Pola Pendidikan informal dalam organisasi mahasiswa ekstra universiter (Studi multi kasus pada HMI, GMNI dan PMII di KOta Malang) / Bangun Setiyawan Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola Pendidikan informal dalam organisasi mahasiswa ekstra universiter (Studi multi kasus pada HMI, GMNI dan PMII di KOta Malang) / Bangun Setiyawan Nugroho

Nugroho, Bangun Setiyawan (2013) Pola Pendidikan informal dalam organisasi mahasiswa ekstra universiter (Studi multi kasus pada HMI, GMNI dan PMII di KOta Malang) / Bangun Setiyawan Nugroho. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nugroho Bangun Setiyawan. 2013. Pola Pendidikan Informal dalam Organisasi Mahasiswa Ekstra Universiter (Studi Multi Kasus Pada HMI GMNI dan PMII di Kota Malang). Tesis Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. S. Mundzir M. Pd. (II) Dr. M. Djauzi Mudzakir M. A. Kata kunci pola pendidikan informal organisasi mahasiswa ekstra universiter Pendidikan informal merupakan proses sepanjang hayat di mana seseorang memperoleh dan menghimpun pengetahuan keterampilan sikap dan pandangan dari pengalaman dan terpaan lingkungan. Pengalaman tersebut diperoleh terutama melalui proses pendidikan diri (self-education) akan tetapi memungkinkan juga pengalaman tersebut diperoleh setelah melakukan interaksi dengan individu lain sebagai pendidik informal. Keberadaan pendidik informal dalam interaksi pendidikan informal memang ada akan tetapi tidak harus selalu ada. Pelopor pendidikan informal menempatkan penekanan khusus pada pembudayaan kehidupan kelompok. Secara khusus mereka mendorong partisipasi dan self-government. Salah satu cara untuk memahami ini adalah gagasan organisasi . Dalam penelitian ini organisasi yang dimaksud adalah organisasi mahasiswa ekstra universiter (OMEU) yang meliputi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebab-sebab yang mendasari pendidikan informal dalam OMEU berhasil mereproduksi banyak pemimpin bangsa Indonesia dan seperti apa pola pendidikan informal dalam pergaulan OMEU. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tradisi penelitian studi kasus dalam hal ini peneliti menggunakan multi kasus. Sumber data dalam penelitian ini utamanya di dapat dari para informan yang merupakan tokoh HMI GMNI dan PMII di Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah pengelolaan data membaca dan membuat catatan mendiskripsikan mengklasifikasi dan menginterpretasi serta menyajikan dan memvisualisasikan Hasil penelitian ini bahwa (1) pendidikan informal di OMEU berhasil mereproduksi banyak pemimpin bangsa Indonesia dikarenakan proses pendidikan informal paling sering berkatian dengan tema kepemimpinan dan kebangsaan pendidikan informal di OMEU hakikatnya untuk melahirkan pemimpin bangsa pendidikan informal berfokus pada karakter adanya tauladan dalam pendidikan informal adanya komunitas-komunitas dalam pendidikan informal adanya lingkungan pendidikan informal dan pendidikan informal berlangsung terus menerus sampai akhir hayat. (2) Pola pendidikan informal di OMEU merupakan interaksi yang terjadi secara terus menerus antara individu-individu komunitas dan lingkungan. dalam hal ini setiap individu bisa berperan menjadi pendidik atau peserta didik informal yang bisa mempengaruhi atau dipengaruhi individu lain komunitas dan lingkungannya. Saran dalam penelitian ini untuk OMEU agar terus mengembangkan pendidikan informal dalam mereproduksi pemimpin bangsa Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan agar mencabut kebijakan yang menghambat berkembangnya pendidikan informal dalam OMEU dan mengganti dengan kebijakan yang berpihak pada pengembangan proses pendidikan informal dalam OMEU Perguruan Tinggi agar dapat bermitra dengan OMEU dalam mengembangkan pendidikan informal untuk mereproduksi pemimpin bangsa dan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (PLS) agar memperbanyak penelitian tentang pendidikan informal sehingga dapat menambah bukti empirik dan semakin kokohnya teori pendidikan informal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57821

Actions (login required)

View Item View Item