Pengembangan buku saku kosakata bahasa Arab sebagai suplemen pembelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas 7 MTs al-Khoirot Gondanglegi Malang / Tusan Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku saku kosakata bahasa Arab sebagai suplemen pembelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas 7 MTs al-Khoirot Gondanglegi Malang / Tusan Kusuma

Kusuma, Tusan (2015) Pengembangan buku saku kosakata bahasa Arab sebagai suplemen pembelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas 7 MTs al-Khoirot Gondanglegi Malang / Tusan Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusuma Tusan. 2015. Pengembangan Buku Saku Kosakata Bahasa Arab Sebagai Suplemen Pembelajaran Bahasa Arab untuk Siswa Kelas 7 MTs Al-Khoirot Gondanglegi Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd (II) Dra. Susilaningsih M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Buku Saku Kosakata Bahasa ArabMTs MTs Al-Khoirot Gondanglegi Malangdalam melaksanakankegiatan pembelajaran bahasa Arab sumber belajar yang digunakan hanya menggunakan LKS. Guru memberikan informasi berdasarkan dari buku LKS yang digunakan belum menggunakan variasi media pembelajaran. Dari metode pembelajaran dan media yang digunakan oleh guru ketika pembelajaran bahasa Arab muncul masalah ketika guru melakukan tanya jawab siswa sering lupa dengan arti dari suatu istilah (mufradat)yang ada pada pokok bahasan yang sudah dipelajarinya dikarenakan kurangnya perbendaharaan kosakata siswa. Buku saku kosakata bahasa Arabadalah buku berukuran kecilyang dapat disimpan dalam saku dan mudah dibawa kemana-mana yang di dalamnya memuat/ merangkum materi-materi serta istilah-istilah dalam bahasa Arab yang disertai dengan maknanya. Buku saku kosakata bahasa Arab dapat dijadikan solusi untuk permasalahan yang terjadi diatas.Penelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajarannya buku saku kosakata bahasa Arab di MTs Al-Khoirot Gondanglegi Malang yang valid atau layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Dengan adanya media buku saku kosakata ini diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar bahasa Arab. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research Development (R D) yang dikembangkan oleh Borg Gall. Dalammodel pengembangan tersebut terdapat tujuh langkah yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Perencanaan penelitian (3) Pengembangan produk (4) Uji coba lapangan terbatas (5) Revisi hasil uji lapangan terbatas (6) Uji lapangan lebih luas (7) revisi hasil uji kelayakan. Hasil pengembangan buku saku kosakata bahasa Arab ini memenuhi kriteria valid dengan hasil validasi ahli media (90%) ahli materi (90%) dan validasi siswa (91%). Pada uji coba melalui tes hasil belajar dengan 30 siswa yang menggunakan buku saku tersebut terdapat 26 siswa yang mendapatkan nilai tes hasil belajarnya mencapai diatas KKM dan 4 siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM dengan total nilai presentase sebesar 86 66%. Berdasarkan hasil pengembangan buku saku kosakata bahasa Arab kelas 7 di MTs Al-Khoirot Gondanglegi Malangdapat disimpulkan bahwa buku saku ini valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/578

Actions (login required)

View Item View Item