Kontribusi supervisi kepala sekolah, insentif guru, dan motivasi berprestasi guru terhadap profesionalisme guru SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban / Mujiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Kontribusi supervisi kepala sekolah, insentif guru, dan motivasi berprestasi guru terhadap profesionalisme guru SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban / Mujiono

UNSPECIFIED (2009) Kontribusi supervisi kepala sekolah, insentif guru, dan motivasi berprestasi guru terhadap profesionalisme guru SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban / Mujiono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Profesionalisme guru dewasa ini sangat diperlukan. Guru menjadi salah satu penentu pentingnya keberhasilan pendidikan. Sebagai pemimpin pembelajaran yang memfasilitasi kegiatan pembelajaran guru dituntut untuk bersikap professional. Salah satu pihak yang bertanggung jawab untuk meningkatkan profesionalisme guru adalah kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan di sekolah. Kepala sekolah dapat meningkatkan profesionalitas guru melalui kegiatan supervisi. Selain itu profesionalisme guru juga dapat ditingkatkan melalui pemberian insentif guru yang memadai dan motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (a) Profesionalisme guru SMK Negari dan Swasta di Kabupaten Tuban (b) Kontribusi supervisi kepala sekolah SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban (c)Insentif guru SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban (d) Motivasi berprestasi guru SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban (e) ada tidaknya kontribusi supervisi kepala sekolah terhadap profesionalisme guru SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban (f) ada tidaknya kontribusi supervisi kepala sekolah terhadap profesionalisme guru SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban (g) ada tidaknya kontribusi insentif guru terhadap profesionalisme guru SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban (h) ada tidaknya kontribusi motiasi berprestasi terhadap profesionalisme guru di SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban (i) besarnya kontribusi supervisi kepala sekolah terhadap profesionalisme guru SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban (j) besarnya kontribusi insentif guru terhadap profesionalisme guru SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban dan (k) besarnya kontribusi motivasi berprestasi terhadap profesionalisme guru SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Jumlah respondennya adalah 185 orang. Model analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda populasi yang digunakan guru SMK Negeri dan Swasta di Tuban. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa (a) Profesionalisme guru SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban termasuk dalam kategori sangat tinggi (b) Supervisi kepala sekolah SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban termasuk dalam kategori tinggi (c) Insentif guru SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban termasuk dalam kategori sangat tinggi (d) Motivasi berpretasi guru SMK Negeri dan Swasta di Kabupaten Tuban termasuk dalam kategori sangat tinggi (e) Supervisi kepala sekolah secara parsial mempunyai kontribusi terhadap profesionalisme guru secara relatif sebesar 0.26 (26%) dan secara efektif sebesar 10% (f) Insentif guru secara parsial mempunyai kontribusi terhadap profesionalisme guru secara relatif sebesar 0.15 atau 15% dan secara efektif sebesar 6% (g) Motivasi berprestasi guru secara parsial mempunyai kontribusi terhadap profesionalisme guru secara relatif sebesar 0.340 (34%) dan secara efektif sebesar 13% dan (h) supervisi kepala sekolah insentif guru dan motivasi berprestasi guru berkontribusi secara bersama-sama terhadap profesionalisme guru. Besarnya kontribusi itu adalah 38.3% jika terjadi kenaikan profesionalisme guru sebesar 100%. Implikasi dari temuan ini adalah bahwa dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru kepala sekolah dan pemerintah dapat melakukannya antara lain dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas supervisi kepala sekolah (termasuk juga supervisi pengawas) meningkatkan insentif guru hingga mampu menjamin kesejahteraan para guru dan memotivasi para guru untuk terus meningkatkan profesionalismenya. Selain itu secara pribadi guru juga harus mampu mengelola dan meningkatkan motivasi berprestasinya untuk bekerja dengan sebaik-baiknya sebagai seorang profesional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57736

Actions (login required)

View Item View Item