Implementasi lesson study berbasis sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru (studi multi situs SMP Negeri 1 Prigen, SMP Negeri 2 Grati dan SMP Negeri 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan) / Indah Yudiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi lesson study berbasis sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru (studi multi situs SMP Negeri 1 Prigen, SMP Negeri 2 Grati dan SMP Negeri 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan) / Indah Yudiani

Indah (2010) Implementasi lesson study berbasis sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru (studi multi situs SMP Negeri 1 Prigen, SMP Negeri 2 Grati dan SMP Negeri 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan) / Indah Yudiani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yudiani I. 2009. Implementasi Lesson Study Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Multi Situs SMP Negeri 1 Prigen SMP Negeri 2 Grati dan SMP Negeri 1 Kejayan Kabupaten Pasuruan. Tesis. Jurusan Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal M.Pd. (II) Dr. H. Imron Arifin Kata kunci lesson study guru profesional kualitas pembelajaran Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS ) Pemberdayaan profesi guru diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis berkeadilan tidak diskriminatif dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia nilai keagamaan nilai cultural kemajuan bangsa dan kode etik profesi. Untuk mewujudkan sasaran dan program tersebut Pemerintah Kabupaten Pasuruan mengadakan jalinan kerjasama dengan berbagai lembaga di tingkat Nasional maupun Internasional salah satunya dengan JICA. Japan International Cooperation Agency (JICA) sebagai lembaga otonom pada pemerintah Jepang yang memiliki program dan komitmen untuk meningkatkan keterbelakangan negara-negara berkembang mengadakan catatan diskusi pada Program for Strengthening in-Service Teacher Training of Mathematics and Science Education at Junior Secondary Leve l. Melihat fenomena tersebut maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Untuk mengetahui mengetahui target guru dalam mengikuti kegiatan Lesson Study di Kabupaten Pasuruan 2) Untuk mengetahui obsesi guru dalam mengikuti kegiatan Lesson Study di Kabupaten Pasuruan 3) Untuk mengetahui kiat-kiat yang dilakukan guru dalam mengikuti kegiatan Lesson Study di Kabupaten Pasuruan. 4) Untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dalam implementasi LSBS dan 5) Untuk mengetahui strategi pemberdayaan kekuatan dan strategi mengatasi kelemahan implementasi LSBS Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode diskriptif dengan analisis data kualitatif. Yang menjadi alat bantu dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan catatan lapangan. Dengan key informan dalam penelitian ini meliputi dosen pendamping pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kepala sekolah dan guru yang terlibat langsung dalam fokus penelitian ini. Adapun teknik analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan yang menjadi target guru dalam mengikuti kegiatan Lesson Study di Kabupaten Pasuruan adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam pembelajaran guru yang meliputi aspek (1) memikirkan dengan cermat mengenai tujuan dari pembelajaran materi pokok dan bidang studi (2) mengkaji dan mengembangan pembelajaran yang terbaik yang dapat dikembangkan (3) memperdalam pengetahuan mengenai materi pokok yang diajarkan (4) memikirkan secara mendalam tujuan jangka panjang yang akan dicapai yang berkaitan dengan siswa (5) merancang pembelajaran secara kolaboratif (6) mengkaji secara cermat cara dan proses belajar serta tingkah laku siswa (7) mengembangkan pengetahuan pedagogis yang kuat dan (8) melihat hasil pembelajaran sendiri melalui mata siswa dan kolega. Sedangkan obsesi guru dalam mengikuti kegiatan Lesson Study di Kabupaten Pasuruan adalah untuk mengembangkan profesionalisme lebih efektif yang meliputi meliputi (1) memfokuskan pada peningkatan apa yang sebenarnya terjadi di kelas apa yang diajarkan bagaimana materi diajarkan (2) melaksanakan pembelajaran secara lebih efektif melalui kegiatan percobaan dalam penilaian dan pengamatan siswa (3) merancang pembelajaran yang lebih efektif dan efisien melalui pengembangan wacana dari para ahli di dalam dan di luar sekolah (4) membuktikan kemampuan guru dalam merespon pembelajaran dari sudut pandang siswa dan (5) Selalu menghadiri dan mengikuti kegiatan lesson study. Serta kiat-kiat guru dalam mengikuti Lesson Study di Kabupaten Pasuruan adalah meliputi (1) mengupayakan pemenuhan kebutuhan pembelajaran pada setiap siswa (2) mengupayakan pembelajaran kooperatif (3) mengupayakan suatu perubahan dalam pembelajaran. Tentang peningkatan semangat guru dalam mengikuti kegiatan serta Strategi pemberdayaan kekuatan dan strategi mengatasi kelemahan implementasi LSBS antara lain (1) melakukan evaluasi dari kendala yang ada (2) menentukan langkah untuk mengatasi kendala yang ada (3) merancang kegiatan LSBS dalam program sekolah (4) menambah sarana dan prasarana sekolah yang menunjang pelaksanaan LSBS Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat diajukan adalah bagi kepala sekolah dalam rangka pemecahan masalah-masalah dalam kegiatan belajar mengajar kepala sekolah diharapkan dapat lebih meningkatkan hubungan kerja yang serasi dan harmonis dan juga memberikan motivasi kepada guru dengan tepat dan baik yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih baik. Dan bagi peneliti lain diharapkan untuk mengembangkan hasil penelitian ini dengan mengadakan penelitian lain yang berkaitan dengan profesionalisme guru dengan menambah variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57732

Actions (login required)

View Item View Item