Keberlangsungan (sustainability) lembaga kursus profesi (studi kasus terhadap lembaga kursus sentra pendidikan bisnis Magistra Utama Kota Malang) / Sunyoto - Repositori Universitas Negeri Malang

Keberlangsungan (sustainability) lembaga kursus profesi (studi kasus terhadap lembaga kursus sentra pendidikan bisnis Magistra Utama Kota Malang) / Sunyoto

Sunyoto (2010) Keberlangsungan (sustainability) lembaga kursus profesi (studi kasus terhadap lembaga kursus sentra pendidikan bisnis Magistra Utama Kota Malang) / Sunyoto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk memahami keberlangsungan (sustainability) lembaga kursus profesi pendidikan luar sekolah. dan konstruksi makna yang bisa menjelaskan keberlangsungan lembaga kursus Sentra Pendidikan Bisnis Magistra Utama Kota Malang. Karenanya penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Sejarah dan Profil Lembaga Kursus Sentra Pendidikan Bisnis Magistra Utama Malang. (2) Pelaksanaan Pembelajaran Sentra Pendidikan Bisnis Magistra Utama Malang. (3) Kurikulum Sentra Pendidikan Magistra Utama Malang (4) Strategi pengelola dalam mempertahankan dan mengembangkan Lembaga Kursus Sentra Pendidikan Bisnis Magistra Utama Malang.(5) Pemasaran (marketing) yang dilakukan lembaga kursus Magistra Utama Malang (6) Pendapat atau komentar warga belajar lembaga kursus Magistra Utama Malang. (7) Konstruksi makna yang bisa menjelaskan keberlangsungan lembaga kursus Sentra Pendidikan Bisnis Magistra Utama Malang. Berdasarkan fokus dan tujuan penelitian di atas maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Obyek penelitian ini adalah Lembaga Kursus Magistra Utama Kota Malang sedangkan informan adalah manajer Magistra Utama Kota Malang Kabid PLS Dinas Pendidikan Kota Malang instruktur masyarakat sekitar dan warga belajar Magistra Utama Kota Malang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data seperti yang ditunjukkan Yin (2000) yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan sedangkan pengecekan keabsahan data seperti ditunjukkan (Nasution 1998 Moleong 1990 Faisal 1994) yaitu kredibilitas transferbilitas dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberlangsungan pendidikan kursus profesi pendidikan luar sekolah pada sentra pendidikan bisnis Magistra Utama Kota Malang ditentukan oleh beberapa hal antara lain (1) dikelola secara profesional disertai dedikasi yang sangat tinggi (2) dilengkapi dengan sarana prasarana memadai (3) didukung dengan tenaga instruktur/tutor yang profesional (4) selalu disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja (pangsa pasar) sehingga setiap tahun selalu dievaluasi jenis program yang akan deberikan pada tahun berikutnya (5) melakukan berbagai strategi marketing dengan mengutamakan kepuasan pelanggan (6) konsisten terhadap visi misi dan motto pendidikan lembaganya (7) menerapkan pendidikan dan latihan dengan pendekatan andragogi (8) menerapkan manajemen partisipatif dan TQM (total quality management) atau manajemen mutu terpadu (9) Menjalin kerjasama yang baik dan simbiosis (saling menguntungkan) dengan warga masyarakat sekitar dan stake holders. Alasan warga belajar bergabung dengan Magistra Utama Kota Malang adalah (1) satu-satunya lembaga yang menerapakan program BSW (bekerja sebelum wisuda) (2) di Magistra Utama Kota Malang program pilihan dan sarana prasarana pendidikannya lebih lengkap biaya pendidikannya relatif lebih murah biaya hidup di Kota Malang juga lebih murah suhu udara di kota malang jauh lebih sejuk dan di Magistra Utama Kota Malang ini diajari sampai terampil diuji sampai lulus dibantu mencari pekerjaan sampai dapat yang dikenal dengan istilah BSW (Bekerja Sebelum Wisuda). Berdasarkan temuan maka kesimpulan penelitian adalah jenis lembaga kursus profesi pendidikan luar sekolah dapat bertahan bahkan dapat meningkat karena (1) dikelola secara profesional dan disertai dedikasi yang sangat tinggi (2) dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai (3) didukung dengan tenaga instruktur/tutor yang profesional (4) melakukan berbagai strategi marketing dengan mengutamakan kepuasan pelanggan (5) selalu disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja (pangsa pasar) sehingga setiap tahun selalu dievaluasi jenis program yang akan deberikan pada tahun berikutnya (6) konsisten terhadap visi misi dan motto pendidikan lembaganya (7) menerapkan pendidikan dan latihan dengan pendekatan andragogi (8) menerapkan manajemen partisipatif dan TQM (total quality management) atau manajemen mutu terpadu (9) Menjalin kerjasama yang baik dan simbiosis (saling menguntungkan) dengan warga masyarakat sekitar dan stake holders. Bertitik tolak dari temuan penelitian beberapa saran yang diperkirakan dapat mempertahankan bahkan meningkatkan keberlangsungan (sustainability) lembaga kursus profesi pendidikan luar sekolah adalah dengan (1) dikelola secara profesional dan disertai dedikasi yang sangat tinggi (2) dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai (3) didukung dengan tenaga instruktur/tutor yang profesional (4) melakukan berbagai strategi marketing dengan mengutamakan kepuasan pelanggan (5) selalu disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja (pangsa pasar) sehingga setiap tahun selalu dievaluasi jenis program yang akan deberikan pada tahun berikutnya (6) konsisten terhadap visi misi dan motto pendidikan lembaganya (7) menerapkan pendidikan dan latihan dengan pendekatan andragogi (8) menerapkan manajemen partisipatif dan TQM (total quality management) atau manajemen mutu terpadu (9) menjalin kerjasama yang baik dan simbiosis (saling menguntungkan) dengan warga masyarakat sekitar dan stake holders.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57785

Actions (login required)

View Item View Item