Model pengembangan pendidikan homeschooling (studi kasus pada Asosiasi Sekolah Dolan dan Keluarga penyelenggara homeschooling di Malang-Jawa Timur) / Julianus Lokollo - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pengembangan pendidikan homeschooling (studi kasus pada Asosiasi Sekolah Dolan dan Keluarga penyelenggara homeschooling di Malang-Jawa Timur) / Julianus Lokollo

Lokollo, Julianus (2010) Model pengembangan pendidikan homeschooling (studi kasus pada Asosiasi Sekolah Dolan dan Keluarga penyelenggara homeschooling di Malang-Jawa Timur) / Julianus Lokollo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

A B S T R A K Julianus Lokollo 2010. Model Pengembangan Pendidikan Homeschooling Studi Kasus Pada Asosiasi Sekolah Dolan dan Keluarga penyelenggara Homeschooling di Vila Bukit Tidar Kota Malang Jawa Timur Tesis Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Negeri Malang . Pembimbing I. Prof. Suhadi Ibnu MA Ph.D dan Pembimbing II. Prof. Dr .S . Mundzir. M. Pd. _______________________________________________________________________ Kata Kunci Model Homeschooling . Homeschooling adalah program pendidikan yang diselenggarakan oleh keluarga untuk anggota keluarganya yang masih usia sekolah dengan memilh model kurikulum yang sesuai dengan gaya belajar anak. Perkembangan belajar pun memegang peranan penting dalam memberikan gairah dan semangat belajarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1. Bagaimana pengembangan atau jenis homeschooling dalam meningkatkan proses belajar anak 2. Apakah faktor penunjang pada pengembangan atau model homeschooling dalam meningkatkan proses belajar anak 3. Apakah faktor penghambat pada pengembangan dan model homeschooling dalam meningkatkan proses belajar anak 4. Bagaimanakah upaya untuk mengatasi hambatan pada pengembangan model homeschooling dalam meningkatkan proses belajar anak . Tujuannya adalah untuk 1. Mengetahui lebih dalam tentang pengembangan atau model homeschooling dalam meningkatkan proses belajar anak 2. Mengetahui lebih dalam tentang tentang faktor penunjang pada pengembangan atau model homeschooling dalam meningkatkan proses belajar anak. 3. Mengetahui lebih dalam tentang faktor penghambat pada pengembangan atau model homeschooling dalam meningkatkan prosesa belajar anak. 4. Mengetahui upaya untuk mengatasi hambatan pada model pengembangan homeschooling dalam meningkatkan proses belajar anak. Penelitian ini diselenggarakan dengan menggunakan metode kualitatif dan mengambil bentuk studi kasus. Data diperoleh dari Asosiasi Sekolah Dolan dan keluarga homeschooling di vila bukit Tidar kota Malang. Pengumpulan data dengan metode wawancara observasi dan dokumentasi / record. Instrumennya yaitu penelitian sendiri dan pedoman pengumpulan data keabsahan data dengan perpanjangan keikut sertaan peneliti dan ketekunan pengalaman . Analisis data dalam penelitian ini berproses secara induksi- interpretasi konseptualisasi . . Hasil penelitian mengungkapkan bahwa asosiasi sekolah Dolan dan keluarga homeschooler telah mengembangkan model homeschool Montessori ( unit pembelajaran /unit studies ) Model homeschooling Charlotte Mason dan homeschooling komunitas tanpa melupakan minat dan kebutuhan anak seusianya sehingga anak pun dapat suatu proses belajar yang sesuai dengan perkembangannya. Adapun faktor penunjang Fasilitas belajar mengajar yang lebih baik dan ruang gerak sosialisasi anak semakin luas Adanya kebutuhan yang sama antara orarang tua ( pengajar) dan anak untuk membuat struktur yang lebih lengkap dalam menyelenggarakan aktivitas pendidikan orang tua ( pengajar ) akan lebih banyak mendapatkan dukungan karena masing-masing dapat mengambil tanggung jawab dalam skala yang lebih besar anak bisa belajar dari sumber maupun yang dapat dipelajari. Faktor penghambat Memerlukan kerjasama dan fleksibilitas untuk menyesuaikan jadwal suasana dan fasilitasnya anak dengan keahlian/ berkebutuhan khusus harus bisa menyesuaikan dengan lingkungan dan menerima perbedaan lainnya sebagai proses pembentukan jati diri anggapan sepele dari masyarakat . Upaya mengatasi hanbatan Memberikan fasilitas sebagai penunjang belajar anak melakukan kreasi baru untuk membangkitkan semangat dan pengembangan proses belajar anak Memperhatikan faktor internal dan eksternal dengan tetap bangkitkan metode belajar anak tanpa terganggu dengan status pilihan belajarnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57801

Actions (login required)

View Item View Item