Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer untuk pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pokok gerhana kelas IX di MTs Sunan Kalijogo Malang / Ramadhan Menggala Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer untuk pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pokok gerhana kelas IX di MTs Sunan Kalijogo Malang / Ramadhan Menggala Putra

Putra, Ramadhan Menggala (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis komputer untuk pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pokok gerhana kelas IX di MTs Sunan Kalijogo Malang / Ramadhan Menggala Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Menggala Ramadhan. P. 2015.Pengembangan Multimedia PembelajaranBerbasisKomputerUntukPelajaranIlmuPengetahuanAlamMateriPokokGerhanaKelas IX Di MTs SunanKalijogo Malang.Skripsi JurusanTeknologiPendidikan UniversitasNegeri Malang Pembimbing (1) Drs. H. ZainulAbidinM.Pd (II) Dr. Agus Wedi M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Multimedia Interaktif IPA MTs Gerhana. Multimedia pembelajaraninteraktifmerupakan media pembelajaran yang dapatmembantusiswauntukbelajar yang meliputiunsurteks gambar audio animasidan video Multimedia inibersifatinteraktifdalamhalinipengguna / siswadiberikankebebasanmemilihmateri yang akandipelajarisertamendapatbalikan. Dalammempelajarimaterigerhanamengandungunsurgerak sehinggamateritersebutharusdijelaskanmelaluiteks gambar audio video dananimasi yang terdapatpada multimedia interaktif makadariitu multimedia interaktifdiperlukansiswadalammempelajarimaterigerhana agar lebihefektif. Tujuandaripengembanganyaituuntukmenghasilkansuatuproduk multimedia pembelajaraninteraktifyang valid sebagaisumberbelajar yang efektifdalammatapelajaran IPA kelasIXmaterigerhana. Penelitianini secara umummenggunakan model pengembangan media pembelajaranSadiman Arief. F dan pada langkah pengembangan naskah dan produksimenggunakan langkah desain pengembangan dan implementasi di model pengembangan Lee W.W. Owens D.L.Langkah-langkahpengembanganiniyaitumenganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa merumuskan tujuan instruksional (instructional objective) dengan operasional dan khas merumuskan butir-butir materi secara terperinci yang mendukung tercapainya tujuan mengembangkan alat pengukur keberhasilan desain pengembangan dan implementasi mengadakan tes dan revisi.SubjekpenelitiandalamvalidasipengembanganiniyaitusiswakelasIXMTs Sunan Kalijogo Malang.Jenis data yang digunakanadalah data kuantitatifdankualitatif. Multimedia pembelajaraninteraktifinidivalidasioleh 1 ahli media dan 1 ahlimateri ujicobaperorangan 2 orang ujicobakelompokkecil 10 orangdanujicobakelompokbesar 28 orang dan 40 siswa untuk untukmengetahuihasilbelajar. Setelahdilakukanmetodeanalisis hasilvalidasi multimedia pembelajaraninteraktifinidinyatakan valid denganhasilperhitunganahli media didapatkanskor persentase82 87% ahlimateri82 08% dariujicobaperseorangandidapatskor persentase91 87% dariujicobakelompokkecildidapatskor persentase90 50% danujicobakelompokbesardidapatskor persentase92 99%. Hal inimenunjukanbahwa multimedia pembelajaraninteraktifinidinyatakan valid untukdigunakansebagai media pembelajaran. Multimedia interaktifinidinyatakanefektif haliniterbuktidariskorteshasilbelajar jumlahsiswayang memenuhi KKM ( 8805 72)didapat persentasesebesar90%setelahpenggunaan multimedia interaktif.Disarankanuntukpengembangselanjutnyabisamengembangkan multimedia pembelajaraninteraktifinilebihbaiklagi tepatguna tepatsasaransesuaidengankebutuhansehinggadapatmencapaitujuanpembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Sep 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/577

Actions (login required)

View Item View Item