Widianto, Edi (2013) Tranformative learning pada pengasuhan anak usia dini di lingkungan keluarga / Edi Widianto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci transformative learning pengasuhan anak usia dini keluarga. Pengasuhan anak usia dini dalam keluarga merupakan proses yang penuh dengan permasalahan dan peristiwa transformatif. Kasus anak karbitan sebagai dampak ambisi dari orangtua banyak terjadi di daerah perkotaan sedangkan di daerah pedesaan banyak orangtua yang melakukan berbagai kekeliruan dalam mengasuh anak. Hal tersebut disebabkan oleh kurang adanya pemahaman orangtua dalam mengasuh anak yang ideal. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan (1) gambaran umum transformative learning pada pengasuhan anak usia dini di lingkungan keluarga (2) masalah-masalah yang dihadapi orangtua dalam mengasuh anak usia dini di dalam lingkungan keluarga (3) tindakan-tindakan yang dilakukan orangtua dalam mengatasi masalah pengasuhan anak usia dini melalui transformative learning di lingkungan keluarga (4) dampak transformative learning dalam pengasuhan anak usia dini di lingkungan keluarga. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Lokasi penelitian di Desa Duwet Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Informan penelitian adalah orangtua yang mempunyai anak usia 0-6 tahun. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam FGD observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan sebelum turun ke lapangan dan selama di lapangan dengan menggunakan interactive analysis models menurut Miles Huberman. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh empat kesimpulan. Pertama orangtua banyak mengalami pembelajaran transformatif dalam mengasuh anak-anaknya. Pada umumnya mereka tidak menyadari bahwa pengalaman belajar yang dilakukan orangtua membawa dampak transformatif terhadap kehidupan dalam mengasuh anak dalam lingkungan keluarga. Kedua masalah-masalah yang dihadapi orangtua dalam mengasuh anak usia dini berupa (1) masalah yang berkaitan dengan mengelola karakter yang unik anak (2) masalah yang berkaitan dengan pembiasaan anak (3) masalah yang berkaitan dengan melatih kemandirian disiplin dan tanggung jawab anak (4) masalah yang dihadapi orangtua yang berkaitan dengan interaksi sosial anak (5) masalah yang berkaitan dengan melatih percaya diri anak (6) masalah yang berkaitan dengan pendidikan seks anak usia dini. Ketiga tindakan-tindakan yang dilakukan orangtua dalam menyelesaikan masalah pengasuhan anak usia dini berupa pemberian penghargaan nasihat peringatan hukuman dan pembiaran kepada anak. Keempat dampak transformatif yang terjadi pada orangtua yaitu secara internal dan eksternal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57829 |
Actions (login required)
View Item |