Strategi kepimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sumber daya manusia (Studi kasus di TK Anak Saleh kota Malang) / Guruh Salafi - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi kepimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sumber daya manusia (Studi kasus di TK Anak Saleh kota Malang) / Guruh Salafi

Guruh (2010) Strategi kepimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan sumber daya manusia (Studi kasus di TK Anak Saleh kota Malang) / Guruh Salafi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN SUMBERDAYA MANUSIA (Studi Kasus di TK Anak Saleh Kota Malang) ABSTRAK Salafi Guruh. 2009. Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Sumber Daya Manusia Studi Kasus di TK Anak Saleh Kota Malang. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. H.A.Sonhadji.K.H M.A. Ph.D. (II) Dr.H.Imron Arifin M.Pd. Kata kunci strategi kepemimpinan kepala sekolah sumber daya manusia taman kanak-kanak Kualitas sumber daya manusia adalah kunci utama dalam pembangunan sebuah bangsa. Bangsa Indonesia tertinggal dengan bangsa lain karena lebih membanggakan sumber daya alamnya daripada sumber daya manusianya. Upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia menunjukkan kesadaran atas pentingnya kualitas sumber daya manusia itu bagi pembangunan bangsa. Dalam konteks sekolah guru adalah ujung tombak bagi keberhasilan sebuah sekolah. TK Anak Saleh adalah salah satu sekolah berprestasi di kota Malang. Berbagai prestasi baik lokal maupun nasional telah berhasil diraih. Para guru juga meraih berbagai prestasi yang membanggakan. Para guru penuh motivasi dalam bekerja. Hal itu menunjukkan kualitas sumber daya di sekolah itu sangat baik. Di sebuah sekolah yang baik akan sangat menarik untuk dikaji bagaimana seorang kepala sekolah mengelola sekolah itu. Dimensi kepemimpinan kepala sekolah dalam pemberdayaan para guru sehingga termotifasi dan terispirasi untuk berprestasi akan menarik untuk diteliti. Oleh karena itu penelitian ini berupaya untuk mengkaji bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya pengembangan sumber daya manusia yang dimiliki. Kajian ini berupaya menggali beberapa hal antara lain profil sumber daya manusia TK Anak Saleh kepemimpinan kepala sekolah strategi kepala sekolah dalam memberdayakan potensi para guru dan strategi kepala sekolah dalam mengantisipasi hambatan yang terjadi dalam upaya pengembangan sumber daya manusia di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus tunggal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara mendalam (2) observasi berperan serta (3) studi dokumentasi. Sumber data adalah (1) unsur manusia dengan informan kepala sekolah wakil kepala sekolah bidang ketenagaan wakil kepala sekolah bidang kurikulum guru staf ketua yayasan dan pejabat Diknas (2) unsur non manusia berupa dokumen yang relevan. Data yang diperoleh dianalisis dengan alur reduksi data penyajian data penarikan kesimpulan/verifikasi. Proses analisis dilakukan sejak memasuki latar penelitian. Agar diperoleh temuan penelitian yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya maka hasil penelitian diuji kebenarannya dengan uji kredibilitas dependabilitas dan konfirmabilitas. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah pertama TK Anak Saleh merupakan sekolah yang memiliki kualitas sumber daya manusia yang baik dengan ciri-ciri yang dimiliki (1) Konseptornya merupakan para pakar yang mempunyai kompetensi (2) pengurus sekolah dan yayasan mempunyai kualitas sumber daya manusia yang sangat baik (3) guru-guru mampu mengaplikasikan kurikulum sekolah yang unggul (4) guru-guru mampu mengelola dan menggunakan sarana dan prasarana sekolah (5) memiliki inovasi pembelajaran program kreatif program ekstrakurikuler yang komplit (6) kemampuan mengelola kelas dengan baik (7) guru-guru sering mengikuti seminar workshop diklat pelatihan dan lain-lain (8)guru penuh motivasi dan bersemangat dalam belajar (9) guru mempunyai banyak prestasi yang membanggakan (10) guru dan staf memiliki suasana belajar dan suasana kerja yang menyenangkan (11) adanya kepemimpinan kepala sekolah yang efektif. Kedua Profil kepemimpinan yang kuat yang dimiliki kepala sekolah TK Anak Saleh antara lain(1) kepribadian yang menarik dan dicintai oleh warga sekolah (2) visi kepala sekolah yang luas dan misi yang realistis (3) Mempunyai kompetensi dan kredibilitas (4) menjadi panutan dan teladan (5) selalu memotivasi dan memberi kesempatan guru untuk pengembangan diri (6) penuh inovasi dan kreativitas (7) menggerakkan staf dengan nilai-nilai (8) kemampuan sebagai katalisator bagi kalangan internal dan konektor dengan berbagai pihak eksternal (9) kemampuan memberi apresiasi dan penghargaan pada guru yang berprestasi. Ketiga Strategi kepala sekolah dalam memberdayakan potensi para guru adalah senantiasa mendorong memotivasi dan memberikan kesempatan pada guru untuk secara formal melanjutkan pendidikan sampai setingkat sarjana. Secara non-formal antara lain guru mengikuti kegiatan internal (1) mendatangkan pakar (2) melaksanakan KKG (3) team teaching (4) keterlibatan dalam kepanitiaan kemudian kegiatan eksternal (1) Diklat Seminar Workshop Lokakarya yang diselenggarakan oleh selain pihak sekolah (2) KKG gugus (3) studi banding (4) magang (5) pengembangan jaringan dengan lembaga lain. Kemudian secara informal yaitu memberikan bimbingan secara khusus yang sifatnya accidental (tidak terjadwal) jika ada guru yang hendak mengikuti suatu lomba. Keempat strategi kepala sekolah dalam mengatasi hambatan dalam pengembangan SDM yaitu (1) mendengarkan dan berkomunikasi dengan para guru (2) memberikan kelonggaran dan fleksibilitas bagi guru yang akan menempuh pendidikan (3) pendelegasian tugas pada guru lain apabila terdapat guru yang berhalangan (4) menciptakan suasana kerja yang nyaman dan penuh kebersamaan. Secara umum kesimpulan hasil penelitian ini adalah upaya pengembangan sumber daya manusia di sekolah perlu dilakukan secara sistematis dan terencana dengan baik. Kepala sekolah mempunyai peran sangat penting dalam memotivasi dan menyediakan kesempatan bagi para guru untuk selalu meningkatkan kualitas profesional mereka. Pendekatan yang manusiawi akan membantu menciptakan suasana yang menyenangkan bagi para guru. Berdasarkan temuan penelitian ini sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap pentingnya upaya peningkatan kualitas guru-guru sebagai ujung tombak keberhasilan pendidikan disarankan beberapa hal sebagai berikut (1) agar para kepala sekolah membuat upaya pengembangan kualitas profesional para guru yang sistematis dan terencana dengan baik (2) kepala sekolah dapat menjalin hubungan dengan berbagai pihak berkaitan dengan upaya pengembangan profesional para guru. (3) agar semua pihak di sekolah menciptakan suasana yang nyaman di sekolah sebagai tempat belajar siswa juga sekaligus sebagai tempat belajar bagi para guru. ABSTRACT Salafi Guruh. 2009. Principal s Leadership Strategy in Developing Human Resources A Case Study at TK Anak Saleh Malang City. Thesis Graduate Program in Education Management State University of Malang. Advisors (I) Prof. H.A.Sonhadji.K.H M.A. Ph.D. (II) Dr.H.Imron Arifin M.Pd. Key words leadership strategy principal human resource kindergarten Human resource quality is the main key in developing a country. Indonesia is leave behind by another country since Indonesian just proud of their natural resources than their human resources. The effort in developing education sector in Indonesia recently show up that Indonesian aware the important of human resources quality development. In the school area teacher is the main subject of the school improvement. TK Anak Saleh is one of good school in Malang that got a lot of achievement at local and national level. Teachers at TK Anak Saleh also got a lot of proud achievement. That is very interesting to study how the principle there manage and lead their school and their staffs and teachers. Leadership dimension of the principal in managing and developing their school is an interested subject in education management. This research focused on the principal s strategy in developing their teachers professional ability. In order to understand the condition the researcher took TK Anak Saleh Malang as the research site. The objective of this research is to reveal all the phenomena and events happened due to the principal s strategy leadership in developing their human resources. The research is then focused on the (1) the human resources of TK Anak Saleh (2) the principal leadership in developing human resources (3) the principle s strategy in increasing teachers potential and (4) principal s strategy to anticipate problems in human resources development effort. This research employed a qualitative approach with a single case design. The techniques used in collecting data were (1) in-depth interviews (2) participatory observation and (3) documentary study. The data sources were (1) the human components with the informants of the principal vice-principle teachers head of institution and the authority in The National Education Department offices. (2) non human component such as relevant documents. The data obtained were then analyzed through a flow of data reduction data presentation and conclusion drawing/verification. The process of analysis was done since the researcher entered into the research site. In order to get valid and accountable research findings the research results were tested using credibility dependability and conformability tests. The obtained findings are as follows first TK Anak Saleh represents as one of the good schools with its characteristics (1)an excellent facility and infrastructure of education (2) an excellent learning concept and methods (3) high achievement culture of students and teachers (4) strong leadership (5)full of creativity and innovation (6) high motivation of teachers to develop their professional ability (7) familiar atmosphere (8) broad relation with other institutions. Second the principal of TK Anak Saleh has a strong leadership (1) good character of the principle and lovable by school community (2) broad vision and realistic mission (3) having competency and credibility (4) became a model of the school community (5) giving motivation and encouragement to teachers to develop (6) innovative and creative (7) encourage staff and teachers with values (8) be a catalyst internally and be a connector with another community (9) ability to give appreciation and reward to the good teachers. Third the principal s strategy to develop teachers potential is motivate encourage and give an opportunity to teachers to continue their education until graduate level. Then non-formally teachers participate in internal activity such (1) invite the expert into the school (2) doing KKG (teacher s work group) at the school (3) team teaching (4) involving in a committee structure. Then external activity such (1) training and workshop (2) KKG (teacher s work group) with the other group of school (3) comparative study (4) apprentice (5) develop networking with the other institution. Then informally giving guidance and treatment to teachers that participating in a competition. Fourth principal s strategy to overcome the problem related with the human resources development (1) listening and communicating with teachers (2) giving opportunity to teachers that in process of study or to develop their professional ability (3) managing and delegating the task into the other teachers while a teacher have an obstacle (4) create a good atmosphere for teachers to work and to learn. From the result of this research in general it can be stated that human resources development in the school context have to do systematically and well planned. The principal hold the most important role in motivating and giving the opportunity to teachers to develop their professional ability. The humanistic approach will help to create the good atmosphere to teachers in working and developing themselves. On the basis of the research findings some suggestion are offered. It s necessary (1)the principal make an effort to develop their teachers professional ability systematically and well planned (2) the principal make a good relation and cooperation with other institution in developing their teachers quality (3) all the school member community create a good atmosphere in the school as a place to work and to learn not only for students but for teachers also.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57739

Actions (login required)

View Item View Item