Penerapan hasil pelatihan tenaga pengelola PKBM (Studi kasus pengelola PKBM abdi pratama di kecamatan pujon kabupaten Malang) / Soemarjono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan hasil pelatihan tenaga pengelola PKBM (Studi kasus pengelola PKBM abdi pratama di kecamatan pujon kabupaten Malang) / Soemarjono

Soemarjono (2010) Penerapan hasil pelatihan tenaga pengelola PKBM (Studi kasus pengelola PKBM abdi pratama di kecamatan pujon kabupaten Malang) / Soemarjono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Soemarjono. 2010. Penerapan Hasil Pelatihan Tenaga Pengelola PKBM (Studi Kasus Pengelola PKBM Abdi Pratama di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang). Tesis Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyono M.Pd. (II) Prof. Dr. H.S. Mundzir M.Pd. Kata-Kata Kunci pelatihan pengelola pendidikan non formal pendidikan luar sekolah Penyelenggara pelatihan seperti Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur dan SKB Kabupaten Malang telah menyelenggarakan pelatihan untuk pengelola PKBM yang secara umu bertujuan untuk memberikan pengetahuan ketrampilan sikap dan konsep tentang pengelolaan PKBM. Aspek yang belum diketahui dari pelatihan yang dilaksanakan adalah bagaimana penerapan dari hasil pelatihan tersebut karena dari penerapan itulah diketahui bagaimana perubahan terhadap kemampuan pengelola PKBM. Selain itu dengan penerapan hasil pelatihan dapat diketahui juga pelatihan mana yang efektif dan tidak sehingga dapat dijadikan acuan pada penyelenggaraan pelatihan berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktualisasi atau penerapan hasil belajar dari program pelatihan yang pernah diikuti para pengelola PKBM khususnya PKBM Abdi Pratama (2) alasan sehingga implementasi hasil belajar dari pelatihan diterapkan demikian adanya (3) pelatihan mana yang dirasa memberikan manfaat paling banyak dan mana yang tidak bermanfaat pada peningkatan kemampuan manajerial pengelola PKBM dan (5) model pelatihan yang paling sesuai dalam mengembangkan kemampuan pengelola PKBM. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tiga teknik yakni dengan (1) wawancara mendalam (2) observasi peran serta dan (3) studi dokumentasi. Sumber data utama dari penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan subyek penelitian atau informan yakni dari Ketua Sekretaris Koordinator Program tutor PKBM serta Penilik Dikmas dan warga belajar. Sedangkan sebagai sumber pendukung adalah dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga cara agar data menjadi penuh makna yakni reduksi data display data kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ditemukan (1) tidak semua hasil pelatihan dapat diterapkan oleh pengelola PKBM utamanya yang berkaitan dengan pengadaan sarana dan prasarana serta sebagian pengadministrasian namun yang berkaitan dengan perbaikan pengelolaan organisasi secara keseluruhan diterapkan (2) alasan hasil pelatihan tidak dapat diterapkan secara keseluruhan disamping karena terbatasnya dana yang dimiliki kurangnya sumber daya manusia dari segi kualitas maupun kuantitas dan lamanya waktu untuk mengaktualisasikan (3) dari pelatihan yang telah diikuti yang paling bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan manajerial pengelola PKBM adalah pelatihan orientasi teknis sedangkan pelatihan yang tidak memberikan manfaat adalah pelatihan berupa workshop dan (4) model pelatihan yang sesuai untuk meningkatkan kemampuan pengelola PKBM adalah perpaduan antara role model person development model dan organizational development model. Berdasarkan temuan diatas maka disarankan yaitu (1) agar pengelola PKBM bersungguh-sungguh menerapkan atau mengaktualisasikan hasil pelatihan semaksimal mungkin dengan jalan mengimbaskan kepada pengelola yang lain dalam satu PKBM sehingga dapat saling bantu membantu untuk melakukan pembenahan dan perbaikan organisasi (2) instansi penyelenggara pelatihan dalam hal ini Dinas Pendidikan dan SKB agar benar-benar menyelenggarakan secara profesional artinya dalam merancang suatu pelatihan dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kemampuan pengelola PKBM dan bukan hanya untuk memenuhi kewajiban proyek semata sehingga dilakukan dengan seadanya namun pelatihan benar-benar dirancang dengan tujuan yang tepat alokasi waktu yang efektif narasumber yang berkualitas materi yang padat berimbang dan berkualitas (3) agar instansi penyelenggara dalam menggunakan model pelatihan benar-benar memilih model yang tepat disesuaikan dengan tujuan apa yang hendak dicapai serta karakteristik peserta pelatihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57799

Actions (login required)

View Item View Item