Pola belajar dan pembelajaran pada program pake C setara SMA/MA (Studi kasus: di PKBM Mustika Kota Rina) / Maddona Aritonang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola belajar dan pembelajaran pada program pake C setara SMA/MA (Studi kasus: di PKBM Mustika Kota Rina) / Maddona Aritonang

Aritonang, Maddona (2011) Pola belajar dan pembelajaran pada program pake C setara SMA/MA (Studi kasus: di PKBM Mustika Kota Rina) / Maddona Aritonang. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Univesitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. M. Djauzi Mudzakir M.A (II) Dr. Sanapiah Faisal S. Kata Kunci program paket C PKBM pendidikan luar sekolah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena penyelenggara program kejar Paket C yang akhir-akhir menimbulkan kerisauan di masyarakat kerisauan tersebut muncul karena yang secara logis-matematis waktu penyelenggaraan dan sumber daya serta fasilitas yang dimiliki Program tersebut jauh lebih rendah kualitasnya dibandingkan pendidikan formal. Yang sering dipertanyakan adalah bagaimana Pendidikan kesetaraan dapat memberikan hasil yang setara dengan pendidikan formal jika pembelajarannya hanya dilaksanakan kurang lebih tiga hari per minggu dengan sarana yang minim. Yang paling mengherankan lagi adalah kondisi kelulusan Program Paket C ini mencapai 97%-100%. Penelitian ini difokuskan pada pertanyaan (1) Bagaimana upaya tutor dalam meningkatkan keberhasilan belajar pada warga belajar (2) Bagaimana upaya warga belajar dalam mencapai keberhasilan belajar pada program paket C di PKBM Mustika Kota Rina (3) Pihak-pihak manakah yang memegang peran kunci dalam membantu kelulusan warga belajar di PKBM Mustika Kota Rina Selanjutnya penelitaan ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui upaya tutor dalam meningkatkan keberhasilan belajar pada warga belajar 2) Untuk mengetahui upaya warga dalam mencapai keberhasilan belajar pada Program Paket C di PKBM Mustika Kota Rina 3) Untuk mengetahui apakah ada pihak-pihak yang terkait dalam membantu kelulusan warga belajar Program Paket C di PKBM Mustika Kota Rina. Untuk mewujudkan tujuan tersebut penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Peneliti menelaah sebuah kasus yang dilakukan secara intensif mendalam dan komprehensif terhadap sebuah fenomena. Informan utama penelitian ini adalah tutor dan warga belajar Program Paket C di PKBM Mustika Kota Rina. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik (1) wawancara mendalam (2) observasi dan(3) dokumentasi. Data dianalisis dalam 3 tahap yakni (1) reduksi data (2) trianggulasi (3) pengkategorian data. Dari hasil penelitian ditemukan hal-hal berikut 1) upaya tutor dalam meningkatkan keberhasilan belajar pada warga belajar melalui pembelajaran pembelajaran partisipatif melakukan evaluasi pembelajaran memotivasi warga belajar serta mengarahkan warga belajar untuk mempelajari modul 2) Upaya warga belajar dalam mencapai keberhasilan belajar melalui belajar mandiri tetapi tidak semuanya warga belajar melakukan belajar mandiri 3) Adanya pihak-pihak yang membantu kelulusan warga belajar. Berdasarkan temuan penelitian tersebut disarankan hal-hal berikut 1. Pimpinan PKBM Mustika Kota Rina a. Agar hasil pembelajaran lebih baik perlu ditambah modul atau buku paket media pembelajaran serta jenis kegiatan pembelajaran perlu dikembangkan keterampilan yang beragam. b. Memberikan pelatihan kepada tutor mengenai Pola pembelajaran Pendidikan Nonformal terkhusus pada program Paket C. 2. Tutor a. Membuat silabus pembelajaran agar pencapian hasil belajar dapat terukur b. Memotivasi warga belajar sangat diperlukan tindakan nyata melalui beberapa metode motivasi. 3. Penelitian lain segala permasalahan yang belum dituntaskan dalam penelitian disarankan agar dapat dikaji dan diteliti lebih lanjut seperti pembelajaran andragogi dan mencari fakta secara mendalam kelulusan warga belajar program Paket C di PKBM Mustika Kota Rina.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57806

Actions (login required)

View Item View Item