Kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah dalam pelaksanaan inovasi sekolah di SMA Katolik Santo Albertus Malang dan SMA Katolik Santa Maria Malang / Indra Dwi Wijayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah dalam pelaksanaan inovasi sekolah di SMA Katolik Santo Albertus Malang dan SMA Katolik Santa Maria Malang / Indra Dwi Wijayanti

Wijayanti, Indra Dwi (2019) Kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah dalam pelaksanaan inovasi sekolah di SMA Katolik Santo Albertus Malang dan SMA Katolik Santa Maria Malang / Indra Dwi Wijayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Wijayanti Indra Dwi. 2019. Kepemimpinan Kewirausahaan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Inovasi Sekolah di SMA Katolik Santo Albertus Malang dan SMA Katolik Santa Maria Malang. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ibrahim Bafadal M.Pd. (II) Drs. Burhanuddin M.Ed Ph.D. Kata kunci kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah inovasi sekolah. Pendidikan merupakan salah satu sektor yang dituntut untuk selalu berkembang agar dapat berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Kepala sekolah memiliki peranan penting dalam pelaksanaan perubahan sistem sekolah sebagai upaya penyesuaian sistem dengan perkembangan situasi baru. Sebagaimana dijelaskan dalam Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah kepala sekolah sebagai pemimpin berwirausaha memiliki kemampuan menciptakan inovasi selalu bekerja keras memiliki motivasi yang kuat pantang menyerah dan memiliki naluri kewirausahaan dalam pengembangan dan perubahan terhadap berbagai hal di sekolahnya. Kepala sekolah yang pantang menyerah dalam mencari peluang terbaik untuk mengembangkan sekolahnya dinamakan kepala sekolah yang kreatif dan inovatif. Inilah mengapa dibutuhkannya kreatifitas yang tinggi dari kepala sekolah untuk membuat perubahan di sekolahnya. Karena kreatifitas itu berada pada titik tertinggi dalam manajemen sehingga kita diharuskan untuk selalu berkreasi meskipun hanya mampu melakukan sedikit perubahan setidaknya ada perbedaan yang terjadi dari apa yang sebelumnya telah ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan memaparkan (1) karakter kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah (2) hasil kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah dalam pelaksanaan inovasi sekolah dan (3) pemecahan masalah dalam kepemimpinan kewirausahaan kepala sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan rancangan multi situs yang dilakukan di SMAK Santo Albertus Malang dan SMAK Santa Maria Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui analisis data sekolah tunggal dan analisis data lintas sekolah. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas yaitu triangulasi perpanjangan waktu pengamatan kecukupan bahan referensi dan pengecekan anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah menerapkan enam karakter kepemimpinan kewirausahaan dan masing-masing karakter menghasilkan tindakan kepala sekolah sebagai pemimpin perubahan yang visioner. Melalui kepemimpinan kewirausahaan beberapa inovasi telah dilakukan kepala sekolah terutama dalam bidang kurikulum pembelajaran dan sarana prasarana. Demi memenuhi tuntutan pendidikan yang selalu dinamis terdapat sejumlah inovasi dalam pengembangan kurikulum seperti terdapat beberapa penambahan di dalam vii mata pelajaran seni budaya prakarya kewirausahaan lintas minat berbagai macam bahasa dan penambahan mata pelajaran TOEFL. Selain itu penerapan SKS disertai dengan sistem on-off mata pelajaran dan moving class sementara sistem administrasi dalam kurikulum juga dirubah menjadi sistem onlne. Inovasi pembelajaran menghasilkan kreasi dalam bentuk ujian praktik Bahasa Indonesia melalui Karya Tulis Ilmiah sebagai pengganti praktik mengarang. Terdapat juga berupa penerapan Unit Kegiatan Belajar Mandiri bagi para peserta didik yang penerapannya didasarkan pada tiga kategori prestasi belajar peserta didik cepat normal dan kurang cepat. Selain itu kepala sekolah juga memberikan dukungan penuh berupa fasilitas bagi para guru yang memiliki kreatifitas terhadap inovasi pembelajarannya di kelas. Sementara inovasi dalam sarana prasarana selalu dilakukan untuk dapat menunjang pelaksanaan setiap program kegiatan ataupun perubahan-perubahan yang terjadi di sekolah. Terdapat dua bentuk pemecahan masalah yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu pemecahan masalah secara pribadi dan pemecahan masalah melalui kelompok. Pemecahan masalah secara pribadi dilakukan melalui pertemuan face to face/tatap muka sementara pemecahan masalah secara kelompok dilakukan melalui rapat-rapat pertemuan dan briefing. Pemecahan masalah secara kelompok juga disertai dengan reward atau punishment sebagai penilain hasil akhir kelompok dengan tujuan untuk memotivasi dan mendorong para guru dan karyawan untuk meningkatkan profesionalitas kinerja mereka. Berdasarkan hasil penelitian saran yang ditujukan pada kepala sekolah adalah memperkuat jiwa kewirausahaan dan selalu berinovasi di sekolah agar dapat mengikuti perubahan dalam pendidikan. Bagi para guru agar menyesuaikan diri dan mendukung setiap perubahan yang dilaksanakan kepala sekolah. Bagi Dinas Pendidikan Kota Malang untuk memberikan kemudahan serta bantuan fasilitas bagi sekolah-sekolah yang mau berkembang. Kepada yayasan agar selalu mendukung dan mendanai perubahan yang dilakukan kepala sekolah. Bagi para orangtua peserta didik alumni dan instansi kerjasama sekolah untuk selalu memberikan dukungan bantuan terhadap perubahan di sekolah. Untuk para stakeholder agar memberikan masukan dan evaluasi program untuk sekolah-sekolah. Peneliti lain dapat menjadikan penelitian ini sebagai dasar untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 May 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57663

Actions (login required)

View Item View Item