Manajemen strategik pendidikan karakter berbasis spiritualitas Karmel (studi multi situs do SMAK St. Albertus Malang dan SMAK St. Paulus Jember) / Henderikus Dasrimin

Dasrimin, Henderikus (2019) Manajemen strategik pendidikan karakter berbasis spiritualitas Karmel (studi multi situs do SMAK St. Albertus Malang dan SMAK St. Paulus Jember) / Henderikus Dasrimin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dasrimin, Henderikus. 2019. Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Berbasis Spiritualitas Karmel (Studi Multi Situs di SMAK St. Albertus Malang dan SMAK St. Paulus Jember). Tesis, Jurusan Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Ali Imron, M.Pd, M.Si, (2) Dr. A. Supriyanto, M.Pd, M.Si. Kata Kunci: manajemen strategik, pendidikan karakter, spiritualitas karmel, doa, persaudaraan, pelayanan Pendidikan pada hakekatnya tidak hanya bertujuan untuk menciptakan manusia yang memiliki potensi akademik yang berkualitas, melainkan juga untuk membentuk manusia yang berkarakter. Agar mencapai tujuan pendidikan sebagaimana telah menjadi cita-cita bersama untuk membentuk manusia yang berkualitas dari berbagai dimensi kehidupan, maka penerapan pendidikan karakter di setiap sekolah sangat diperlukan. Dalam pelaksanaannya, pemerintah meberikan wewenang kepada sekolah untuk menyelenggarakan pendidikan karakter sesuai dengan kondisi dan budaya masing-masing sekolah, serta sesuai dengan sumber daya yang dimiliki sekolah tersebut. SMAK St. Albertus Malang dan SMAK St. Paulus Jember, sebagai sekolah yang berada di bawah naungan yayasan yang sama, penerapan pendidikan karakter di sekolah tesebut disesuaikan dengan visi, misi yayasan yang berbasis spiritualitas Karmel, yakni doa, persaudaraan dan pelayanan. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses manajemen strategik pendidikan karakter berbasis spiritualitas Karmel di SMAK St. Albertus Malang dan SMAK St. Paulus Jember, yakni: (1) rencana strategi pendidikan karakter berbasis spiritualitas Karmel di sekolah; (2) formulasi strategi pendidikan karakter berbasis spiritualitas Karmel di sekolah; (3) implementasi strategi pendidikan karakter berbasis spiritualitas Karmel di sekolah; dan (4) evaluasi dan monitoring srategi pendidikan karakter berbasis spiritualitas Karmel di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini menggunakan studi multi situs. Penelitian ini dilakukan secara sistematis dan mendalam untuk mendapatkan data-data akurat yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Berdasarkan data-data yang ditemukan di lapangan, peneliti mendeskripsikannya sesuai dengan fokus penelitian yakni tentang proses manajemen strategi pendidikan karakter berbasis spiritualitas Karmel mulai dari perencanaan, formulasi, implementasi, evaluasi dan monitoring. Peneliti bertindak sebagai pengumpul data utama sehingga peneliti langsung hadir atau terjun ke lapangan untuk mengumpulkan data. Kehadiran peneliti di lapangan, dimulai pada observasi awal sampai pada penelitian yang sesungguhnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pada tahap perencanaan kepala sekolah pertama-tama membentuk struktur organisai dan deskripsi tugas, yakni bidang kesiswaan, pastoral care dan kurikulum; (2) formulasi program pendidikan karakter dirumuskan dalam Buku Panduan Akademik atau Buku Pedoman Pembelajaran; (3) pelaksanaan pendidikan karakter adalah dengan memprensetasikan nilai-nilai yang mengutamakan pembentukan karakter doa, persaudaraan dan pelayanan, terdiri dari kegiatan rutin atau pembiasaan harian, mingguan, bulanan dan tahunan, baik terprogram maupun tidak terprogram; (4) evaluasi selalu dilaksanakan, baik mingguan maupun pada setiap akhir pelaksanaan suatu kegiatan dan pada setiap akhir semester, sedangkan monitoring selalu dilakukan oleh kepala sekolah dan wakasek pada setiap proses pelaksanaan pendidikan karakter. Saran-saran yang dikemukakan oleh peneliti yaitu: (1) bagi ketua yayasan Sancta Maria hendaknya memiliki kebijakan untuk menerapkan pendidikan karakter berbasis spiritualitas Karmel di semua sekolah yang berada di bawah naungan yayasan; (2) bagi Kepala Sekolah, penelitian ini hendaknya semakin meningkatkan pengelolaan pendidikan karakter di sekolah; (3) bagi guru, hendaknya memberikan gagasan-gagasan baru agar lebih terampil dalam menghadapi perilaku peserta didik, serta selalu berusaha memberikan teladan hidup yang baik kepada peserta didik; (4) bagi orang tua siswa dan masyarakat, hendaknya turut bekerja sama dalam membentuk karakter peserta didik; (5) bagi peneliti lain, hendaknya penelitian ini dapat dijadikan referensi dan informasi untuk menambah pengetahuan dan sebagai bahan penelitian lanjutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/57660

Actions (login required)

View Item View Item