Antusiasme belajar anak jalanan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Studi pada anak jalanan binaan Sanggar Kegiatan Serikat Pengamen Jalanan Malang) / Ary Makani - Repositori Universitas Negeri Malang

Antusiasme belajar anak jalanan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Studi pada anak jalanan binaan Sanggar Kegiatan Serikat Pengamen Jalanan Malang) / Ary Makani

Makani, Ary (2013) Antusiasme belajar anak jalanan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (Studi pada anak jalanan binaan Sanggar Kegiatan Serikat Pengamen Jalanan Malang) / Ary Makani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-kata Kunci antusiasme belajar anak jalanan pendidikan nonformal Penelitian ini dilatarbelakangi keadaan anak jalanan yang ada di Sanggar Kegiatan Serikat Pengamen Jalanan Malang yang menggambarkan tentang antusiasme belajar anak jalanan yang masih duduk dibangku sekolah. Ternyata diantara sekian banyaknya anak jalanan masih ada yang mempunyai harapan dan keinginan untuk belajar dan sekolah tetapi kesempatan dan keadaanlah yang membuat mereka tidak bisa merasakan kenyamanaan seperti anak-anak seusia mereka malah harus berada dijalanan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Mereka masih punya semangat belajar yang tinggi hal ini terlihat dengan begitu rajinnya mereka datang ke sanggar kegiatan walaupun fasilitas dan tempat untuk mereka belajar sangat terbatas. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) untuk memperoleh gambaran wujud antusiasme belajar anak jalanan (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi antusiasme belajar anak jalanan (3) untuk memperoleh gambaran pelayanan sanggar kegiatan terhadap antusiasme belajar anak jalanan dan (4) untuk mengetahui dampak antusiasme belajar anak jalanan Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu 1) wawancara mendalam 2) observasi dan 3) studi dokumentasi. Selain itu sumber data pendukung diperoleh dari pimpinan/penaggung jawab kegiatan para pendamping/tutor dan anak jalanannya sendiri. Analisis data dilakukan dengan tiga alur kegiatan analisis yang memungkinkan data menjadi bermakna yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa 1) kegiatan yang dilaksanakan untuk anak jalanan adalah kegiatan rutin seperti bimbingan belajar gratis kesenian SAR dan ada kegiatan keagamaan seperti pengajian yang dilaksanaakan pada hari tertentu dengan kata lain dalam hal membantu mereka belajar karena anak-anak jalanan itu sendiri yang menentukan apa yang ingin mereka pelajari seperti konsep pendidikan non formal 2) faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah anak jalanan merasa senang dengan cara belajar yang santai masih bisa bekerja sambil belajar ingin mempunya kegiatan seperti teman-teman sebaya mereka yang lebih beruntung mendapatkan perhatian dengan adanya para pendamping untuk membantu mereka belajar ada fasilitas berupa buku-buku dan ada tempat yang disediakan dan dukungan masyarakat sekitar. kegiatan bimbingan belajar dilakukan sesuai dengan kebutuhan mereka dan dilakukan dengan rasa kasih sayang suasana santai dan penuh perhatian serta disesuikan dengan kondisi anak jalanan (WB). 3) gambaran pelayanan sanggar kegiatan terhadap antusiasme anak jalanan adalah dengan kondisi keterbatasan sarana dan prasarana yang digunakan yang sangat terbatas tidak mengurangi antusiasme belajar mereka karena terkesan tidak dipaksakan justru lebih memacu mereka tetap antusias untuk belajar karena masih ada tutor/pendamping yang siap melayani kebutuhan belajar anak jalanan. Respon dari anak jalanan yang cukup baik dalam menerima program dan respon orang tua dan masyarakat sekitar yang cukup baik dalam mendukung kebeadaan Sanggar Kegiatan Serikat Pengamen Jalanan Malang (SPJM) di dalam menjalankan programnya. 4) dampak antuisasme balajar anak jalanan adalah ada perubahan yang bersifat positif seperti lebih rajin mencari tahu dengan cara membaca buku-buku memperhatikan kebersihan diri dan lingkungannya dan adanya dukungan dari orang tua dengan ikut serta memperhatikan anak-anaknya karena ada yang membantu mengarahkan dan mendidik serta adanya dukungan dari masyarakat. Negatifnya Lokasi sanggar yang tidak strategis sangat mengganggu aktivitas warga karena ruang belajar yang terbatas sehingga beberapa anak harus belajar di halaman dan halaman tersebut di pakai juga sebagai jalan umum warga untuk melakukan aktivitasnya.Masih ada beberapa anak jalanan yang tingkah lakunya mengganggu ketenangan warga sekitar tempat kegiatan. Berdasarkan temuan penelitian disampaikan beberapa saran sebagai berikut 1) menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait agar bisa mendukung kegiatan yang ada sehingga fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan anak-anak jalanan bisa terpenuhi. 2) jumlah tenaga pendamping/tutor supaya ada penembahan sehingga pendampingan yang dilakukan dapat maksimal dan dapat menjawab kebutuhan belajar anak-anak jalanan. 3) kegiatan yang sudah ada supaya tetap dipertahankan dan ditingkatkan lagi dalam melaksanakannya agar anak-anak jalanan benar-benar mendapatkan manfaatnya. 4) meningkatkan suasana kenyamanan dan kedamaian bagi anak-anak jalanan supaya anak-anak jalanan lebih rajin dan antusias dalam belajar. 5) bersikap lebih terbuka dalam menerima masukan dari pihak-pihak lain supaya Sanggar Kegiatan dapat berkembang dengan baik lagi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57834

Actions (login required)

View Item View Item