitian dilakukan kegiatan perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan dan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan upaya pembinaan tutor yang dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi dan komitmen kerja tutor pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi menggunakan pendekatan secara langsung. Hal tersebut didukung dengan pemberian penghargaan kepada tutor yang bersifat untuk memotivasi karir mereka. Diantaranya adalah pemberian gaji yang cukup setiap bulannya dan fasilitas yang layak untuk tutor. Pembinaan tutor sangat jarang dilaksanakan. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor diantaranya adalah pergantian ketua PKBM yang baru menggantikan ketua sebelumnya yang telah meninggal masih dalam proses belajar untuk mengelola PKBM Ngupoyo Ilmu Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Selain itu tutor juga berstatus sebagai pendidik sukarela yang mengajar bukan hanya di program pendidikan kesetaraan paket C sehingga pembinaan tutor yang dilaksanakan belum terarah dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57835

Actions (login required)

View Item View Item