Pietersina (2010) Hubungan perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan komitmen guru dengan semangat kerja guru SD Swasta di Kota Ambon / Pietersina Holle. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Holle P. 2009. Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Iklim Sekolah dan Komitmen Guru dengan Semangat Kerja Guru SD Swasta di Kota Ambon. Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr. Salladien (II) Dr. Kusmintardjo M. Pd Kata kunci perilaku kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah komitmen guru dan semangat kerja guru. Pendidikan memegang peranan penting dalam menentukan kualitas peradaban suatu bangsa. Tujuan pelaksanaan pendidikan adalah menyiapkan sumberdaya manusia yang memiliki kecakapan dan kemampuan keilmuan yang tinggi. Kendala yang dihadapi dalam pengelolaan pendidikan Indonesia adalah rendahnya kualitas pendidikan pada semua jenjang pendidikan. Hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain kurikulum guru sarana-prasarana penunjang parstisipasi masyarakat dll. Untuk mengatasi persoalan tersebut perlu dilakukan kajian secara akademik terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pendidkan. Salah satu faktor yang telah disebutkan mempengaruhi kualtias pendidkan adalah guru. Peran guru dalam pendidikan adalah mengelola pembelajaran yang merupakan key person dalam pendidikan. Pembelajaran yang berkualitas sangat bergantung pada faktor profesionalitas guru. Guru yang profesional adalah guru yang memiliki kecakapan akademik sesuai bidang studi yang diajarkan maupun kecakapan pribadi serta memiliki komitmen dan semangat kerja yang tinggi. Penelitian ini bermaksud mengungkap hubungan antara faktor-faktor yang mempengaruh semangat kerja guru antara lain perilaku kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan komitmen guru. Atas dasar tersebut maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah gambaran mengenai perilaku kepemimpinan kepala sekolah pada SD Swasta di kota Ambon (2) bagaimana gambaran mengenai iklim sekolah yang berlangsung pada SD swasta di kota Ambon (3) bagaimana gambaran mengenai komitmen guru SD swasta di kota Ambon (4) bagaimana gambaran mengenai semangat kerja guru SD swasta di kota Ambon (5) apakah terdapat hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan semangat kerja guru SD swasta di kota Ambon (6) apakah terdapat hubungan antara iklim sekolah dengan semangat kerja guru SD swasta di kota Ambon (7) apakah terdapat hubungan antara komitmen guru dengan semangat kerja guru SD swasta di kota Ambon (8) seberapa besar hubungan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan komitmen guru dengan semangat kerja guru SD swasta di kota Ambon Untuk menjawab rumusan masalah di atas penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan penelitian diskriptif korelasional yang bermaksud mengungkap hubungan antara variabel perilaku kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan komitmen guru dengan semangat kerja guru SD Swasta di Kota. Penelitian ini dilakukan di 36 SD Swasta di kota Ambon dengan populasi 205 orang dan jumlah sampel sebanyak 127 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Proposional Random Sampling sedangkan instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat perilaku kepemimpinan kepala sekolah SD swasta di kota Ambon termasuk kategori sangat tinggi (2) tingkat iklim sekolah SD swasta di kota Ambon termasuk kategori tinggi (3) tingkat komitmen guru SD swasta di kota Ambon termasuk kategori sangat tinggi (4) tingkat semangat kerja guru SD swasta di kota Ambon termasuk kategori tinggi (5) terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan semangat kerja guru SD swasta di kota Ambon. Hal ini terlihat dari koefisien korelasi sebesar 0 213 dengan nilai thitung sebesar 2 523 dan signifikansi t 0 013 945 0 05 (6) ada hubungan yang signifikan antara variabel iklim sekolah dengan semangat kerja guru. Koefisien korelasi yang dihasilkan adalah 0 316 dengan thitung 2 911 dan signifkansi t 0 004 945 0 05 (7) variabel komitmen guru berhubungan signifikan dengan semangat kerja guru dengan koefisien korelasi 0 615 dan thitung 5 798 dengan signifikansi t 0 000 945 0 05 dan (8) secara bersama-sama terdapat hubungan yang signifikan antara variabel perilaku kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan komitmen guru dengan semangat kerja guru. Hal ini terlihat dari nilai Fhitung sebesar 41 240 dan signifikansi F 0 00 945 0 05. Hasil perhitungan juga memperlihatkan sumbangan efektif variabel perilaku kepemimpinan kepala sekolah terhadap semangat kerja guru sebesar 9 95% variabel iklim sekolah memberikan kontribusi 17 5% dan variabel komitmen guru memberikan kontribusi sebesar 30 03%. Secara bersama-sama variabel perilaku kepemimpinan kepala sekolah iklim sekolah dan komitmen guru memberikan kontribusi kepada variabel semangat kerja guru sebesar 50 1% sedangkan sisanya 49 9% ditentukan oleh variabel lain yang tidak ikut diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan saran-saran sbb (1) Kepala sekolah dalam mengelola lembaga pendidikan (sekolah) perlu memperhatikan peningkatan iklim sekolah yang kondusif dengan menciptakan kerjasama yang baik dalam sistim organisasi sekolah sehingga memungkinkan guru bekerja lebih bersemangat (2) para guru supaya terus meningkatkan komitmen dan semangat kerja yang tinggi. Semangat kerja yang dimiliki guru supaya dapat diarahkan guna menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan (3) Para pembuat kebijakan kiranya dapat mengevaluasi dan mengadakan pembinaan terhadap guru-guru supaya memperhatikan faktor-faktor yang berhubungan secara signifikan sdengan semangat kerja guru (4) Bagi pengelola yayasan agar dapat lebih bijaksana guna memberikan persetujuan pengangkatan kepala sekolah (5) bagi peneliti dan pengembang ilmu manajemen pendidikan hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan masukkan dalam mengadakan pengkajian dan penelitian lebih lanjut khusus yang berkaitan dengan peningkatan semangat kerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/57737 |
Actions (login required)
View Item |