Nusantara, Widya (2013) Tranformative learning pada kegiatan pendampingan anak jalanan di Kota Malang / Widya Nusantara. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nusantara Widya. 2013. Transformative Learning Pada Kegiatan Pendampingan Anak Jalanan Di Kota Malang.Tesis. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M.Djauzi Moedzakir MA. (II) Dr. Ach. Rasyad M.Pd. Kata Kunci pendampingananak jalanan transformative learning Pendampingan pada anak jalanan dapat dikatakan berhasil jika anak yang didampingi sudah tidak kembali ke jalanan. Keberhasilan pendampingan anak jalanan dipengaruhi oleh perubahan keyakinan nilai dan asumsi atau yang lebih dikenal sebagi perubahan pada mindset.Jika anak jalanan telah mengalami perubahan mindset pada dasarnya dia sudah melalui proses transformatif.Dengan transformative learningmemungkinkan seseorang untuk dirancang agar dapat mengalami perubahan pada mindset. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transformative learningpada pendampingan anak jalanan di kota Malang yang meliputi gambaran transformative learning pada pendampingan masalah yang dihadapi anak jalanan tindakan dalam mengatasi masalah dan dampak yang dihasilkan transformative learning pada pendampingan anak jalanan. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga carayaitu wawancara observasi dan studi dokumentasi. Sumber data adalah lima anak jalanan yang sudah mentas dari jalanan dua pendamping yang pernah merubah mindset pada anak jalanan dua orang tua dan satu orang pengurus lembaga. Data di analisis tiga alur kegiatan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan 1) Gambaran transformative learningpada pendampingan anak jalanan adalah adanya proses penyadaran melalui dialogdan proses pergeseran paradigma dari ketidakstabilan menuju pandangan baru yang lebih bermakna. 2)Masalah anak jalanan yang dapat diselesaikan dengan transformative learningadalah anak mengalami eksploitasi dari orang tua anggapan yang salah tentang pola pembinaan tidak percaya diri trauma mendalam akibat kecelakaan ketakutan akibat berhadapan dengan hukum. 3) Tindakan yang dilakukan pendamping meliputi merubah pola pikirorang tua melalui penyadaran mengali dan mengapresiasi bakat minat pemberian motivasi dorongan spritual dan perlindungan. 4) Dampak yang dihasilkan transformative learning pada pendampingan anak jalanan meliputi orang tua tidak melakukan eksploitasi anak jalanan menjadi antusias mengikuti pendampingan percaya diri akan masa depan kualitas spiritual semakin baik merasa aman bersama pendamping Berdasarkan temuan penelitian disampaikan beberapa saran untuk lembaga pendampingan dan para pendamping anak jalanan agarmenyajikan berbagai program pembinaan dengan pedekatan transformative learningAkademisi untuk terus melakukan kajian tentang pengembangan pola pendampingan anak jalanan yang lebih mendalam terutama berkaitan dengan prosedur pendampingan transformative learning bagi anak jalanan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57826 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |