Keberlanjutan kemitraan pusat kegiatan belajar masyarakat (studi fenomenologi di PKBM Tambo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang) / Pramuji Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Keberlanjutan kemitraan pusat kegiatan belajar masyarakat (studi fenomenologi di PKBM Tambo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang) / Pramuji Wibowo

Wibowo, Pramuji (2012) Keberlanjutan kemitraan pusat kegiatan belajar masyarakat (studi fenomenologi di PKBM Tambo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang) / Pramuji Wibowo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Keberlanjutan Kemitraan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan lembaga dari oleh dan untuk masyarakat. Dengan demikian hidup mati lembaga tersebut terletak di tangan masyarakat. Namun permasalahan yang dihadapi PKBM pada umumnya adalah (1) kurangnya kemampuan dari pengelola untuk mengelola dan melaksanakan program-program PLS disebabkan latar belakang pendidikan yang tidak mumpuni (2) ketergantungan PKBM pada hibah pemerintah (3) rendahnya kemampuan untuk bersaing dalam mendapatkan dukungan mitra kerja baik dari pemerintah dan pihak donatur lainnya. Dalam kaitan ini PKBM Tambo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang merupakan PKBM yang mampu mempertahankan keberlanjutan kerjasama pihak mitra sejak berdirinya (2008) hingga sekarang. Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah mengapa keberlanjutan kemitraan tersebut dapat terjadi di PKBM tersebut. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk memahami kemitraan dalam pemaknaan lembaga mitra kerja yang telah bekerjasama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Sehingga diketahui alasan mitra kerja mempertahankan keberlanjutan kemitraan dengan PKBM Tambo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tradisi metode fenomenologi. Data diperoleh dengan wawancara mendalam dari pihak mitra PKBM Tambo. Teknik analasis data yang digunakan antara lain (1) mencatat yang menghasilkan catatan lapangan (2) mengumpulkan memilah-milah mengklasifikasikan mensintesiskan membuat ikhtisar dan membuat indeks (3) berpikir dengan jalan membuat agar kategori data itu mempunyai makna mencari dan menemukan pola dan hubungan-hubungan dan membuat temuan-temuan umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemitraan dapat terus bertahan dan berlanjut karena adanya kepercayaan yang sangat tinggi dari pihak mitra PKBM. Kepercayaan ini dihasilkan dari kepuasan kinerja kenyamanan penyelenggaraan dan kesesuaian latar belakang keilmuan pengurus PKBM. (2) Kepuasan lembaga mitra terhadap performance PKBM dikarenakan niat awal penyelenggaraan program kemitraan yang baik proses penyelenggaraan program kemitraan yang maksimum dan mempersembahkan kebanggaan bagi lembaga mitra. (3) Kenyamanan lembaga mitra disebabkan mitra tidak mendapati komplain dan keluhan dari masyarakat tidak ada kendala dan permasalahan dalam penyelenggaraan program batas-batas kewenangan dan kepentingan dihargai lancar koordinasi dan komunikasi. (4) Kesesuaian latar belakang keilmuan pengurus dapat meningkatkan kepercayaan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57815

Actions (login required)

View Item View Item