Program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) di Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang (Kajian perubahan pola pikir dalam perspektif fenologi) / Wahyu Nurlatifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) di Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang (Kajian perubahan pola pikir dalam perspektif fenologi) / Wahyu Nurlatifah

Nurlatifah, Wahyu (2013) Program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) di Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang (Kajian perubahan pola pikir dalam perspektif fenologi) / Wahyu Nurlatifah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci PKM perubahan pola pikir Program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat (PKM) diselenggarakan oleh Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Malang bekerjasama dengan Desa Senggreng. Program ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan utamanya sikap atau jiwa kewirausahaan. Pembelajaran yang berlangsung mencakup teori dan praktek. Hasil yang diharapkan dari program adalah dapat merubah pola pikir (mindset) kewirausahaan bagi peserta didik dan mampu berwirausaha secara mandiri bagi peserta didik di Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui pola penylenggaraan PKM dan dampaknya terhadap pola pikir (mindset) kewirausahaan bagi peserta. Penelitian yang dilakukan menggunakan tradisi fenomenologi. Pengumpulan data dan penggalian data dan penggalian data dilakukan dengan wawancara mendalam observasi dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan (1) pengumpulan data dan pencatatan semua pernyataan-pernyataan penting yang terkait dengan PKM (2) perumusan masalah yang sesuai dengan pernyataan-pernyataan tersebut dan (3) penentuan tema-tema umum yang terkait dengan program PKM. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pola penyelenggaraan dengan model Enam fitur Inti berjalan efektif dan efisien karena model tersebut memiliki komponen yang runtut dan sistematis sehingga menghasilkan peserta didik yang terampil dan memiliki motivasi untuk berwirausaha. Informan yang merasakan dampak dari program PKM menindaklanjuti dengan berwirausaha secara mandiri disebabkan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh saat pelatihan serta memiliki pola pikir (mindset) kewirausahaan membuat mereka ingin terus berwirausaha. Perubahan pola pikir (mindset) tersebut adalah informan yang saat ini sudah memiliki usaha sendiri dan memiliki semangat yang tinggi serta rasa percaya diri sehingga informan tidak memiliki rasa takut untuk terus berwirausaha. Berdasarkan proses dan temuan penelitian ini disarankan hal-hal sebagai berikut (1) pihak-pihak penyelenggara dan pembuat kebijakan pada pendidikan nonformal dan informal disarankan untuk merancang program-program PKM yang menjawab kebutuhan peserta didik sehingga program dapat berjalan sesuai tujuan dan bermanfaat bagi semua pihak (2) di samping itu program PKM sangat perlu untuk melibatkan peserta didik (partisipatif) dan menempatkan mereka sebagai subyek bukan obyek sehingga peserta didik merasa memiliki dan menjadi aktor utama dalam program PKM dan pada akhirnya menimbulkan perubahan pola pikir (mindset) kewirausahaan (3) pihak-pihak terkait dengan program PKM yang telah memberikan kontribusi yang besar sehingga perlu terus menerus memperkuat meningkatkan dan mengembangkan strategi dan program PKM terutama dengan prinsip dasar andragogi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57822

Actions (login required)

View Item View Item