Pengembangan media pembelajaran pendidikan keaksaraan berbasis komputer untuk belajar menulis dan membaca permulaan bagi kaum buta aksara dengan pendekatan abjad dan kata / Sujito - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran pendidikan keaksaraan berbasis komputer untuk belajar menulis dan membaca permulaan bagi kaum buta aksara dengan pendekatan abjad dan kata / Sujito

Sujito (2009) Pengembangan media pembelajaran pendidikan keaksaraan berbasis komputer untuk belajar menulis dan membaca permulaan bagi kaum buta aksara dengan pendekatan abjad dan kata / Sujito. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah buta huruf di Indonesia masih menjadi isu dan masalah pendidikan yang penting dan mendapat prioritas. Dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia Indonesia serta mewujudkan kesepakatan Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah (Ditjen PLS) terus berupaya meningkatkan kualitas dan perluasan penyelenggaraan pendidikan keaksaraan. Salah satu kesepakatan Dakkar tahun 2000 itu adalah menurunkan jumlah penduduk buta aksara sebesar 50% pada tahun 2015. Untuk mencapai target tersebut diperlukan banyak inovasi pembelajaran baik tujuan belajar metode kurikulum evaluasi baik perangkat keras lunak maupun cara atau prosedurnya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran pendidikan keaksaraan dalam bentuk perangkat lunak (software) komputer yang dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi proses pembelajaran khususnya dalam belajar menulis dan membaca permulaan dalam Bahasa Indonesia. Dengan media pembelajaran yang dikreasikan ini pembelajaran keaksaraan khususnya kemampuan menulis dan membaca langsung diaplikasikan melalui teknologi komputer sehingga warga belajar diajari untuk menguasai setidaknya tiga kompetensi sekaligus yaitu kemampun mengenal huruf kemampuan merangkai huruf menjadi kata dan kemampun mengenal perangkat komputer sebagai bagian terpenting dalam teknologi informasi. Untuk mencapai tujuan yang ditetapkan penelitian ini dilakukan melalui prosedur penelitian dan pengembangan pendidikan (educational research and development). Educational research and development (R D) adalah proses untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. Tujuan akhir dari R D pendidikan adalah lahirnya produk baru untuk meningkatkan unjuk kerja pendidikan. Dengan demikian proses pendidikan menjadi lebih efektif dan/atau lebih efisien atau lebih sesuai dengan tuntutan kebutuhan. Dalam penelitian ini wujud yang dikembangkan dan divalidasi adalah komponen media pembelajaran berupa software media belajar yang terkemas dalam sebuah compack disk (CD). Produk media pembelajaran ini dapat digunakan sebagai suplemen model-model pembelajaran pada pendidikan keaksaraan yang sudah ada. Dalam uji coba lapangan media ini terbukti mampu meningkatkan antusiasme warga belajar untuk terus belajar. Dengan demikian jika media pembelajaran ini diimplementasikan di masyarakat akan dapat membantu mempercepat proses pemberantasan buta aksara di Indonesia. Namun karena jumlah informan (tenaga ahli dan warga belajar) yang telah mencoba menggunakan media pembelajaran ini terbilang kecil maka diperlukan pengujian yang lebih mendalam untuk menentukan keandalan media pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57784

Actions (login required)

View Item View Item