Suwandi, Sahri (2009) Penerapan andragogi pada lembaga kursus (studi fenomenologi pada kursus bahasa Inggris BEC Pare Kediri) / Sahri Suwandi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sahri Suwandi. 2009. Penerapan Andragogi Pada Lembaga kursus (studi fenamenalogi pada kursus Bahasa Inggris BEC Pare Keidri). Tesis Jurusan Pendidikan Luar Sekolah (I) Dr. Sanapiah Faisal (II) Dr. M. Dzauzi Moedzakir M.A. Kata Kunci Kursus Pendidikan non formal Penelitian ini di latarbelakangi oleh suatu fenomena yang menggambarkan bertahannya warga belajar mengekuti peraturan dan belajar bahasa Inggris di BEC padahal tidak banyak menerapkan prinsip-prinsip andragogi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan mengapa warga belajar bertahan belajar di dalamnya Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan disain fenomenologi. Pengumpulan data dengan tiga cara yaitu 1) wawancara mendalam 2) observasi dan 3) studi dokumentasi sumber data pendukung adalah alumni warga belajar BEC. Analisis data 1) peneliti mulai dengan deskripsi lengkap tentang pengalaman sendiri dengan fenomena. 2) peneliti kemudian menemukan pernyataan di dal am wawancara tentang bagaiamana individu mengalami topik mendaftar pernyataan-pernyataan penting (horizontalisasi data) dan memperlakukan nilai yang sama serta mengembangkan daftar pernyataan yang tidak terulang dan tidak tumpang tindih 3) peneliti mengelompokkan pernyataan-pernyataan tersebut kedalam unit-unit makna kemudian mendaftar unit-unit ini dan menulis deskripsi susunan pengalaman tersebut 4) peneliti mendeskripsikan sendiri imajinasi atau deskripsi strukturalnya sambil mencari semua kemungkinan makna dan perspektif yang meluas memfariasikan kerangka acuan tentang fenomena serta menyusun deskripsi makna dan tentang bagaimana fenomena itu dialami 5) peneliti menyusun deskripsi makna yang keseluruhan 6) proses ini diikuti pertama untuk pertimbangan pengalaman peneliti dan kemudian untuk setiap partisipan. Setelah itu ditulis. Hasil penelitian ditemukan bahwa memilih dan bertahannya warga belajar kursus bahas Inggris di BEC yaitu 1) Karena Kondisi BEC yang menarik dan menguntungkan seperti banyaknya jumlah warga belajar dan kampung bahasa Inggris yang mana jarang di jumpai di daerah lain di Indonesia 2) BEC terkenal banyak alumni sukses jujung tinggi nilai keagamaan 3) Ada peraturan dan program di BEC yang menarik yaitu aturan mewajibkan warga belajar berbahasa Inggris di area BEC dan karena pertemuan yang intensive ini menjadikan kebanggaan tersendiri bagi mereka 4) Aturan pada program-program ekstra yang lebih menarik karena disana ada kebebasan kenyamanan sebab aturannya yang lebih fleksibel dan metodenya tidak monoton ada diskusi permainan debat 5) Biaya hidup dan biaya kursus murah dapat dijangkau oleh semua kalangan dan waktunya cukup ideal dalam arti tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama (yaitu selama 6 bulan) 6) Warga belajar mengikuti aturan yang ketat di BEC semata-mata bukan karena kesukarelaan mereka mengikuti aturan tersebut tetapi banyak juga karena keterpaksaan seperti motivasi besar untuk bisa berbahasa Inggris malu sama orang tua karena sudah mengeluarkan banyak biaya dan kebanyakan warga belajar yang mengatakan tanggung karena sudah datang dari jauh 7) Mencari pengalaman baru seperti mencari pasangan hidup (jodoh) banyak teman. Berdasarkan temuan penelitian ini disampaikan beberapa saran sebagai berikut 1) Lingkungan BEC yang berbahasa Inggris agar tetap dipertahankan karena hal yang utama daya tarik warga belajar memilih BEC adalah hal tersebut 2) Diharapkan pimpinan lembaga kursus BEC lebih memperhatikan kebutuhan warga belajar dalam kegiatan ataupun aktifitas dalam proses pembelajaran khusus pada program inti 3) Aturan yang ketat pada sebagian yang diberlakukan di BEC pada umunya sudah bagus yaitu untuk melatih kedisiplinan warga belajar tetapi pada sebagian aturan yang sekiranya mengganggu proses belajar mengajar harus lebih feksibel atau dikurangi 4) Metode pada program-program ekstra yang lebih menarik karena disana ada kebebasan kenyamanan sebab aturannya yang lebih fleksibel dan metodenya tidak monoton ada diskusi drama permainan debat ini perlu ditingkatkan dan perlu untuk dipertahankan dan metode pada program-program inti bisa mencontohi program-program ekstra karena ini yang mebuat warga belajar senang untuk belajar di BEC 5) Memperkaya konsep-konsep pendidikan luar sekolah terutama pada lembaga-lembaga kursus dengan mempetimbangkan strategi dan kondisi yang mendukung dan juga memperhatikan hambatannya sehingga jalannya pembelajaran dan proses belajar mengajar menjadi kondusif efektif dan lancar sehingga mampu menjawab dan mengantisipasi masalah dan tantangan pendidikan di masa yang akan datang 6) Diharapkan pendidikan orang dewasa tetap dilaksanakan berdasarkan prinsip-prinsip andragogi 7) Dengan terselesaikannya laporan penelitian ini bukan berarti akhir dari sebuah penelitian yang dilakukan dengan hasil yang ada. Namun demikian peneliti merasa perlu dilakukan penelitian lebih lanjut tentang penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam pembelajaran orang dewasa karena mengingat kondisi dan budaya Indonesia yang sebagaiannya masih belum sesuai dengan hal tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Dec 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57797 |
Actions (login required)
View Item |