Ida, Nur (2009) Antusiasme anak jalanan pada pembinaan lembaga pemberdayaan anak jalanan Griya Baca di alun-alun Kota Malang (fenomena antusiasme anak jalanan) / Nur Ida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nur Ida. 2009. Antusiasme Anak Jalanan pada Pembinaan Lembaga Pemberdayaan Anak Jalanan Griya Baca di Alun-alun Kota Malang (Fenomena Antusiasme Anak Jalanan). Tesis Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. H. M. Saleh Marzuki M.Ed. (II) Dr. Supriyono M.Pd. Kata Kunci Anak Jalanan Pendidikan Non Formal. Pembinaan melalui program pendidikan non formal bagi anak jalanan diselenggarakan oleh Lembaga Pemberdayaan Anak Jalanan Griya Baca di Alun-alun Kota Malang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang menggambarkan tentang antusiasme anak jalanan dalam mengikuti program pendidikan non formal dan keterampilan yang ada di lokasi penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk 1) memperoleh gambaran mengenai kegiatan pembinaan melalui Griya Baca yang ada di lokasi penelitian 2) mengetahui alasan-alasan yang melatar belakangi antusiasme anak jalanan terhadap pembinaan Griya Baca dan 3) mengetahui prosedur pengelolaan kelompok belajar pada Griya Baca. Penelitian dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dengan desain fenomena. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu 1) wawancara mendalam 2) observasi dan 3) studi dokumentasi. sumber data pendukung adalah pimpinan ibu asuh dan pengajar pendidikan dan keterampilan. Analisis data dilakukan melakukan tiga alur kegiatan analisis yang memungkinkan data menjadi bermakna yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa 1) kegiatan pembinaan anak jalanan adalah pembinaan rutin (bimbingan belajar) gebyar musik anak jalanan dunia kreasi anak jalanan dan outbond anak jalanan. 2) alasan anak jalanan mengikuti kegiatan adalah a) adanya rasa kasih sayang yang penuh perhatian dengan kelembutan para pengajar dan pembina terhadap anak jalanan (WB) b) lingkungan yang lebih nyaman c) kondisi belajarnya rilex terkesan tidak dipaksakan 3) prosedur pengelolaan yang meliputi ketenagaan organisasi dengan beberapa komponen yaitu pencatatan penjadwalan pembiayaan dan evaluasi program. Berdasarkan temuan penelitian disampaikan beberapa saran sebagai berikut 1) jenis kegiatan yang diterapkan oleh Lembaga Pemberdayaan Anak Jalanan Griya Baca perlu dikembangkan keterampilan yang lebih beragam sehingga bekal dikehidupan kelak lebih banyak agar anak jalanan lebih kreatif dan kritis dan melakukan pemantauan pembelajaran agar pelajaran yang diberikan tidak berulang dan dapat berkembang 2) antusiasme dan keikutsertaan anak jalanan dalam mengikuti pembinaan pada Griya Baca para pengajar atau pembina agar tidak berlebihan memberikan kasih sayang yang tidak terkesan manja sehingga mereka lebih dewasa dan cepat mandiri serta dikembangkan suasana belajar yang dapat meningkatkan rasa nyaman lebih kondusif misalnya sarana belajar menggunakan meja belajar papan tulis (white board) dan masing-masing kelompok belajar tempatnya agak terpisah sehingga warga belajar tidak saling terganggu 3) prosedur pengelolaan dari pengorganisasian perlu adanya penyiapan regenerasi pengurus utuk lebih fokus pada pembinaan serta pengelolaan anak jalanan Griya Baca sehingga pengurus yang berstatus mahasiswa semester akhir tidak terganggu kuliah mereka segi pencatatan atau administrasi harus lebih rapih punya buku induk alumni untuk mengetahui kondisi warga belajar (anak jalanan) yang masih aktif dan tidak aktif dan pembiayaan harus mempunyai sponsor serta daftar donator agar dapat membantu segala keperluan serta kebutuhan-kebutuhan pada Griya Baca.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Sep 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57796 |
Actions (login required)
View Item |