Himmah, Irliana Faiqotul (2011) Penerapan metode iqro' pada pembelajaran calistung (studi kasus kelompok belajar Merpati di Dusun Wonosari Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember) / Irliana Faiqotul Himmah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata- kata Kunci metode iqro program keaksaraan fungsional pendidikan luar sekolah Penelitian ini difokuskan pada pertanyaan dasar bagaimana penerapan Metode Iqro pada pembelajaran membaca menulis berhitung (calistung) . Untuk itu penelitian ini bertujuan mendiskripsikan tentang 1) rasional diterapkannya Metode Iqro pada pembelajaran membaca menulis berhitung (calistung) 2) penerapan Metode Iqro pada pembelajaran membaca menulis berhitung (calistung) 3) alasan warga belajar berminat dalam mengikuti pembelajaran membaca menulis berhitung (calistung) dengan penerapan Metode Iqro . Untuk memahami dan mendiskripsikan Penerapan Metode Iqro pada pembelajaran membaca menulis berhitung (calistung) di Kelompok Belajar Merpati maka digunakan pendekatan kualitatif berupa studi kasus untuk mengungkap secara holistik fenomena yang terjadi secara menyeluruh dan mendalam pada Kelompok Belajar Merpati. Hal ini dilakukan untuk menemukan perspektif baru tentang fenomena tersebut yang sampai sekarang belum banyak diketahui dari segi program peristiwa proses (peristiwa). Sumber data dalam penelitian dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu person place dan activity. Semua sumber data tersebut digali melalui tekhnik observasi partisipatif wawancara mendalam dan dokumentasi. Berdasar analisis data diperoleh temuan sebagai berikut penerapan Metode Iqro diterapkan untuk warga belajar yang lebih bisa mengaji/ membaca huruf arab daripada membaca huruf latin Metode Iqro hanya diterapkan pada tahap membaca permulaan sehingga digunakan sebagai pengantar belajar/ media pembelajaran sebab Metode Iqro dalam penerapannya juga didukung oleh metode abjad penerapan Metode Iqro didukung dengan teknik penyampaian yang menyenangkan serta menjawab kebutuhan warga maka dapat menarik minat warga belajar untuk mau belajar. Hal ini terbukti bahwa minat dan antusias belajar warga sangat bagus ditinjau dari keseluruhan proses pembelajaran Kelebihan Metode Iqro dapat memberikan kemudahan bagi tutor dalam menyampaikan materi dan bagi warga belajar mendapatkan kemudahan dalam menerima materi. Kekurangannya semakin sering warga belajar tidak hadir maka akan semakin tertinggal jika warga sama sekali tidak memahami huruf arab/ ataupun latin maka akan berimbas pada lambatnya proses pembelajaran. Bertitik tolak dari hasil temuan penelitian tersebut disarankan agar tutor hendaknya memahami kebutuhan belajar serta karakteristik warga belajar secara efektif dan efisien sehingga dapat memilih dan menggunakan metode yang tepat dimana nantinya dapat merangsang minat dan motivasi belajar warga belajar dengan menjadikan Metode Iqro sebagai salah satu alternatif metode yang dapat diterapkan di Keaksaraan Fungsional warga belajar hendaknya tetap semangat dalam belajar sekalipun Program Keaksaraan Fungsional telah usai dan mau mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dalam kehidupan sehari- hari sehingga ilmu yang diperoleh tetap lestari pengelola hendaknya melestarikan kegiatan belajar di masyarakat dengan program-program belajar yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan belajar. Hal ini digunakan supaya motivasi masyarakat tetap untuk terus belajar sepanjang hayat dimanapun berada peneliti lain apabila dalam penilitan ini masih terdapat kajian untuk melanjutkan upaya menumbuhkan minat warga dalam belajar dengan mengacu pada Metode Iqro peneliti siap untuk berbagi pengalamannya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57803 |
Actions (login required)
View Item |